Shiur (Taurat)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Shiur (bahasa Ibrani:. שעור [ʃiʔuʁ], bentuk jamak: shiurim, שעורים [ʃiʔuʁim]) adalah istilah bahasa Ibrani untuk suatu pelajaran dengan topik Taurat, seperti Gemara, Mishnah, Halakha, Tanakh, dan lain-lain.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

"Shiur" telah menjadi metode utama pengajaran sejak zaman Mishnaik. Dalam sebuah bagian Talmud terkenal, Rabbi Judah haNasi menegaskan bahwa ia mendapatkan pikiran tajam setelah menyaksikan Rabbi Meir memberikan "shiur" tersebut. Namun, karena ruang kuliah itu begitu sesak, kursinya berada di belakang podium, jadi dia hanya melihat Rabbi Meir dari belakang. "Seandainya aku melihat dia dari depan, betapa lebih besar aku jadinya!" katanya.[1]

Pembelajaran Yeshiva[sunting | sunting sumber]

Secara tradisional, shiur yang mengacu pada jenis pembelajaran yang terjadi di yeshivot dan kollelim, di mana siswa mendengarkan ceramah mendalam pada sugya (topik Gemara) yang sedang dipelajari oleh yeshiva pada saat itu.

Biasanya, siswa yeshiva setiap hari menghadiri shiur yomi ( kuliah harian) diberikan oleh maggid shiur ( harfiah, "Pengucap shiur") dan seminggu sekali shiur klali ( kuliah komprehensif, yang merangkum pembelajaran selama seminggu) diberikan oleh rosh yeshiva.[2] Rosh yeshiva biasanya juga memberikan shiur setiap hari. Sebelum shiur tersebut, daftar pustaka dan serangkaian referensi tekstual ditampilkan sehingga siswa dapat mempersiapkan pelajaran di awal. Siswa biasanya menghabiskan beberapa jam untuk mempersiapkan shiur yomi. Setelah shiur, siswa menghabiskan waktu tambahan meninjau dan memperjelas pelajaran yang baru saja mereka dengar. Persiapan dan review periode ini berlangsung dalam jangka waktu khusus yang disebut Seder, dimana siswa mempelajari pelajaran secara individual atau di chavrutot ( studi berpasangan ) .

Shiurim juga diberikan di yeshiva pada topik dalam mussar, Chumash, dan hashkafah ( filsafat Yahudi), tergantung pada yeshiva dan tingkat belajar siswa.[3]

Tingkat kelas[sunting | sunting sumber]

Shiur juga merupakan nama yang diberikan untuk berbagai kelas tingkat di yeshiva . Sebagai contoh, mahasiswa tahun pertama yang dikatakan dalam " Shiur Aleph "; mahasiswa tahun kedua dalam " Shiur Bet ", siswa tahun ketiga dalam "Shiur Gimmel", dll. Dalam Kollelim, shiurim tingkat lebih tinggi dapat mengakomodasi hal pembelajaran yang lebih mendalam.

Penggunaan modern[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa modern, istilah "shiur" telah diperluas untuk mencakup segala jenis pelajaran Taurat - termasuk ceramah kepada anak-anak, perempuan, dan baalebatim (penonton non-ilmiah), dan direkam, diedarkan melalui kaset, hookup komputer, MP3 atau koneksi MP4, atau panggilan saluran telepon. Meskipun menurut definisi, shiur adalah pelajaran komprehensif, terstruktur, beberapa organisasi kiruv mengiklankan "lima menit shiurim" untuk menarik pendengar.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Eruvin 13b, cited in Falk, Rabbi Pesach Eliyahu (1998). Modesty: An adornment for life. Feldheim Publishers. hlm. 167. ISBN 0-87306-874-2. 
  2. ^ "Frequently Asked Questions". Yeshivat Har Etzion. 2010. Diakses tanggal 15 February 2011. 
  3. ^ "Frequently Asked Questions". Derech HaTalmud. 2010. Diakses tanggal 15 February 2011. 
  4. ^ "The Chicago Community Kollel Five-Minute Hilchos Tefillah Shiur". Chicago Community Kollel. Diakses tanggal 15 February 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]