Siklamen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Siklamen
Wadiv cyclamen
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
Kladasterids
OrdoEricales
FamiliPrimulaceae
SubfamiliMyrsinoideae
GenusWadiv cyclamen
Linnaeus, 1753
Tata nama
Sinonim takson
  • Cyclaminos Heldr.
  • Cyclaminum Bubani
  • Cyclaminus Haller[1]
Species
See text.

Cyclamen ( US /ˈskləmən/ sy-KLƏ-mən atau UK /ˈsɪkləmən/ sik--mən ) [2] [3] [4] adalah genus dari 23 spesies tanaman berbunga abadi dalam keluarga Primulaceae . Dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama umum bunga roti babi atau siklamen. Spesies cyclamen berasal dari Eropa dan Cekungan Mediterania di sebelah timur Kaukasus dan Iran, dengan satu spesies di Somalia . Mereka tumbuh dari umbi-umbian dan dihargai karena bunganya dengan kelopak yang mengarah ke atas dan pola daun yang bervariasi.

Secara tradisional diklasifikasikan dalam keluarga Primulaceae, diklasifikasikan ulang dalam keluarga Myrsinaceae [5] pada tahun 2000 [6] dan akhirnya, pada tahun 2009 dengan diperkenalkannya sistem APG III, dikembalikan ke subfamili Myrsinoideae dalam keluarga Primulaceae .[7]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Siklamen memiliki umbi, tempat tumbuhnya daun, bunga, dan akar. Pada sebagian besar spesies, daun tumbuh pada musim gugur, tumbuh selama musim dingin dan kemudian mati pada musim semi, kemudian tanaman tersebut tidak aktif selama musim panas Mediterania yang kering.

Umbi[sunting | sunting sumber]

Organ penyimpanan bunga siklamen berupa umbi bulat yang berkembang dari hipokotil (batang semai ). Seringkali keliru disebut umbi, tetapi umbi (ditemukan pada krokus, misalnya) memiliki tunik tipis dan pelat basal tempat akar tumbuh. Organ penyimpanan siklamen idak memiliki penutup tipis dan, tergantung pada spesiesnya, akar dapat tumbuh di bagian mana pun. Oleh karena itu, tanaman ini diklasifikasikan sebagai umbi (seperti kentang). Umbi dapat menghasilkan akar dari atas, samping atau bawah, tergantung spesiesnya. Akar Cyclamen persicum dan Cyclamen coum dari bawah; Akar Cyclamen hederifolium dari atas dan samping. Cyclamen graecum memiliki akar jangkar yang tebal di bagian bawah.

Bentuk umbinya mungkin hampir bulat, seperti pada Cyclamen coum, atau pipih, seperti pada Cyclamen hederifolium . Pada beberapa spesimen Cyclamen purpurascens dan Cyclamen rohlfsianum yang lebih tua, titik tumbuh pada umbi terpisah oleh jaringan bahu dan umbi menjadi cacat. [8] Pada sebagian besar spesies lain, umbinya berbentuk bulat pada usia tua.

Daun dan bunga bertunas dari titik tumbuh di bagian atas umbi. Titik tumbuh yang memanjang dan menjadi seperti batang berkayu disebut batang bunga . [8]

Ukuran umbi bervariasi tergantung spesiesnya. Pada Cyclamen hederifolium, umbi yang lebih tua biasanya mencapai24 cm (9+12 in) melintang, tetapi di Cyclamen parviflorum umbinya tidak tumbuh lebih besar dari2 cm (34 in) melintasi. [8]

Daun-daun[sunting | sunting sumber]

Daun bertunas dari titik tumbuh atau batang bunga di atas umbi. Setiap daun tumbuh pada batangnya masing-masing. [9] Batang daun pada awal pertumbuhan dapat dibedakan dengan batang bunga berdasarkan arah ujungnya melengkung: ujung batang daun melengkung ke atas dan ujung batang bunga melengkung ke bawah.

