Shui Jing Zhu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shui Jing Zhu

Weishui.png

Peta Sungai dalam kitab Shui Jing Zhu
Hanzi tradisional: 水經注
Hanzi sederhana: 水经注

Shui Jing Zhu (Hanzi: 水經注; Pinyin: Shuǐ Jīng Zhù, harfiah: risalah air klasik) diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi Commentary on the Water Classic adalah kitab tentang geografi Tiongkok kuno, yang menggambarkan pemahaman tradisional perihal sungai dan kanal yang ada di Tiongkok. Kitab ini disusun oleh Li Daoyuan pada masa Dinasti Wei Utara (386-534 M), dibagi menjadi beberapa bagian sungai, masing-masing dijelaskan dengan sumbernya, aliran, dan anak sungai utama, termasuk catatan budaya dan sejarahnya.

Kitab karya Li Daoyuan ini merupakan perluasan dari kitab sebelumnya yang berjudul "Air Klasik" (Shui Jing, "水經") (sekarang sudah hilang), yang mencatat sekitar 137 sungai di Tiongkok dan secara tradisional dianggap ditulis oleh Sang Qin pada masa Dinasti Han. Para sarjana Dinasti Qing memberikan tanggal sekitar Zaman Tiga Kerajaan, berdasarkan nama-nama wilayah dan para panglima perang yang disebutkan dalam kitab Shui Jing, selain itu kitab Shui Jing kemudian dikaitkan dengan sarjana Guo Pu pada masa Dinasti Jin.

Kitab versi 40 volume dan terdiri dari 300.000 aksara Han karya Li Daoyuan ini, mencakup informasi 1.252 sungai dan kanal yang ada di Tiongkok. Meskipun kitab Shui Jing Zhu termasuk kitab yang sangat teliti untuk ukuran di zamannya, tetapi kitab ini mengulangi kesalahan yang sama seperti kitab sebelumnya yaitu Yu Gong, yang menulis Sungai Min adalah bagian hulu dari Sungai Yangtze (Sungai Min merupakan salah satu anak Sungai Yangtze). Hingga akhirnya diperbaiki oleh Xu Xiake pada masa Dinasti Ming, dia menjadikan Sungai Jinsha sebagai sumber utamanya.

Kutipan dari kitab Shui Jing Zhu, kaligrafi karya Yang Shoujing (1899).

Referensi[sunting | sunting sumber]