Silagiamina kilap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Silagiamina kilap
Manucodia ater

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22706114
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliParadisaeidae
GenusManucodia
SpesiesManucodia ater
Lesson, 1830
Manukodia Kilap
Manukodia Kilap

Silagiamina kilap (Manucodia ater) adalah spesies burung yang termasuk ke dalam famili Paradisaeidae, atau burung surga. Spesies ini pertama kali ditemukan oleh René-Primevère Lesson, seorang pria berkebangsaan Prancis yang merupakan pengamat alam.

Habitat[sunting | sunting sumber]

Silagiamina kilap hidup di habitat yang merupakan tepi hutan dan sabana hingga ketinggian 1.000 mdpl. Di Indonesia, persebaran spesies burung ini ada di wilayah Papua dan dianggap sebagai salah satu satwa endemik. Spesies ini juga bisa ditemukan di wilayah Papua New Guinea.[1]

Ciri fisik[sunting | sunting sumber]

Silagiamina kilap merupakan burung berukuran sedang dengan rata-rata ukuran tubuh 38 cm.[1] Ekor burung ini panjang dan membulat, serta paruhnya besar. Burung ini terkadang cukup sulit diidentifikasi karena warnanya yang hitam, membuatnya mirip seperti burung Gagak dan burung Spangled Drongo. Suara dari burung ini juga cukup unik, membedakannya dengan burung lain.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Maury, Hendra K.; Anggoda, Muhammad Iksan; Sangadji, Ade (2021). Panduan Lapangan Bagi Pemandu Ekowisata Burung di Papua (PDF). Jakarta: WWF Indonesia. hlm. 166. ISBN 9789791461924. 
  2. ^ "Tiga Jenis Cenderawasih Penghuni Pulau Waigeo | BBKSDA PAPUA BARAT" (dalam bahasa Inggris). 2020-10-12. Diakses tanggal 2023-10-28.