Sekte Diancang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sekte Diancang (Hanzi: 點蒼派) merupakan sekte seni bela diri fiksi yang sering disebutkan dalam karya fiksi wuxia.[1] Sekte ini dinamai berdasarkan tempat di mana sektenya berada, karena letaknya di Gunung Cang (juga dikenal sebagai Gunung Diancang) di Dali, Yunnan.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sekte Diancang sering muncul dalam novel Gu Long, Wen Ruian, dan juga dalam novel Kronik Sang Pengembara karya Liang Yusheng, namun jarang disebutkan dalam novel Jin Yong, karena pada era Tianlong Babu, Gunung Diancang adalah bagian dari Kerajaan Dali oleh rezim asing, sebagian besar peran generasi selanjutnya dari Sekte Diancang didominasi oleh keluarga Liu.

Anggota Sekte Diancang jarang mengunjungi sungai dan danau, dan karena terletak di tempat terpencil, mereka jarang berkomunikasi dengan sekte wulin Dataran Tengah, sehingga hanya ada sedikit catatan mengenai mereka. Sekte Diancang juga merupakan salah satu dari "Tujuh Sekte Besar" dalam novel Gu Long.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 谢燕辞 (2004). 完全武林门派手册. 新世界出版社. hlm. 50–52. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-17. Diakses tanggal 2015-05-15. 
  2. ^ 周一 (30 April 2014). 在雲之南:從大理、麗江到香格里拉. 博悦文化出版. hlm. 73–74. ISBN 978-986-201-907-8.