SimulationX

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


SimulationX
SimulationX 3-9 Mining Bel Conveyor Library Laptop Center
SimulationX, current version.
Tipeperangkat lunak
Versi pertama1990
Versi stabil
SimulationX 3.7
LisensiProprietary
Karakteristik teknis
Sistem operasiMicrosoft Windows
Informasi tambahan
Situs webSimulationX product page
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

SimulationX merupakan sebuah platform canggih untuk memodelkan, mensimulasikan, dan menganalisis sistem mekanis, hidraulik, pneumatik, elektrik secara efisien. Dari konsep pengembangan terperinci hingga tes virtual, memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan hasil yang andal pada perilaku fisik dengan cepat dan efisien. Metode simulasi elemen yang disatukan memungkinkan pengguna untuk memodelkan dan mensimulasikan sistem yang besar dan kompleks dengan cepat, ekonomis, dan andal. Platform ini diciptakan dan dikomersialisasikan oleh ESI ITI GmbH.

Informasi Perusahaan[sunting | sunting sumber]

SimulationX diciptakan dan dikomersialisasikan oleh ESI ITI GmbH. Aktivitas utama dibidang virtual system engineering adalah pengembangan dan penjualan software (SimulationX). ESI ITI GmbH beroperasi di seluruh dunia dibantu oleh beberapa anak perusahan dan agen-agen penjual .

Bidang penggunaan dan fitur[sunting | sunting sumber]

SimulationX 3-9 Electric Vehicle Laptop center

SimulationX menggunakan Windows OS untuk pemakaiannya. Software tersebut memiliki model-model siap pakai untuk berbagai jenis domain pemakaian fisikalis. Model-model tersebut diklassifikasikan di dalam beberapa „libraries“ sesuai dengan tujuan aplikasi. Model-model dipakai sebagai komponen-komponen dasar untuk pembuatan model-model baru yang lebih komplek. Dari model baru tersebut proses mekanika hidraulis, pneumatik, penyaluran listrik dan kontrol sistem bersangkutan dapat diintegrasikan di dalam satu 3D mekanik model (MBS system). Selama proses simulasi tersebut pemakai dapat melihat dan menganalisis situasi proses yang berjalan. Salah satu contoh proses adalah fluid control system untuk mesin-mesin konstruksi (loader, crane, excavator ….), dimana mekanika mesin, hidraulis dan kinematik sistem dipakai. SimulationX membentuk komponen-komponen dari sistem-sistem bersangkutan menjadi satu sistem lengkap. Sistem lengkap bersangkutan dipakai untuk tugas tribologi dan menganalisis penghematan energi pemakaian mesin.

Satu feature tambahan terdapat di dalam domain „Fluid“, yang dipakai sebagai komponen khusus untuk menciptakan model dari aplikasi subsea (subsea hidraulis, subsea elektrik dan offshore) sehingga proses dinamika dan mekanika pengeboran dan sirkulasi penyaluran minyak dan gas dapat disimulasi dan dianalisis. Aplikasi yang lain adalah tes virtual dari mesin-mesin pengeboran untuk di bawah dan di atas laut, seismograpi, konstruksi-kontruksi di bawah laut dan proses keadaan sesungguhnya. SimulationX membantu pemakai Modelica.[1] untuk mencipta model-model baru sendiri.

Antarmuka[sunting | sunting sumber]

SimulationX memiliki interfaces dari bermacam-macam CAx software, seperti:

  • CAE
  • CAD ( Pro/ENGINEER, Autodesk Inventor)
  • CAM
  • CAO) (Isight, modeFRONTIER, OptiY)
  • FEA/FEM
  • CFD

Co-Simulation adalah generic interface untuk menghubungkan SimulationX dengan CAE softtware lain misalnya MSC.Adams, SIMPACK, MATLAB/Simulink, Fluent, Cadmould. COM interface memungkinkan komunikasi antara SimulationX dan Windows untuk “user-defined” batch proses, embedded simulation, parameter studi atau optimisasi. Elemen-elemen tertentu tersedia untuk struktur dan system analisis lengkap (equilibrium calculation, natural frequencies, transfer function and input-output..[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Modelica Newsletter 02/2013". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-16. Diakses tanggal 2013-12-16. 
  2. ^ SimulationX 3.9

Pranala luar[sunting | sunting sumber]