Shaziman Abu Mansor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Datuk Seri
Shaziman Abu Mansor
220px
Menteri Kerja Raya Malaysia
Masa jabatan
2009 – -
PendahuluDato' Sri IR Mohd Zin Mohammad
Ketua Pemuda UMNO Malaysia
Masa jabatan
2001 – -
Informasi pribadi
Lahir20 Januari 1964 (umur 56)
Bendera Malaysia Ipoh, Perak, Malaysia
KebangsaanBendera Malaysia Malaysia
PasanganDatin Rozana Mohd. Khalid
HubunganAbu Mansor (ayah)
Ramlah (ibu)
Alma mater- Universitas Teknologi Malaysia
- Tri-State University, Indiana, Amerika Serikat
ProfesiPolitisi

Shaziman Abu Mansor (lahir di Ipoh, Perak, Malaysia, 20 Januari 1964; umur 56 tahun) adalah seorang politisi dan menteri Malaysia.

Ia menjabat Menteri Kerja Raya dalam kabinet pemerintahan Malaysia di bawah pimpinan Perdana Menteri Najib Tun Razak. Shaziman Abu Mansor menempati posisi itu pada tahun 2009, menggantikan menteri sebelumnya, Dato' Sri IR Mohd Zin Mohammad.[1][2]

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Karier[sunting | sunting sumber]

Shaziman memulai kariernya dari bawah dengan menjadi anggota UMNO wilayah Tampin Bandar, Tampin, Negeri Sembilan, pada tahun 1991. Setapak demi setapak ia menjalaninya sehingga terpilih menjadi Ketua Pemuda UMNO Tampin pada tahun 1997 dan Ketua Pemuda UMNO Negeri Sembilan pada tahun 1999, lalu Ketua Pemuda UMNO Malaysia pada tahun 2001, sewaktu ia berusia 37 tahun. Ia termasuk salah satu pemimpin generasi muda yang menunjukkan prestasi gemilang dalam karier politiknya

Pada pemilihan umum parlemen Tampin tahun 1999 Shaziman sebagai muka baru berhasil menang dengan mutlak atas Hamdan Hashim dari partai Islam PAS. Pada pemilihan berikutnya pada tahun 2004 ia kembali menang dan berhasil mempertahankankan kursinya dengan mengalahkan Abdul Razakek Abdul Rahim yang juga dari PAS.

Karena ingin turut serta dalam membuat keputusan dan menggagas kebijakan partai, Shaziman memberanikan diri bertarung untuk pertama kali menjadi anggota Majelis Tertinggi (MT) UMNO dalam pemilihan UMNO. Menurut Shaziman, Majelis Tertinggi adalah platform tertinggi dalam UMNO yang menyentuh dan memperjuangkan tujuan segenap aspek kehidupan orang Melayu termasuk politik, ekonomi, sosial dan pendidikan, agar tidak terpinggirkan dalam pembangunan negara.

Shaziman juga mendirikan media`"Suara Tampin" yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai berbagai aktivitas kemasyarakatan yang berlangsung di wilayah Tampin. Ia ingin memastikan setiap orang mendapat informasi aktual mengenai pembangunan yang berlangsung di wilayah itu.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Ia menjalani pendidikan awalnya di Sekolah Rendah Kebangsaan Tunku Besar, Tampin, Negeri Sembilan, pada tahun 1971. Pada tahun 1979 ia menamatkan sekolah menengah pada lembaga pendidikan yang sama. Lalu pendidikannya di Sekolah Menengah Teknik Tunku Jaafar, Seremban, ia selesaikan pada tahun 1981.

Selanjutnya Shaziman melanjutkan pendidikannya ke Universitas Teknologi Malaysia dan berhasil tamat pada tahun 1986. Setelah itu, ia masih meneruskan pendidikan akademiknya ke Tri-State University, Indiana, Amerika Serikat.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Putra Negeri Sembilan kelahiran Ipoh, Perak, dan dibesarkan di Tampin ini adalah anak dari mantan pegawai perusahaan Keretapi Tanah Melayu Berhad (KTMB). Kedua orang tuanya berasal dari Negeri Sembilan, Malaysia. Ayahnya, Abu Mansor berasal dari Kampung Gadong, Kota, Rembau, sedangkan ibunya bernama Ramlah, berasal dari Kampung Tanah Datar, Gadong. Shaziman menikah dengan Datin Rozana Mohd. Khalid.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Selamat Datang Kepada Y.B Dato' Shaziman Abu Mansor Sebagai Menteri Kerja Raya Baru" Situs Resmi Kementerian Kerja Raya Malaysia. Diakses 30 Juli 2015.
  2. ^ "Profil Datuk Shaziman Abu Mansor" Utusan Melayu. Diakses 30 Juli 2015.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]