Sepatu wanita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Model Sepatu Wedges

Sepatu wanita adalah sepatu yang dipakai untuk tujuan gaya busana. Pada prinsipnya sepatu wanita hanya terdiri dari dua jenis. Jenis pertama adalah sepatu yang memiliki hak datar, apapun bahan dan bagaimanapun desainnya, biasanya disebut sebagai flat shoes.

Jenis yang kedua adalah sepatu yang memiliki hak tinggi atau high heels. Dalam perkembangannya, ukuran dan bentuk hak dari sepatu ini sangat beragam, belum lagi bentuk desainnya yang membedakan pada kesempatan apa saja high heels ini digunakan. Setiap variasi memiliki istilah sendiri dan istilah ini cenderung diartikan sebagai salah satu jenis dari sepatu wanita.

Pada perkembangannya sepatu wanita sol datar yang akrab disebut sebagai flat shoes berkembang menjadi berbagai macam model sepatu flat. Sedangkan sepatu wanita sol tinggi yang juga disebut high heels shoes, seiring perubahan zaman modelnya semakin beragam.

Dari segi ukuran untuk sepatu berhak tinggi, ada banyak pihak yang belum memiliki kesamaan pendapat. Menurut kalangan fashion Italia, sepatu wanita yang memiliki hak di bawah 6,4 cm dianggap sebagai sepatu hak rendah atau low heels, antara 6,4 cm - 8,9 cm dianggap sebagai sepatu yang memiliki hak sedang atau medium heels. Lebih dari ukuran tersebut dikategorikan sebagai sepatu hak tinggi atau high heels.

Model sepatu wanita yang dimasukkan dalam kategori hak tinggi adalah cone, stiletto. Model hak sedang adalah model sepatu wedges, prism dan puppy. Sedangkan untuk model hak rendah adalah spool dan kitten.