Silvestrine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ordo Santo Silvester atau Ordo Silvestrine adalah sebuah persaudaraan relijius yang didirikan oleh Silvester Gozzolini pada tahun 1231. Ordo tersebut menghayati suatu cara hidup yang keras sesuai regula Santo Benediktus, namun tetap otonom dan tidak secara resmi menjadi cabang dari Ordo Benediktin. Mereka menerapkan disiplin hidup membiara yang jauh lebih ketat dari biara Benediktin pada umumnya.

Sepanjang abad ke-19, Ordo Silvestrine mengalami banyak kemunduran akibat perang dan gejolak politik di Eropa. Terutama karena Perang Revolusi Perancis 1792–1802 dan Risorgimento atau Penyatuan Italia yang berlangsung dari tahun 1815 sampai 1871. Pada tahun 1907, hanya ada sembilan biara Silvestrine yang masih berfungsi di Italia.

Sejak pertengahan abad ke-20, Ordo Silvestrine akhirnya bergabung dalam Konfederasi Benediktin dan para biarawan “Silvestrine” kini dikenal sebagai biarawan Benediktin Silvestrine atau lengkapnya Ordo Sancti Benedicti Silvestrine. Para anggota Benediktin Silvestrine lebih banyak berkarya di luar Italia, seperti di Kongo Afrika Tengah, Australia, India, Sri Lanka dan Filipina. Di Amerika Serikat, pelayanan mereka telah dimulai sejak tahun 1928 di Keuskupan Agung Detroit. Ordo tersebut berkembang sampai di Negara bagian Kansas dan New Jersey.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Santo Silvester Gozzolini". Info Katolik.