Simetri di biologi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Simetri tubuh hewan)
Jump to navigation Jump to search

Kategory:Missing redirects

Simetri di biologi adalah distribusi seimbang dari bagian atau bentuk tubuh duplikat dalam tubuh suatu organisme. Di alam dan biologi, simetri selalu mendekati. Misalnya, daun tumbuhan – yang dianggap simetris – jarang cocok dengan tepat ketika dilipat menjadi dua. Simetri menciptakan sebuah kelas dari pola di alam, di mana pengulangan dekat dari elemen pola adalah dengan refleksi atau rotasi.

Bangun tubuh kebanyakan organisme multiseluler menunjukkan beberapa bentuk simetri, baik radial, bilateral, atau sferis. Sebagian keci, terutama sebagian spons, tidak memiliki simetri (yaitu, asimetris). Simetri pernah menjadi penting dalam taksonomi hewan; Radiata, hewan dengan simetri radial, membentuk salah satu dari empat cabang klasifikasi Georges Cuvier dari kerajaan hewan.

Simetri radial[sunting | sunting sumber]

Istilah simetri radial menggambarkan hewan yang mempunyai bagian tubuh yang tersusun melingkar (bulat). Jika diambil garis lewat mulut akan menghasilkan bagian-bagian yang sama. Hewan dengan simetri radial hanya mempunyai bagian puncak (sisi oral) dan bagian dasar (sisi aboral). Hewan yang termasuk dalam kelompok ini adalah Porifera, Cnidaria, dan Echinodermata. Hewan yang mempunyai simetri radial disebut radiata.[1]

Simetri bilateral[sunting | sunting sumber]

Kategory:Missing redirects

Pada simetri bilateral, hanya satu bidang, disebut bidang sagital, membagi dua organisme menjadi bayangan cermin kira-kira. Oleh karena itu ada simetri refleksi kira-kira. Organ internal tidak harus simetris.

Ngengat kaisar kecil, Saturnia pavonia, menunjukkan pola deimatik dengan simetri bilateral.

Hewan yang memiliki simetri bilateral memiliki simetri cermin di bidang sagital, yang membagi tubuh secara vertikal menjadi bagian kanan dan kiri, with dengan satu dari masing-masing organ indera dan tungkai di kedua sisi. Setidaknya 99% hewan memiliki simetri bilateral, termasuk manusia,[2][3][4] di mana simetri wajah memengaruhi penilaian orang tentang daya tarik seseorang.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [A. Pratiwi, Sri Maryati, Srikini, Suharno, Bambang S.] (2007). BIOLOGI SMA Jilid 1 untuk Kelas X Berdasarkan Standar Isi 2006. Jakarta: Penerbit Erlangga. ISBN 979-781-726-1.  Periksa nilai |author-link1= (bantuan)
  2. ^ Valentine, James W. "Bilateria". AccessScience. Diakses tanggal 29 May 2013. 
  3. ^ "Bilateral symmetry". Natural History Museum. Diakses tanggal 14 June 2014. 
  4. ^ Finnerty, John R. (2005). "Did internal transport, rather than directed locomotion, favor the evolution of bilateral symmetry in animals?" (PDF). BioEssays. 27: 1174–1180. doi:10.1002/bies.20299. PMID 16237677. 
  5. ^ Grammer, K.; Thornhill, R. (1994). Human (Homo sapiens) facial attractiveness and sexual selection: the role of symmetry and averageness. Journal of comparative psychology (Washington, D.C. : 1983), 108(3), 233–42.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Templat:Pola di alam