Sergei Krikalev

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sergei Konstantinovich Krikalev
Krikalev Tahun 2005
Lahir27 Agustus 1958 (umur 65)
Leningrad, Uni Soviet
Kebangsaan Russia
PekerjaanInsinyur Mekanikal
PenghargaanPahlawan Federasi Rusia
Pahlawan Uni Soviet
Karier luar angkasa
Antariksawan Badan Antariksa Federal Rusia
Lambang misi

Sergei Konstantinovich Krikalev (bahasa Rusia: Серге́й Константинович Крикалёв, juga ditransliterasikan sebagai Sergei Krikalyov; lahir 27 Agustus 1958) adalah seorang antariksawan dan insinyur mekanikal asal Rusia. Sebagai seorang ilmuwan roket berpengaruh, ia adalah veteran dari enam penerbangan antariksa.

Sergei Krikalev terkenal karena kisahnya yang terdampar di luar angkasa selama berbulan-bulan. Krikalev mengawali misi luar angkasanya pada 19 Mei 1991, tujuh bulan sebelum Uni Soviet bubar. Ia dikirim ke stasiun luar angkasa Mir untuk bekerja disana selama lima bulan. Setelah lima bulan masa tugasnya berakhir, Krikalev seharusnya sudah pulang ke Bumi. Tetapi karena Uni Soviet sedang mengalami krisis keuangan, ia diminta untuk bertahan sedikit lebih lama.

Pada 26 Desember 1991, Uni Soviet secara resmi bubar. Namun, nasib Krikalev tidak jelas. Negara yang akan menjemputnya sudah bubar dan negara penggantinya yaitu Rusia tidak bisa menjemputnya karena sedang mengalami hiperinflasi.

Krikalev bisa saja kembali dengan menggunakan kapsul. Namun, tamatlah riwayat Mir karena tidak ada yang merawatnya sebab semua kru sudah pulang, hanya tinggal Krikalev seorang. Akhirnya ia nekat bertahan di luar angkasa selama 311 hari dengan ancaman kerusakan tubuh.

Untungnya, Krikalev bisa pulang ke Bumi setelah Jerman membayar 24 juta dolar AS untuk menjemputnya. Pada 25 Maret 1992, dia berhasil kembali ke Bumi dengan keadaan tubuh pucat dan berkeringat seperti gumpalan adonan basah. Dari peristiwa itu, Krikalev disebut sebagai warga negara Uni Soviet yang terakhir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

 Artikel ini berisi bahan berstatus domain umum dari situs web atau dokumen National Aeronautics and Space Administration.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]