Sellotape

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sellotape
Merek dagang
Didirikan1930-an
Kantor
pusat
,
ProdukSellotape, alat perekat lainnya
PemilikHenkel
Situs webwww.sellotape.com

Sellotape (/ˈsɛləˌtp/) adalah merek pita perekat transparan berbahan polipropilena asal Britania Raya. Sellotape biasanya dipakai untuk merekatkan atau menempelkan sesuatu.

Merek ini sudah menjadi merek dagang generik di Britania dan negara-negara lain, demikian pula dengan Scotch Tape di Kanada dan Amerika Serikat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Nama Sellotape berasal dari cellophane yang waktu itu masih berupa merek dagang. Perusahaan mengganti huruf "C" menjadi "S" supaya bisa didaftarkan sebagai merek dagang terpisah.[1]

Lakban ini awalnya diproduksi tahun 1937 oleh Colin Kinninmonth dan George Grey di Acton, London Barat.[2] Sejak 1960-an sampai 1980-an, perusahaan Sellotape merupakan bagian dari Dickinson Robinson Group, konglomerat paket dan kertas Britania. Pada tahun 1960-an, Alan Robinson memimpin tim kimiawan asal Wallington untuk mengembangkan produk perekat. Tahun 2002, perusahaan ini diakuisisi oleh Henkel Consumer Adhesives.

Sellotape Industrial diakuisisi oleh Scapa Group tahun 1997. Produk-produknya masih dibuat di pabrik aslinya di Dunstable.

Produk[sunting | sunting sumber]

Sellotape di alat pemotong.

Sellotape memiliki beragam produk lakban. Mereknya sering dipakai untuk menyebut merek lakban di negara-negara lain karena sangat populer. Kata "sellotape" terdaftar di Oxford English Dictionary sebagai bentuk merek dagang generik.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]