Selina Hastings, Countess of Huntingdon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Countess of Huntingdon
Informasi pribadi
Lahir
Selina Shirley

(1707-08-24)24 Agustus 1707
Astwell Castle, Northamptonshire, England
Meninggal17 Juni 1791(1791-06-17) (umur 83)
KebangsaanBritish
Suami/istri
(m. 1728; meninggal 1746)
Anak
Orang tuaWashington Shirley, 2nd Earl Ferrers
Mary Levinge
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Selina Hastings, Countess of Huntingdon ( née Shirley ; 24 Agustus 1707 – 17 Juni 1791) adalah seorang pemimpin agama Inggris yang memainkan peran penting dalam kebangkitan agama pada abad ke-18 dan gerakan Metodis di Inggris dan Wales. Dia mendirikan cabang evangelis di Inggris dan Sierra Leone, yang dikenal sebagai Countess of Huntingdon's Connexion .

Dia membantu membiayai dan membimbing Metodisme awal dan merupakan kepala sekolah pertama di Trevecca College, Wales, yang didirikan pada tahun 1768 untuk melatih para pendeta Metodis. Dengan pembangunan 64 kapel di Inggris dan Wales, ditambah pekerjaan misi di Amerika kolonial, dia diperkirakan telah menghabiskan lebih dari £100,000 untuk kegiatan ini, jumlah yang sangat besar ketika sebuah keluarga beranggotakan empat orang dapat hidup dengan £31 per tahun. [1]

Sebagai koresponden tetap George Whitefield dan John Wesley, dia juga dikenang karena hubungannya yang bermusuhan dengan kaum Metodis lainnya.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Selina Shirley lahir pada bulan Agustus 1707 di Kastil Astwell, Northamptonshire, putri kedua Washington Shirley, Earl Ferrers ke-2, dan Mary Levinge, putri Sir Richard Levinge, Baronet ke-1 . Keluarganya pindah ke Staunton Harold Hall, di Leicestershire ketika dia berusia 17 tahun dan pada tahun 1728, dia menikah dengan Theophilus Hastings, Earl of Huntingdon ke-9, yang tinggal di dekat Donington Hall . Hal ini diatur oleh kakak tirinya, Lady Elizabeth Hastings, seorang dermawan agama terkenal dan pendukung pendidikan perempuan. [2]

Dia melahirkan tujuh anak dalam sepuluh tahun pertama pernikahannya, empat di antaranya meninggal dalam usia muda; suaminya meninggal pada tahun 1746, sementara kesehatannya diduga buruk. [3] Keluarganya tertarik pada politik, agama, dan seni, dan memesan potret dari seniman-seniman modis saat itu.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Atribusi

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Tentang Countess of Huntingdon dan Metodis Welsh, lihat E. Wyn James, 'Blessèd Jubil!': Slavery, Mission and the Millennial Dawn in the Work of William Williams of Pantycelyn', dalam Cultures of Radicalism in Britain and Ireland, ed. John Kirk, Michael Brown & Andrew Noble, 'Puisi dan Lagu di Era Revolusi', vol. 3 (London: Pickering & Chatto, 2013), 95-112.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]