Shi Jing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Shi Jing (Hanzi sederhana: 诗经; Hanzi tradisional: 詩經; pinyin: Shī Jīng; Wade-Giles: Shih Ching) atau kadang diterjemahkan menjadi Kitab Sanjak adalah buku yang berisi kumpulan nyanyian-nyanyian rakyat di berbagai negara, nyanyian-nyanyian pujian untuk upacara di istana, dan nyanyian-nyanyian pujian untuk mengiringi upacara ibadah. Pada zaman dinasti Zhou, tiap-tiap negeri bagian mempunyai petugas-petugas untuk menghimpun nyanyian-nyanyian itu. Menurut kitab Zhou Li(Kesusilaan Dinasti Zhou) yang ditulis Ciu Kong Tan/Zhou Gong Dan (Abad ke-19 SM), salah satu guru besar musik ialah mengajarkan cara mengklarisifikasikan nyanyian-nyanyian itu apakah termasuk Hong/Feng (Nyanyian rakyat/adat istiadat), Hut/Fu (bersifat menceritakan), Pi/Bi (bersifat perumpamaan, Hien/Xing (bersifat sindiran/sanjungan), Nge/Ya (bersifat puji-pujian), atau Siong Song (bersifat pujaan). Tidak kurang dari 300 nyanyian dibaca oleh Nabi Kong Zi, dan dari jumlah itu dipilih 311 buah untuk diberikan kepada murid-murid. Umur nyanyian/sanjak ini yang tertua berasal dari zaman Dinasti Shang 1766 SM-112 SM) dan yang termuda berasal dari zaman Ciu Ting Ong/Zhou Ding Wang Kaisar Dinasti Zhou yang memerintah 606 SM-586 SM)

Kitab Sanjak dibagi menjadi empat bagian :

  1. Kok Hong/Guo Feng (Nyanyian rakyat di berbagai negeri), 160 sanjak
  2. Siau Nge/Xiao Ya (Pujian Kecil), 80 sanjak (dari jumlah itu terdapat 6 nyanyian yang tinggal judulnya); dilagukan untuk upacara di istana.
  3. Tai Nge/Da Ya (Nyanyian Pujian Besar), 30 Sanjak, berisi pujian-pujian untuk Nabi Ki Chiang/Ji Chang (Raja Suci Wen)
  4. Song (Nyanyian Pujian) untuk mengiringi upacara peribadahan. Bagian ini merupakan kumpulan nyanyian yang paling tua usianya