Shortland Street

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Shortland Street
GenreSoap opera
Negara asal Selandia Baru
Bahasa asliInggris
Jmlh. musim30
Jmlh. episode7614 (19 Desember 2022)
Produksi
Pengaturan kameraVideo, Multiple-camera setup
Rumah produksi
  • South Pacific Pictures
  • Grundy Television (1992–2006)
  • Fremantle Australia (2006–sekarang)
Rilis asli
JaringanTVNZ 2
Format gambar
  • 576i 4:3 (1992–2007)
  • 576i 16:9 (2007–2011)
  • 1080i (2011–sekarang)
Format audioStereo
RilisSenin, 25 Mei 1992 –
sekarang

Shortland Street adalah sebuah sinetron prime-time Selandia Baru yang berpusat di Rumah Sakit Shortland Street fiktif, disiarkan pertama kali di TVNZ 2 pada 25 Mei 1992. Ini adalah drama dan opera sabun terlama di Selandia Baru, yang disiarkan terus menerus selama lebih dari 7.400 episode dan 30 tahun, dan merupakan salah satu program televisi yang paling banyak ditonton di Selandia Baru.

Acara ini awalnya diputar sebagai lima episode setengah jam setiap minggu dan awalnya menerima tinjauan yang beragam pada pemutaran perdananya. Setelah diluncurkan, peringkatnya turun dan akan dibatalkan jika TVNZ tidak memesan episode satu tahun sebelumnya. TVNZ memperbaharui produksi pada awal 1993 ketika rating acara telah meningkat, dan sekarang memiliki "antusiasme publik jangka panjang". Hari ini, ini adalah salah satu acara dengan peringkat tertinggi di Selandia Baru, sering kali membuat 5 program teratas AGB Nielsen Media Research minggu ini, mencapai rata-rata jangkauan harian linier 345.000 pemirsa (dalam setahun hingga Juni 2021) dan merupakan "acara yang paling banyak diputar" di TVNZ.

Sinposis[sunting | sunting sumber]

1990-an Sunting Episode pertama Shortland Street ditayangkan pada 25 Mei 1992 dengan tinjauan yang beragam. Peringkat awalnya tinggi setelah kampanye pemasaran yang sukses, tetapi terus turun sepanjang tahun sampai 1993 ketika mereka naik secara dramatis. Pertunjukan tersebut akan dibatalkan pada tahun pertama jika bukan karena fakta bahwa TVNZ memesan episode senilai satu tahun.

Dengan minat publik yang tinggi dalam pertunjukan dan angka tontonan konstan 600.000, Shortland Street menerima lebih banyak set dan seragam perawat yang ketinggalan zaman diganti. Pada tahun 2000, seorang konsultan Australia secara drastis mengubah pertunjukan agar sesuai dengan nada abad ke-21 Selandia Baru. Ini termasuk transisi rumah sakit ke rumah sakit umum, membawa keluarga berpenghasilan rendah dan menghapus 14 karakter. Michael Galvin dan Angela Bloomfield dibawa kembali sebagai karakter mereka Chris Warner dan Rachel McKenna dan acara tersebut menunjuk produser baru.

Acara ini mencapai peringkat besar pada tahun 2007 ketika Serial Killer Storyline diperkenalkan, dengan lima karakter menemui kematian mereka. Episode 4000 melihat kembalinya seri asli Dr. Hone Ropata untuk tugas enam minggu pada tahun 2008.

Shortland Street menayangkan episode 90 menit pertamanya pada tanggal 2 Agustus 2010. Episode tersebut menampilkan Chris yang menemukan bahwa ia memiliki seorang putra dengan serial Alison Raynor asli pada tahun 1996, dan kesimpulan dari alur cerita Kieran Mitchell tiga tahun yang melihat pertunjukan tersebut tertinggi kedua yang pernah ada. peringkat. Shortland Street sejak itu menjadikan episode 90 menit itu sebagai fitur tahunan. Pada 18 April 2011, Shortland Street menayangkan episode pertamanya dalam definisi tinggi.

Pada Juli 2011, Shortland Street mencapai Selandia Baru pertama kali ketika membuat episode panjang fitur 2011 tersedia untuk dibeli melalui Facebook, menjadi acara TV kedua di dunia yang menggunakan teknologi ini. Pada bulan Agustus 2011, All Blacks Keven Mealamu, Anthony Boric dan Jerome Kaino memfilmkan sebuah adegan yang ditayangkan pada malam pembukaan Piala Dunia Rugbi 2011 pada tanggal 9 September. Acara ini menambahkan adegan transisi pendek di mana dua karakter di lift rumah sakit membahas kemenangan atau kekalahan (yang terakhir tidak pernah benar-benar terjadi) yang dialami All Blacks selama turnamen.

Pada tanggal 15 Desember 2016, Shortland Street merilis single amal yang menampilkan Lionel Wellington dan JJ Fong untuk mengumpulkan uang untuk rumah sakit Starship Children's Health.

Pada 25 Mei 2017, Shortland Street merayakan 25 tahun di televisi Selandia Baru.

Produksi Shortland Street ditangguhkan pada 24 Maret 2020 karena pandemi COVID-19 dan penguncian nasional dari 26 Maret hingga 28 April 2020, dan TVNZ 2 mengurangi siaran acara menjadi tiga episode per minggu untuk menyebarkan backlog episode yang ada. Produksi dilanjutkan pada 30 April dengan beberapa pembatasan, seperti adegan intim tidak diizinkan. Acara ini kembali menjadi lima episode per minggu pada 29 Juni 2020.

Pada awal Agustus 2022, Menteri Kesehatan Andrew Little dan juru bicara Kesehatan Selandia Baru mengkonfirmasi bahwa Shortland Street dan divisi periklanan TVNZ, TVNZ Blacksand Partnerships akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Health NZ, dan Organisasi Perawat Selandia Baru (NZNO) untuk memproduksi Kampanye pemasaran multimedia "Real Murses" untuk merekrut pekerja perawat dari pasar domestik dan luar negeri untuk mengatasi kekurangan perawat di negara itu. Little menegaskan bahwa kampanye multimedia Perawat Sejati akan diintegrasikan ke dalam alur cerita serial televisi. Sebagai tanggapan, Presiden NZNO Anne Daniels mengkritik serial tersebut karena salah menggambarkan kondisi kerja yang sulit bagi perawat sementara anggota parlemen Partai Nasional Chris Penk menyatakan keprihatinan tentang kolaborasi antara Pemerintah dan industri kreatif. Menanggapi kritik, Little menyatakan bahwa kampanye "Perawat Sejati" telah dibuat oleh NZNO, yang telah mendekati Pemerintah untuk mendapatkan dukungan keuangan untuk itu. Profesor komunikasi Universitas Teknologi Auckland (AUT) Dr. Rosser Johnson menyatakan dukungan untuk kampanye multimedia "Perawat Sejati", dengan alasan bahwa itu dapat mendorong demografi yang lebih muda untuk mempertimbangkan keperawatan sebagai karier dan menolak klaim bahwa itu akan berfungsi sebagai propaganda pemerintah .

Sejak 2018, ada spin-off mingguan selama liburan Natal dan Tahun Baru yang disiarkan secara eksklusif di TVNZ On Demand. Yang terbaru adalah Shortland Street: Retribution, spin-off pertama dengan peringkat R16 (Kekerasan dan Bahasa Kasar), dengan alur cerita berputar di sekitar Constable Curtis Hannah (Jaden Daniel) dan Esther Samuels (Ngahuia Piripi). Serial ini juga merupakan spin-off pertama yang mengambil setting di Christchurch dan Pulau Selatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]