Sel penyaji antigen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Presentasi antigen merangsang sel T untuk menjadi sel sitotoksik CD8+ atau sel pembantu CD4+. 

Sel penyaji antigen (APC) atau sel aksesoris adalah sel-sel yang menyajikan antigen yang membentuk kompleks dengan MHC pada permukaan mereka; proses ini dikenal sebagai presentasi antigen. Sel T dapat mengenali kompleks ini menggunakan reseptor sel T (TCR). Sel-sel ini memproses antigen dan menyajikannya ke sel T.[1]

APC profesional yaitu sel dendritikmakrofag, dan sel B yang menyajikan antigen untuk sel T pembantu, sementara jenis sel yang lain menyajikan antigen ke sel T CD8+.[2] Selain menggunakan protein MHC, presentasi antigen juga mengandalkan molekul sinyal yang lain yang terdapat pada permukaan APC atau sel T. 

Sel penyaji antigen penting untuk respon imun adaptif yang efektif. Presentasi antigen mengizinkan spesifitas dari imunitas adaptif dan bisa berkontribusi untuk respon imun terhadap patogen intraseluler dan ekstraseluler. Hal ini juga terlibat dalam pertahanan terhadap tumor. Beberapa terapi kanker melibatkan APC tiruan untuk memulai sistem imun adaptif pada sel malignan target.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.uptodate.com/contents/antigen-presenting-cells
  2. ^ Vyas JM, Van der Veen AG, Ploegh HL (2008). "The known unknowns of antigen processing and presentation". Nat Rev Immunol. 8 (8): 607–18. PMC 2735460. PMID 18641646. doi:10.1038/nri2368.