Shin Angyo Onshi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Shin Angyo Onshi (新暗行御史 Shin Angyo Onshi?) adalah sebuah manhwa yang dibuat oleh Youn In-Wan dan Yang Kyung-Il. Walaupun manhwa, Shin Angyo Onshi mengambil gaya gambar manga serta dibuat animenya oleh pihak Jepang. Di Jepang komiknya diterbitkan Shogakukan sementara di Indonesia diterbitkan Level Comics.

Menceritakan tentang masa setelah kehancuran suatu kerajaan bernama Jushin yang damai, pemerintahan setempat dipenuhi pemimpin-pemimpin yang kejam dan korup. Yang tersisa dari kerajaan tersebut hanyalah sedikit, salah satunya adalah Munsu, seorang Angyo Onshi (atau Amen Osa), agen rahasia kerajaan Jushin. Ditemani oleh Sando (semacam pengawal), Munsu melakukan perjalanan untuk menghukum mereka yang menekan, dan melindungi mereka yang ditekan. Pada dasarnya, keinginan utama dari Munsu adalah mengejar dan menghentikan sepak terjang Ajitae, sahabat lama, sekaligus orang yang telah mengancurkan kerajaan Jushin dan membunuh orang-orang yang dicintainya.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Munsu[sunting | sunting sumber]

Munsu merupakan sedikit dari Angyo Onshi yang tersisa dari kerajaan Jushin. Dia mempunyai musuh besar bernama Ajitae. Sifatnya sedikit seenaknya dan penampilannya agak berantakan. Memiliki penyakit kutukan yang diwarisi dari kekasihnya yang telah meninggal.

Chun Hyang[sunting | sunting sumber]

Chun Hyang merupakan Sando dari Munsu. Awalnya dia adalah kekasih Meon Ryong, namun setelah Lee Myon Ryong terbunuh dan setelah Munsu membebaskan kota Chun Hyang dari pemimpin yang korup, Chun Hyang menjadi Sando Munsu. Chun Hyang memakai pakaian minimalis dan ditutup dengan jubah berwarna coklat. Dalam manhwa, Chun Hyang lebih sering disebut sebagai Sando. Bersama Bangja, Chun Hyang mengawal Munsu melawan Ajitae. Di akhir kisah, sempat membelot kepada Ajitae karena pengaruh sihir, dan Ajitae membongkar identitasnya yang sebenarnya seekor panther kepada Munsu.

Bangja[sunting | sunting sumber]

Bangja merupakan orang kerdil yang aneh. Dia pernah menjadi pengikut seorang Angyo Onshi, namun setelah Angyo Onshi-nya meninggal, dia berkeliaran sendirian hingga bertemu Munsu. Dia kemudian menjadi pengikut Munsu, bersama dengan Chun Hyang. Bangja sering melakukan trik-trik tertentu, yang sebenarnya sulap, dan dia sebut sebagai sihir sakti miliknya.

Ajitae[sunting | sunting sumber]

Ajitae sebenarnya adalah teman lama Munsu, tapi dia kemudian berubah menjadi penyebab kehancuran Jushin dengan kemapuan sihirnya yang luar biasa. Dia berkelana dengan seorang Sando juga, sama seperti Munsu. Namun diragukan apakah dia merupakan Angyo Onshi atau bukan. Identitasnya tetap misterius hingga akhir kisah. Bermain bak kucing tikus dengan Munsu karena permasalahan unik di antara keduanya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]