Sepen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sepen pastri di The Regency Town House di Hove. Sebuah meja berlapis marmer dan laci-laci yang berisi tepung dan gula memungkinkan kue jauh dari panasnya dapur.[1]

Sepen[2] atau lemari makan[3] adalah wilayah penyimpanan untuk menyimpan makanan sebelum digunakan. Sepen merupakan hal biasa di rumah-rumah sebelum lemari es digunakan secara luas yang umumnya terbuat dari kayu.

Di Eropa, beberapa sepen terbuat dari batu, dan hal ini bertujuan agar menciptakan ketahanan dingin dalam cuaca terpanas. Sepen batu ini memiliki rak batu tulis atau marmer setebal dua atau tiga inci. Rak-rak ini terjepit di dinding batu yang tebal. Ikan atau sayuran diletakkan langsung di rak dan ditutup dengan kain muslin atau segenggam rerumputan basah ditaburkan di bawah dan sekelilingnya.[4]

Kualitas penting[sunting | sunting sumber]

  • Dingin, kering, dan berventilasi baik. [5]
  • Biasanya di sisi rumah yang teduh. [5]
  • Tidak ada perapian atau cerobong panas di salah satu dinding yang bersebelahan. [5]
  • Mungkin memiliki pintu ke halaman luar. [1]
  • Memiliki jendela dengan kasa kawat di dalamnya, bukan kaca. [1]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Di belahan bumi utara, sebagian besar rumah akan diatur untuk memiliki sepen dan dapur di sisi utara atau barat rumah [5] di mana mereka menerima sinar matahari paling sedikit. Di Australia dan Selandia Baru, sepen ditempatkan di sisi selatan atau timur rumah karena alasan yang sama.

Banyak sepen memiliki jendela kecil tanpa glasir dengan bukaan jendela yang dilapisi jaring halus. [5] [1] Ini memungkinkan sirkulasi udara bebas tanpa membiarkan lalat masuk. Banyak sepen juga memiliki dinding ubin atau cat untuk memudahkan pembersihan. [1] Sepen yang lebih tua, dan terutama di rumah yang lebih besar, memiliki kait di langit-langit untuk menggantung sendi daging. [1]

Penanggah mungkin berisi rak bahan pangan, istilah yang digunakan di Derbyshire dan Yorkshire untuk menunjukkan lempengan batu atau rak yang digunakan untuk menjaga agar makanan tetap dingin pada hari-hari sebelum lemari pendingin tersedia di dalam negeri. Di aula akhir abad pertengahan, rak bahan pangan akan setara dengan sepen. Di rumah abad ke-19 yang besar atau cukup besar, semua ruangan ini akan ditempatkan di lokasi terendah, dan / atau senyaman mungkin, sedingin mungkin di dalam gedung untuk menggunakan massa tanah untuk mempertahankan suhu musim panas yang rendah. Karena alasan ini, penanggah biara biasanya disebut ruang bawah tanah pada tahap ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f Davies, Jennifer. (1989). The Victorian kitchen. London: BBC Books. ISBN 0563206853. OCLC 21182995.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama ":1" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  2. ^ (Indonesia) Arti kata sepen dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  3. ^ (Indonesia) Arti kata lemari makan dalam situs web Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  4. ^ Hartley, Dorothy. (2009). Food in England. London: Piatkus. ISBN 9780749942151. OCLC 319209748. 
  5. ^ a b c d e The country house kitchen. Sambrook, Pamela., Brears, Peter C. D., National Trust (Great Britain). Stroud: History. 2010. ISBN 9780752455969. OCLC 495598875.