George Whitefield

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
George Whitefield
George Whitefield (head).jpg
Pengkhotbah Gereja Anglikan, pekabar Injil, dan pendiri Metodisme
Tanggal lahir 16 Desember 1714
Gloucester, Inggris
Meninggal 30 September 1770
Newburyport, Massachusetts

George Whitefield adalah seorang pengkhotbah terkenal dari Inggris yang menjadi salah satu tokoh pendiri Gereja Metodis.[1] Whitefield lahir dalam sebuah keluarga miskin di Glouchester pada tahun 1714.[1] Meskipun hidup dalam kekurangan, ibunya, yang telah menjadi janda, berupaya mendukung studi Whitefield dengan baik.[1] Karena itulah, ia dapat belajar di Universitas Oxford.[1] Di sinilah, Whitefield bersahabat dengan John Wesley dan Charles Wesley.[1]

Pada tahun 1736, ia ditahbiskan menjadi pendeta di Gereja Anglikan.[1] Setelah itu, ia mulai berkhotbah di pelbagai tempat, mulai dari Glouchester hingga beberapa gereja besar di London.[1] Pada tahun 1738, Whitefield, bersama dengan John dan Charles Wesley, dikirim ke Georgia, Amerika Serikat, untuk mengabarkan Injil.[1] Di Amerika Serikat, Whitefield berkhotbah di hadapan ribuan orang dan turut memengaruhi munculnya Kebangunan Rohani di kalangan gereja Presbiterian dan Kongregasional.[1][2] Ketika kembali ke Inggris, Whitefield juga berkhotbah di mana-mana sehingga turut memengaruhi Kebangunan Rohani di Inggris pada abad ke-18.[2][1]

Kematian[sunting | sunting sumber]

Whitefield meninggal di perumahan pendeta milik Old South Presbyterian Church,[3] Newburyport, Massachusetts, pada tanggal 30 September 1770, dan dimakamkan, sesuai keinginannya, di dalam suatu kotak jenazah batu di bawah mimbar kotbah gereja itu. Sebuah patung sedada Whitefield berada dalam koleksi Gloucester City Museum & Art Gallery.

Berkas:GeorgeWhitefieldGrave.jpg
Makam George Whitefield dalam kotak batu Old South Presbyterian Church, Newburyport, Massachusetts di antara Jonathan Parsons dan Joseph Prince.

John Wesley menyampaikan kotbah pada upacara penguburannya di London, atas permintaan Whitefield.[4]

Karya[sunting | sunting sumber]

Whitefield terkenal karena kotbah-kotbahnya yang menarik perhatian pendengarnya, dan juga karena surat-surat serta artikel-artikel tulisannya yang diterbitkan semasa hidupnya. Ia adalah pembicara yang ulung, dengan suara kuat dan nada yang bagus. Suaranya begitu menyentuh perasaan sehingga dikatakan bahwa orang akan menangis hanya mendengarnya mengatakan "Mesopotamia". Tulisan-tulisannya, asalnya untuk komunikasi pribadi, diterbitkan diam-diam oleh Thomas Cooper. Ini menyebabkan James Hutton menerbitkan versi yang disetujui oleh Whitefield. Bahasa yang terlalu bersemangat dan apostolikal menuai banyak kritikan dan tulisan-tulisannya tidak lagi diterbitkan setelah tahun 1741. Whitefield menerbitkan A Short Account of God's Dealings with the Reverend George Whitefield pada tahun 1740, yang mencakup kisah hidupnya sampai penahbisannya sebagai pendeta. Pada tahun 1747, ia menerbitkan A Further Account of God's Dealings with the Reverend George Whitefield, yang mencakup periode dari penahbisannya sampai perjalanan pertamanya ke Georgia. Pada tahun 1756, versi tulisan yang sudah banyak disunting dan kisah-kisah otobiografinya diterbitkan pula. Whitefield juga menggubah sejumlah himne. Pada tahun 1739, Charles Wesley menggubah himne, "Hark, how all the welkin rings”. Pada tahun 1758, Whitefield merevisi bait pembuka menjadi Hark, the Herald Angels Sing.[5] Lagu ini dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai "Gita Sorga Bergema".

Penghormatan[sunting | sunting sumber]

Whitefield diperingati bersama-sama Francis Asbury pada suatu hari raya pada kalender liturgis Gereja Episkopal (USA) pada tanggal 15 November.

Whitfield County, Georgia, dinamai menurut nama pendeta itu. Ketika undang-undang ditulis oleh Georgia General Assembly mengenai pembentukan county itu, satu huruf "e" dihapus dari ejaan namanya untuk mencerminkan pelafalan namanya.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j F.D. Wellem. 1987. Riwayat Hidup Singkat Tokoh-Tokoh dalam Sejarah Gereja. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Hlm. 244-245.
  2. ^ a b (Inggris)Eddy van der Borght. 2008. "Reformed Ecclesiology". In The Routledge Companion to the Christian Church. Gerard Mannion, Lewis S. Mudge, eds. 192. London: Routledge.
  3. ^ First Presbyterian (Old South) Church.
  4. ^ Wesley, John (1951). "Entry for Nov. 10, 1770". The Journal of John Wesley (online). Chicago: Moody Press. p. 202. 
  5. ^ Bowler, Gerry (December 29, 2013), "Hark! The Herald Angels Sing", UM Today (University of Manitoba) .
  6. ^ "Whitfield County History". Whitfield County. Diakses tanggal 11 October 2015. 

Pustaka tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]