Selma Gustin Sapir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Selma Gusti Sapir merupakan lulusan pendidikan dan spikologi di Universitas New York pada tahun 1935 dan meraih gelar B.Sa, selanjutnya melanjutkan kuliah di bidang psikologi di Sarah Lawrence College dan mendapat gelar MA tahun 1956. kemudian beliau melanjutkan kuliah lagi di bidang psikologi-klinis terapan dari Teacher Collage, Universitas Columbia dan mendapat gelar Ed.D pada tahun 1984. Selma Gusti Sapir dilahirkan di New York City pada tahun 1916.

Selma Gusti Sapir mengorganisir dan memimpin Learning Disability Laboratory, Bank Street College, New York.organisasi ini merupakan sebuah pusat demostrasi pelayanan anak dan proyek latihan interdisipliner. hasil pengembangan spikologi yang telah dibuatnya antara lain:

  1. Sapir Dimensions of Learning (1980)
  2. Sapir Learning Lab Language Scale (1979)
  3. Sapir Self-Concept (1967)
  4. Sapir Development Scale (1966).

Pada tahun 1985, Sapir mengembangkan model baru berdasarkan penelitian perkembangan anak, dimana dia menggabungkan antara teori dan praktik spikologi untuk mendidik anak yang tidak mau belajar. Sapir percaya dengan menggabungkan hal tersebut dapat mengetahui norma perkembangan dan penyimpangannya agar anak dapat berubah sesuai perkembangan dan pertumbuhannya. Sapir juga mengembangkan program untuk tingkat sarjana yang berhubungan dengan ketidakmampuan belajar dan pendidikan khusus di Mayaguez, Puerto Rico dan Mons, Belgia. Setelah menjadi profesor di Fullbrigth, Sapir mengorganisir sebuah klinik psikologi untuk anak-anak khusus di Mexico City. Sapir juga selalu berperan aktif untuk NATO dan PBB.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baihaqi, MIF; Reynolds, Cecil R.; Mann, Lester (2014). Ensiklopedia Tokoh PLB (Pendidikan Luar Biasa). Bandung: Penerbit Nuansa Cendikia. hlm. 456. ISBN 978-602-8395-75-5.