Shirase Nobu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Shirase Nobu, komandan Ekspedisi Antarktika Jepang

Shirase Nobu (白瀬 矗, lahir 20 Juli 1861 – meninggal 4 September 1946 pada umur 85 tahun) adalah seorang perwira Angkatan Darat Jepang yang memimpin Ekspedisi Antarktika Jepang, 1910–12.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Shirase Nobu lahir di Konoura, Provinsi Dewa (sekarang Nikaho, Prefektur Akita) pada 20 Juli 1861[1], sebagai anak sulung. Menurut autobiografinya yang ia tulis setelah ekspedisi Antarktika, ia adalah orang yang "kurang ajar" pada masa kecil[1] . Pada saat ia masuk sekolah, ia membaca klasik Tionghoa dan cerita-cerita soal pertualangan Christopher Columbus, Ferdinand Magellan, dan John Franklin, dan John Franklin menginspirasinya untuk menjadi penjelajah Arktik.

Pada masa itu, gurunya Sasaki Sasasei mengajarkannya untuk mengikuti lima komitmen:

  1. "Aku tak akan minum alkohol"
  2. "Aku tak akan menghisap tembakau"
  3. "Aku tak akan minum teh"
  4. "Aku tak akan minum air hangat"
  5. "Bahkan pada cuaca dingin, Aku tak akan menyalakan api"

Ia masuk SD pada 1877 dan lulus pada 1879. Pada Juli tahun yang sama, ia berniat menjadi pendeta namun dua bulan kemudian ia masuk militer.

Dari 1881 sampai 1905, Shirase melatih dirinya sendiri untuk ekspedisi ke Arktik untuk menjelajahi Kepulauan Kuril, setelah ia terlibat dalam Perang Rusia-Jepang. Setelah membaca bahwa Robert Peary telah menggagalkan ekspedisi Arktiknya untuk menemukan Kutub Utara pada 1909, Shirase memutuskan untuk mengubah rencana ekspedisinya ke Antarktika.

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b 井上正鉄 『日本南極探検隊長 白瀬矗』 極地研ライブラリー、2012年。ISBN 978-4-425-57031-7

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]