Selingkuh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Selingkuh adalah istilah yang umum digunakan terkait perbuatan atau aktivitas yang tidak jujur dan menyeleweng terhadap pasangannya, baik pacar atau suami isteri. Istilah ini umumnya digunakan sebagai sesuatu yang melanggar kesepakatan atas kesetiaan hubungan seseorang. Motvasinya adalah untuk mendapatkan keuntungan yang tidak adil dalam situasi kompetitif.

PANDANGAN AGAMA[sunting | sunting sumber]

  • Pandangan Islam

Rasulullah saw bersabda: “Setiap orang bisa mungkin melakukan zina dengan anggota badan. Kedua mata berzina, zinanya adalah melihat atau menatap aurat bukan muhrim. Kedua tangan berzina, zinanya adalah menyantuh atau meraba yang bukan muhrim. Kedua kaki berzina, zinanya adalah melangkan kedua kaki menemui orang yang bukan muhrim (tanpa alasan yang dibenarkan agama). Mulut berzina, zinanya mengecup orang yang bukan muhrim. Hati berzina, zinanya dengan menghayal berzina dengan bukan muhrim, atau menghayal pegangan tangan dengan bukan muhrim. Kesemua itu akan dibenarkan atau dinafikan oleh zina alat kelamin.” (HSR. Imam Ahmad dari Abu Hurairah). Kalau sudah sampai ke tingkat zina besar, yah itulah salah satu bentuk dosa besar atau dalam bahasa Arabnya disebut kabaair.

  • Pandangan Kristen

Tanda-tanda perselingkuhan[sunting | sunting sumber]

  • Pasangan selalu menjaga perangkat elektronik yang dia gunakan untuk berkomunikasi seperti handphone. Ini dilakukan untuk menjaga agar Anda tidak menyentuhnya, Pasangan memberikan nama palsu untuk setiap kontak didalamnya, atau mungkin memiliki cadangan. Sehingga baik bagi Anda untuk membiasakan diri sering terbuka dalam hal ini. Anda bebas menyentuh miliknya dan juga sebaliknya.
  • Pasangan bisa tampil menarik dari sebelumnya. Dia bisa tampil lebih baik dan tentu saja lebih menarik, lebih wanngi, lebih rapi, dsb. Namun perlu diingat, sesuaikan dengan keadaan Anda saat ini. Sebab banyak sekali orang yang selalu tampil menarik setiap hari sesuai pekerjaannya.
  • Pasangan sering membatalkan janji secara mendadak tanpa alasan jelas. Mungkin untuk janji yang tidak begitu penting. Atau mungkin dirinya mencari alasan yang bukan sebenarnya. Untuk tahu masalah ini, ada baiknya mencari tahu dilain waktu tentang alasan yang dia sampaikan pada Anda.
  • Pasangan tiba-tiba punya kegiatan baru dan Anda tidak dibuat tahu oleh dirinya. Dia menyembunyikan hal itu atau terkesan menutupi. Saat Anda menunjukan seolah tertarik, dia menceritakan hanya beberapa bagian saja.
  • Pasangan sering mencari kesalahan Anda. Mencari dan menyalahkan untuk membuat dirinya bisa menghindari Anda dalam waktu tertentu. Bahkan seolah dirinya tidak ingin segera menyelesaikan hal itu. Dia lebih memilih untuk menghindar dengan tujuan menemui selingkuhannya.
  • Pasangan mulai lupa hal-hal kecil dari Anda. Dia tidak begitu memperhatikan hal kecil yang selama ini ada pada Anda. Untuk ini, madjongke.com yidak bisa memberikan panjang lebar. Sebab semuanya tergantung dari keadaan diri Anda sendiri.
  • Pasangan menuturkan peristiwa yang berbeda-beda. Kata-katanya sering berubah. Cerita pada beberapa hari yang lalu kadang berbeda dengan yang sekarang. Padahal apa yang sedang dibahas itu sama. Kalau lupa dengan kejadian yang baru terjadi itu jarang terjadi. Tapi kalau lupa dengan apa yang dikatakan itu sangat mungkin sering terjadi.
  • Jangan remehkan informasi yang sifatnya mungkin belum jelas. "Aku pernah melihat pasangan kamu disini", "Kalau gak salah Aku melihat pasanganmu dengan orang lain", atau yang lebih lembut lagi, "Aku lihat orang yang mirip pasangan kamu sedang jalan dengan orang ini". Jangan anggap sepele hal itu. Sebab bisa jadi itu benar-benar dirinya, hanya saja seseorang tersebut tidak enak hati ingin bicara secara jelas. sehingga kejadian yang satu ini bisa menjadi tanda pasangan punya selingkuhan.
  • Pasangan mencari alasan untuk bisa membuat dirinya lebih bebas. Hal itu dilakukan mendadak tanpa ada rundingan dengan diri Anda. Entah apapun alasannya jika dia terlihat ingin lebih luas ruang geraknya, maka bisa jadi dia punya selingkuhan.
  • Pasangan banyak menuntut hal yang bermacam-macam dan itu sulit untuk Anda wujudkan. Dia berubah seperti itu untuk membuat Anda merasa memiliki kekurangan banyak. Sehingga dia bisa pura-pura marah dan menghindar dalam waktu tertentu sesui keadaan.
  • Gelagat pasangan berubah tegang saat handphone berbunyi. Dia bisa saja memutuskan dengan cepat, menjaga jarak dengan Anda, atau yang lebih umum bicara cepat dan jelas tetapi tidak memberi kesempatan lawan bicara kemudian menutupnya.
  • Pasangan mulai menyukai hal baru yang sebelumnya tidak pernah terpikir oleh dirinya. Mungkin jika secara perlahan masih bisa dimaklumi. Tapi jika mendadak sangat suka sekali, bisa jadi itu dilakukan untuk mengimbangi selingkuhannya.

