Shanzha bing

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shanzha Bing
A roll of haw flakes and a haw flake
Nama lainSanca
JenisMakanan manis
Tempat asalChina
Bahan utamaBuah Hawthorn China, gula
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini
Shanzha bing
Hanzi tradisional: 山楂
Hanzi sederhana: 山楂

Shanzha bing (Sanca) manisan China yang berasal dari buah hawthorn China. Manisan berwarna merah muda gelap ini biasanya dibentuk seperti koin dengan ketebalan sekitar 1 milimeter. Beberapa orang China mengonsumsi manisan ini untuk menetralkan rasa pahit setelah minum ramuan obat herbal yang pahit.[1] Shanza Bing juga disebut "Saan Zaa Beng" (山楂餅)dalam dialek Kantonis dan "haw flakes" oleh pengguna bahasa Inggris.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Shanzha diproduksi di China dan dijual di berbagai wilayah di Asia.Terdapat beberapa perbedaan resep sehingga sedikit mempengaruhi rasanya.

Variasi[sunting | sunting sumber]

Kemasan baru Shanzha

Sanca berukuran besar juga tersedia di pasar yang khusus menjual makanan China. Ukurannya lebih besar daripada Shanzha buatan Shandong; diameternya sekitar 35–40 mm sementara buatan Shandong sekitar 25 mm.

Peraturan[sunting | sunting sumber]

Shanzha dilarang dijual beberapa kali oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat karena mengandung Ponceau 4R (E124, Acid Red 18), yaitu sebuah bahan tambahan makanan yang dilarang .[2][3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ RTHK.org. "RTHK.org[pranala nonaktif permanen]." Bitter but healing. Retrieved on 2009-05-31.
  2. ^ "Enforcement Report for August 29, 2001". FDA Enforcement Report. United States Food and Drug Administration. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-06-13. Diakses tanggal 2007-07-02. 
  3. ^ "Enforcement Report for August 16, 2000". FDA Enforcement Report. United States Food and Drug Administration. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-06-11. Diakses tanggal 2007-07-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]