Shin Lim

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Shin Lim
Shin Dream Act.jpg
Shin Lim performing dream act, 2016
Lahir25 September 1991 (umur 30)
Vancouver, British Columbia, Canada
Kebangsaan
  • American
  • Canadian
PekerjaanClose-up magician
Tahun aktif2009–sekarang
Dikenal atas
Kota asalActon, Massachusetts, U.S.

Shin Lim (lahir 25 September 1991) adalah pesulap klasik berkebangsaan Kanada-Amerika yang dikenal dengan permainan manipulasi kartu yang rumit. Dia adalah pemenang ajang pencarian bakat America's Got Talent musim ke-13.[1] Secara rutin, dia sering mempertunjukkan kelihaiannya bermain sulap tertutup tanpa pengantar kata-kata, hanya musik saja. Lim juga menjuarai kompetisi "The Dream Act" and "52 Shades of Red". Kemampuannya didapat dengan belajar secara autodidak melalui menonton kanal berbagi video Youtube, dan sejak itu dia banyak membagi videonya di kanal yang sama.

Awalnya dia dididik untuk menjadi seorang pianis, namun akhirnya meniti kariernya sebagai pesulap setelah didiagnosa mengidap carpal tunnel syndrome. Bakat Liem diketahui sekitar tahun 2012 dan memulai tour internasional, dan tak lama kemudian, 2015, memenangi Fédération Internationale des Sociétés Magiques melalui kategori Sulap Kartu Tertutup. Penampilannya dalam tajuk Penn & Teller: Fool Us dan kemenangannya dalam ajang America's Got Talent during its 13th season tahun 2018 membawa namanya semakin dikenal secara internasional.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Lim adalah anak kedua dari tiga bersaudara dari keluarga asal Singapura keturunan Han Chinese. Dia lahir di Vancouver, di mana ayahnya menyelesaikan kuliahnya. Keluarganya kembali ke Singapura ketika dia berusia dua tahun, kemudian pindah di Acton, Massachusetts saat usianya 11 tahun. Lim menempuh pendidikan di Acton-Boxborough Regional High School. Pada awal usianya yang ke 9, dia tertarik di bidang musik. Neneknya, awalnya membeeikannya biola, namun dia mengalami frustrasi dan kebosanan saat sesi latihan, kemudian berpindah ke piano. Setelah lulus SMA, dia sekolah musik di Lee University di Tennessee untuk melanjutkan pendidikannya di bidang musik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ hermesauto (2018-09-21). "Shin Lim wins America's Got Talent: 6 things about the Singapore-raised magician". The Straits Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-10-01.