Sepeda plastik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sepeda plastik Itera.

Sepeda plastik adalah sepeda yang hampir seluruh kerangka dan komponennya dibuat dari plastik atau bahan komposit plastik, bukan dari logam.

Pada 1970-an, sepeda plastik seperti Itera diproduksi, tetapi gagal secara komersial. Pada abad ke-21, perkembangan komposit plastik yang diperkuat telah membuat sepeda plastik layak digunakan untuk sepeda balap kelas atas.

Produk sepeda plastik awal yang terkenal adalah Sepeda Plastik Itera, dari Swedia. Sepeda ini diproduksi pada tahun 1980-an, terbuat dari bahan komposit plastik cetakan injeksi. Sayangnya sepeda plastik ini mengalami kegagalan teknis dan komersial setelah tiga tahun diproduksi.

Pada bulan September 1981, sepeda plastik pertama mulai dijual. Sepeda dijual dalam kondisi belum dirakit, lengkap dengan peralatan untuk merakitnya di dalam kotak. Pada musim gugur 1981, lebih dari 100.000 orang Swedia menyatakan bahwa mereka tertarik. Pada bulan Februari 1982,[1] produksi dimulai di Vilhelmina. Penjualan sepeda ini terbilang lambat dan lama-lama kehilangan peminat. Bagian-bagian sepeda yang dijual terpisah dan mengharuskan pembeli untuk merakit sepedanya sendiri membuat banyak pelanggan enggan membelinya.

Produksi sepeda Itera dihentikan pada tahun 1985, setelah meproduksi sekitar 30.000 sepeda. Stok sepeda yang tersisa dijual ke wilayah Karibia, dan menjadi populer disana, karena bahannya terbuat dari plastik yang tidak rentan korosi.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lunds universitet Diarsipkan 2011-07-19 di Wayback Machine.
  2. ^ Lasse Collin. "Evighetsmaskinen" (dalam bahasa Swedia). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-12-21. Diakses tanggal 2008-07-09.