Inilah beberapa ciri kalau pasangan Anda memiliki selingkuh.[1]

Dampak dari Perselingkuhan[sunting | sunting sumber]

Semua orang pasti merasa marah ketika tahu dikhianati. Namun kenapa rasa malu bisa muncul? Rasa malu muncul sebagai akibat perasaan terhina dan direndahkan, seolah-olah perselingkuhan terjadi karena kesalahan korban sendiri. Padahal seharusnya yang merasa malu adalah orang yang berselingkuh, bukan? Namun beberapa orang mulai mawas diri dan melihat apakah ada yang salah dengan diri mereka ketika pasangan mereka berselingkuh. Secara tak sadar, kemungkinan mereka akan mencari-cari kesalahan dalam diri mereka sendiri untuk menjelaskan mengapa pasangan berselingkuh. Hal inilah yang kemudian memunculkan rasa malu.

Merasa sedih adalah respon alami ketika mengetahui pasangan berselingkuh. Namun tak sedikit orang yang merasakan kosong, tak memiliki emosi apapun. Seseorang mungkin terkaget-kaget ketika mengetahui bahwa saat melihat ke dalam diri mereka, mereka tak menemukan emosi apapun, kekosongan. Kekosongan adalah salah satu mekanisme psikologis yang digunakan manusia ketika mereka mengalami shock atau trauma. Dalam beberapa hal kekosongan ini melindungi otak dan pikiran.

Ketika tahu pasangan berselingkuh Anda tentu ingin mendepaknya jauh-jauh dari kehidupan Anda dan tak ingin melihat wajahnya lagi, bukan? Itu adalah respon yang wajar. Namun dalam beberapa kasus, perasaan posesif juga bisa muncul. Perasaan ini membuat Anda merasa ingin memiliki pasangan dan menjauhkannya dari pasangan selingkuhnya. Hal ini disebabkan oleh perasaan kepemilikan, bahwa pasangan Anda adalah milik Anda dan tak boleh dimiliki oleh orang lain.

Memang ada emosi yang sangat kuat seperti sedih atau kemarahan. Namun terkadang muncul juga emosi yang cukup luas seperti rasa kesal. Sebagai pasangan mungkin Anda hanya ingin mengatakan "Bagaimana dia bisa sebodoh itu!" Rasa kesal muncul sebagai bentuk kekecewaan pada pasangan Anda. Anda mengetahui bahwa segala hal yang dilakukan oleh pasangan akan sangat mempengaruhi Anda, dan ini membuat Anda kesal.

Anda mungkin merasa aneh. Bagaimana mungkin seseorang merasa lega setelah mengetahui pasangan berselingkuh? Kebanyakan orang sudah curiga mengenai adanya affair selama beberapa waktu sebelum mereka mengetahuinya. Selama itu, mereka menebak-nebak dan tak bisa tenang memikirkannya. Setelah perselingkuhan itu terbuka, perasaan lega bisa jadi muncul sebagai jawaban atas kecurigaan yang selama ini dirasakan. Setelah mengetahuinya, Anda dan pasangan bisa mulai melakukan sesuatu terhadap masalah tersebut.

Mengetahui perselingkuhan memang bukan hal yang menyenangkan bagi semua orang. Perselingkuhan bisa jadi sangat menyakitkan. Namun tentu mengetahuinya dengan jelas lebih baik daripada Anda dibohongi oleh pasangan seumur hidup. Yang terpenting adalah selalu membentengi diri agar tak terbawa emosi ketika mengetahui fakta yang menyakitkan itu.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]