Emmerdale

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Emmerdale
GenreSoap opera
Negara asalBritania Raya
Bahasa asliInggris
Jmlh. musim51
Jmlh. episode9665 (pada 28 April 2023)
Produksi
Pengaturan kameraVideo, Multiple-camera setup
Rilis asli
JaringanITV1
Format gambar
  • PAL (1972–2001)
  • DVB-T (2002–2011)
  • HDTV 1080i (2011–sekarang)
Format audioStereo
RilisSenin, 16 Oktober 1972 –
sekarang

Emmerdale (dikenal sebagai Emmerdale Farm hingga 1989) adalah sebuah opera sabun Inggris yang berlatar di Emmerdale (dikenal sebagai Beckindale hingga 1994), sebuah desa fiksi di Yorkshire Dales . Dibuat oleh Kevin Laffan , Emmerdale Farm pertama kali disiarkan pada 16 Oktober 1972. Adegan interior telah difilmkan di Leeds Studios sejak awal. Adegan eksterior pertama kali difilmkan di Arncliffe di Littondale , dan serial ini mungkin mengambil namanya dari Amerdale, nama kuno Littondale. [2] Adegan eksterior kemudian diambil di Esholt, tetapi sekarang ditembak di set yang dibuat khusus di perkebunan Harewood . Program ini disiarkan di setiap wilayah ITV .

Serial ini awalnya ditayangkan pada sore hari dan dimaksudkan untuk menjadi serial televisi tiga bulan. Namun, lebih banyak episode dipesan dan ditransmisikan pada siang hari hingga 1978, ketika dipindahkan ke slot waktu utama sore hari di sebagian besar wilayah. Pada akhir 1980-an, sabun bertemu dengan tim produksi baru yang mengawasi perubahan nama, alur cerita yang lebih dramatis dan peningkatan output episode. Sebagai hasil dari perubahan, pemirsa dan popularitas di sekitar sabun meningkat dan Emmerdale mulai dianggap sebagai opera sabun utama Inggris. Program ini mulai mengudara dalam definisi tinggi pada 10 Oktober 2011 dan pada tahun 2016, Emmerdale memenangkan penghargaan untuk Best British Soap diBritish Soap Awards untuk pertama kalinya. Sejak Januari 2019, "episode klasik" Emmerdale telah disiarkan setiap minggu di ITV3 .

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Selama bertahun-tahun, bersama dengan kisah asmara dan kehidupan keluarga, Emmerdale telah menyoroti berbagai masalah sosial yang berbeda. Isu-isu yang dibahas meliputi: pemerkosaan (termasuk pemerkosaan dalam perkawinan ), kekerasan seksual , pelecehan seksual anak , prostitusi , kekerasan dalam rumah tangga , kanker anak , HIV , mesothelioma , epilepsi , aneurisma otak , demensia , kehamilan remaja , kelahiran prematur , sindrom kematian bayi mendadak. , homoseksualitas, aseksualitas , transgender , gangguan stres pasca trauma , depresi , skizofrenia , anoreksia , menyakiti diri sendiri , bunuh diri , bunuh diri yang dibantu , alkoholisme , kecanduan narkoba , dan kecanduan judi . [ rujukan? ]

Pada Januari 2021, sebuah jajak pendapat dilakukan oleh YorkshireLive untuk melihat alur cerita mana dalam sejarah sinetron yang menurut pemirsa paling memengaruhi Emmerdale . Sepuluh besar, dalam urutan pertama hingga kesepuluh, adalah: kecelakaan pesawat Emmerdale (1993), badai yang menewaskan Tricia Dingle ( Sheree Murphy ) pada peringatan 10 tahun kecelakaan pesawat (2003), kecelakaan bypass Hotten (2016) , Pertempuran kesehatan mental Belle Dingle ( Eden Taylor-Draper ) (2016), labirin cermin yang menyebabkan kematian Val Pollard ( Charlie Hardwick ) (2015), Ashley Thomas ' ( John Middleton) pertempuran dengan demensia (2016), perampokan kantor pos (1994), kematian Dave Glover ( Ian Kelsey ) (1996), serangan asam Ross Barton ( Michael Parr ) (2018) dan episode peringatan 40 tahun yang melihat Carl King 's ( Tom Lister ) kematian, dua kelahiran dan pernikahan (2012).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]