Lompat ke isi

Selat Gastineau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Selat Gastineau, Juneau, Alaska

Selat Gastineau adalah sebuah selat yang memisahkan Pulau Douglas dengan kota Juneau di daratan Alaska, walaupun saat ini terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan kedua tempat tersebut.

Selat ini dapat dilalui oleh kapal-kapal besar dari arah tenggara hingga ke Jembatan Juneau-Douglas. Sementara itu, perairan di antara jembatan ini dan Bandar Udara Internasional Juneau hanya dapat dilewati oleh kapal-kapal yang lebih kecil pada saat pasang. Selat ini menjadi semakin sulit untuk dilalui akibat kedalamannya yang semakin dangkal. Dua penyebab utamanya adalah isostatic rebound yang diakibatkan oleh menyusutnya gletser, serta sedimentasi di Selat Gastineau akibat sedimen-sedimen yang berasal dari Gletser Mendenhall dan Sungai Mendenhall.

Orang Eropa pertama yang menemukan selat ini adalah Joseph Whidbey pada Agustus 1794.[1] Kemungkinan selat ini dinamai dari John Gastineau, insinyur dan pengukur wilayah asal Inggris.[2][3]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Vancouver, George, and John Vancouver (1801; vols. I-VI). A voyage of discovery to the North Pacific ocean, and round the world. London: J. Stockdale. 
  2. ^ USGS GNIS: Gastineau Channel
  3. ^ http://www.ggsalaska.org Gastineau Genealogical Society