Bentuk daun bervariasi antar spesies dan bahkan antar spesimen berbeda dari spesies yang sama. Cyclamen hederifolium dan Cyclamen repandum biasanya memiliki daun berbentuk ivy, bersudut dan berlobus, Cyclamen coum memiliki daun hampir bulat dan Cyclamen persicum memiliki daun berbentuk hati dengan ujung runcing. Tepi daun mungkin halus, seperti pada Cyclamen coum subsp. coum, atau bergigi halus, seperti pada Cyclamen graecum . [9]

Warna sisi atas daun bervariasi, bahkan dalam satu spesies. Sebagian besar spesies memiliki daun beraneka ragam dalam beberapa corak hijau dan perak, baik dalam pola bercak yang tidak beraturan atau berbentuk mata panah atau pohon Natal. Dalam budidaya cyclamen, terutama spesies selain Cyclamen persicum, sering dipilih karena pola daunnya yang mencolok atau tidak biasa seperti bunganya. [9]

Sisi bawah daun seringkali mengkilat dan warnanya bervariasi dari hijau polos hingga merah tua atau ungu. [9]

Sebagian besar spesies siklamen berasal dari Mediterania, yang musim panasnya panas dan kering serta musim dinginnya sejuk dan basah, serta tidak aktif di musim panas: daunnya bertunas di musim gugur, bertahan sepanjang musim dingin, dan layu di musim semi berikutnya. Cyclamen purpurascens dan Cyclamen colchicum, bagaimanapun, berasal dari daerah yang lebih dingin di pegunungan dan daunnya tetap ada sepanjang musim panas dan layu hanya setelah daun tahun berikutnya tumbuh.

Bunga-bunga[sunting | sunting sumber]

Waktu berbunga bisa di bulan apa saja sepanjang tahun, tergantung spesiesnya. Cyclamen hederifolium dan Cyclamen purpurascens mekar di musim panas dan musim gugur, Cyclamen persicum dan Cyclamen coum mekar di musim dingin, dan Cyclamen repandum mekar di musim semi. [10]

Masing-masing bunga berada pada batang yang berasal dari titik tumbuh pada umbi. [10] Pada semua spesies, ujung batang biasanya ditekuk 150-180° sehingga hidung bunga menghadap ke bawah. Pengecualian adalah Cyclamen hederifolium 'Stargazer': hidungnya menghadap ke atas. Bunga mempunyai 5 kelopak, ditekuk ke luar atau ke atas, kadang dipelintir, dan dihubungkan di pangkal menjadi cangkir, dan lima sepal di belakang cangkir.

Bentuk kelopak bervariasi tergantung spesies dan terkadang dalam spesies yang sama. Cyclamen repandum memiliki kelopak yang lebih panjang daripada lebar, Cyclamen coum memiliki kelopak yang pendek dan hampir bulat, dan Cyclamen hederifolium biasanya memiliki kelopak dengan proporsi di antara keduanya.

Warna kelopak mungkin putih, merah muda atau ungu, seringkali dengan warna lebih gelap di bagian hidung. Banyak spesies yang mempunyai wujud merah jambu dan wujud putih tetapi ada juga yang hanya mempunyai satu warna, seperti Cyclamen balearicum yang selalu berwarna putih.

Warna gelap pada hidung bunga bentuknya bervariasi: Cyclamen persicum memiliki pita halus, Cyclamen hederifolium memiliki garis V dan Cyclamen coum memiliki bercak berbentuk M dengan dua 'mata' putih atau merah muda di bawahnya.

Buah[sunting | sunting sumber]

Batang bunganya melingkar atau membengkok saat buah mulai terbentuk. Batang Cyclamen hederifolium dan Cyclamen coum coil dimulai dari ujung, Cyclamen persicum melengkung ke bawah tetapi tidak melengkung, Cyclamen rohlfsianum coil mulai di dekat umbi dan Cyclamen graecum coil di kedua arah, dimulai dari tengah.

Buahnya berupa polong bulat, yang terbuka dengan beberapa tutup atau gigi saat matang dan berisi banyak biji lengket, berwarna coklat saat matang. Penyebaran benih secara alami dilakukan oleh semut ( myrmecochory ), yang memakan lapisan lengket tersebut dan kemudian membuang bijinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cyclamen L. | Kew Science. (n.d.). Plants of the World Online. Retrieved December 5, 2022, from https://powo.science.kew.org/taxon/urn:lsid:ipni.org:names:32774-1
  2. ^ cyclamen (noun). Oxford Advanced Learner's Dictionary. Oxford University Press. 2014.
  3. ^ "cyclamen"Perlu langganan berbayar. Oxford English Dictionary (edisi ke-Online). Oxford University Press.  Templat:OEDsub
  4. ^ "Cyclamen". Merriam-Webster Dictionary. 
  5. ^ "Cyclamen". Encyclopedia Britannica. Diakses tanggal 2019-12-18. 
  6. ^ Källersjö, Bergqvist & Anderberg 2000
  7. ^ Stevens 2012
  8. ^ a b c Grey-Wilson 2002, hlm. 34.
  9. ^ a b c d Grey-Wilson 2002, hlm. 36.
  10. ^ a b Grey-Wilson 2002, hlm. 37.