Sekte Shaolin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sekte Shaolin
Hanzi: 少林派

Sekte Shaolin adalah sekte seni bela diri fiksi yang disebutkan dalam beberapa karya fiksi wuxia. Sekte ini adalah salah satu sekte faksi keadilan terbesar dan paling terkenal di wulin (komunitas seniman bela diri). markas mereka berada di Biara Shaolin, Henan, Tiongkok . Kadang-kadang mereka juga disebut sebagai "Kuil Shaolin" dan bukan "Sekte Shaolin".

Selain memainkan peran sebagai sekte faksi keadilan terkemuka di wulin dalam novel wuxia, Shaolin juga ditampilkan dalam film budaya populer dan seni bela diri seperti The 36th Chamber of Shaolin (1978), Shaolin Temple (1982), dan Shaolin (2011) . Sekte ini juga identik dengan seni bela diri Tiongkok karena disebutkan dalam cerita wuxia sebagai cikal bakal dari semua seni bela diri Tiongkok. Sekte ini terkenal di seluruh dunia karena Kung Fu Shaolin yang terkait dengan biara.

Anggota sekte ini sebagian besar adalah biksu Buddha dan hanya ada sedikit yang bukan biksu dan disebut sebagai "anggota sekuler" (俗家弟子).[1][2] Selain pelatihan seni bela diri, para biksu juga mengikuti adat istiadat dan praktik Buddha.

Sekte Shaolin didirikan pada periode Lima Dinasti dan Sepuluh Negara oleh biksu Buddha Bodhidharma,[3] yang ingin para pengikutnya berlatih seni bela diri untuk meningkatkan kesehatan, dan pertahanan diri, serta menegakkan keadilan dan menolong yang lemah. Anggota Sekte Shaolin diharapkan mengikuti kode etik Buddha selain memiliki penguasaan seni bela diri yang baik.

Sekte ini dipimpin oleh kepala biara (方丈; fāngzhàng). Anggota Sekte Shaolin diberi peringkat berdasarkan generasi. Setiap anggota generasi tertentu memiliki awalan sebelum nama Buddhisnya untuk menunjukkan posisinya dalam hierarki. Dalam Pendekar Negeri Tayli, generasi yang paling senior adalah generasi Xuán (</link>) . Kepala biaranya adalah Xuanci dan biksu senior seperti Xuanji, Xuannan, Xuandu, dan Xuanku juga memiliki awalan Xuán di nama mereka. Salah satu dari tiga protagonis novel tersebut, Xuzhu, berasal dari generasi (), yaitu dua generasi setelah generasi Xuán.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cha, Louis. The Smiling, Proud Wanderer (笑傲江湖). Ming Pao, 1967.
  2. ^ a b Cha, Louis. Demi-Gods and Semi-Devils (天龍八部). Ming Pao, 1963.
  3. ^ Cha, Louis. The Heaven Sword and Dragon Saber (倚天屠龍記). Ming Pao, 1961.