Sekolah Tinggi Teologi Palembang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sekolah Tinggi Teologi Palembang
Sekolah Tinggi Teologi Sriwijaya
STT Palembang.jpg
Didirikan2005 (2005)
JenisPerguruan Tinggi Swasta
LokasiJalan Urip Sumoharjo No.42
Palembang 30118
, Sumatera Selatan, Indonesia
JulukanSTT Palembang
Situs webwww.sttpalembang.ac.id

Sekolah Tinggi Teologi Palembang (STT Palembang) adalah sebuah sekolah tinggi teologi Kristen yang berlokasi di Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Merupakan perguruan tinggi teologi pertama di Palembang, Indonesia.

[1] STT Palembang didirikan oleh tiga Sinode Gereja anggota [2] PGI yang berada di Sumatera Bagian Selatan, yaitu GKSBS, GEKISIA, GKII, dan lembaga misi IMAPCK. Pada tanggal 4 Juni 2002 keempat lembaga tersebut mendirikan Yayasan Mitra Sriwijaya (YMS) sebagai penyelenggara [1] STT Palembang. [1] STT Palembang berdiri dan diresmikan pada tanggal 02 Agustus 2005.

Tentang STT Palembang[sunting | sunting sumber]

STT PALEMBANG Mewujudkan hamba Tuhan sebagai pelayan gereja yang mampu menerapkan dan mengembangkan hasil pembelajaran serta kekayaan intelektual ditengah-tengah gereja dan masyarakat, dalam tuntunan kedewasaan spiritual dan kepribadian. Lokasi kampus STT Palembang berada di Jalan Boom Pecah, Desa Pangkalan Benteng, Kabupaten Banyuasin, Propinsi Sumatera Selatan. Dengan waktu tempuh sekitar 50 menit dari pusat kota Palembang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

STT Palembang juga merupakan wujud nyata panggilan dan bagian pelayanan Tuhan dalam bidang pendidikan teologi yang bertujuan membentuk, dalam arti kata membina, melatih, mengajar dan melengkapi hamba-hamba Tuhan yang terpanggil untuk memuliakan nama-Nya. Didirikan atas panggilan Amanat Agung Yesus Kristus yang menjanjikan keselamatan dan damai sejahtera dengan menjadikan orang yang percaya itu murid-murid-Nya dan mengajak mereka melakukan segala sesuatu, berbuah dan menghasilkan sesuai kehendak-Nya ( Matius 28:19-20 ), serta sesuai juga dengan misi Yayasan Mitra Sriwijaya

Di tengah kepelbagian pergumulan masyarakat Indonesia, khususnya umat Kristiani yang diharapkan menjadi garam dan terang di tengah-tengah tantangan sosial masyarakat yang heterogen, didorong oleh kesadaran panggilan di atas, maka didirikanlah Yayasan Mitra Sriwijaya (YMS) sebagai lembaga penyelanggara pendidikan Sekolah Tinggi Teologi Palembang (STTP).

STT Palembang diresmikan pada tanggal 02 Agustus 2005. Semula didirikan dan didukung oleh 3 sinode gereja anggota Persekutan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) yang berada diwilayah Sumatera Bagian Selatan. Ketiga sinode tersebut adalah Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSBS), Gereja Kristen Injili di Indonesia (GEKISIA) dan Gereja Kristen Injili Indonesia(GKII); bekerja sama dengan badan misi Korea, yaitu IMPACK. STT Palembang juga merupakan wujud nyata panggilan dan bagian pelayanan Tuhan dalam bidang pendidikan teologi yang bertujuan membentuk, dalam arti kata membina, melatih, mengajar dan melengkapi hamba-hamba Tuhan yang terpanggil untuk memuliakan nama-Nya. Didirikan atas panggilan Amanat Agung Yesus Kristus yang menjanjikan keselamatan dan damai sejahtera dengan menjadikan orang yang percaya itu murid-murid-Nya dan mengajak mereka melakukan segala sesuatu, berbuah dan menghasilkan sesuai kehendak-Nya ( Matius 28:19-20 ), serta sesuai juga dengan misi Yayasan Mitra Sriwijaya

Pernyataan iman[sunting | sunting sumber]

  • Allah Bapa sebagai pencipta langit dan bumi beserta isinya. Allah yang Esa dalam Ketritunggalan yang Esa.
  • Yesus Kristus adalah Allah sejati dan manusia sejati, sempurna, tak berdosa tetapi rela mati untuk menanggung dosa umat manusia, dikuburkan dan bangkit kembali pada hari ketiga naik ke surga dan akan turun dari sana, kembali menghakimi seluruh umat manusia.
  • Keselamatan manusia hanya diperoleh karena Anugerah Allah semata- mata melalui pengorbanan dan penebusan Yesus Kristus.
  • Roh Kudus adalah penolong, memimpin kepada kebenaran, memberi kuasa untuk menyaksikan Yesus Kristus.
  • Alkitab yaitu Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru adalah Firman Allah.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

S1 Teologi kependetaan[sunting | sunting sumber]

STT Palembang menyelenggarakan program studi teologi kependetaan dengan gelar Sarjana Theologia (S.Th.)

Lama Studi[sunting | sunting sumber]

Program studi dirancang untuk ditempuh selama 5 tahun. Setiap mahasiswa akan menempuh perkuliahan selama 7 semester, kemudian dilanjutkan dengan Praktik Lapangan selama 2 semester dan semester akhir digunakan untuk penulisan tugas akhir (skripsi).

Praktik Pelayanan[sunting | sunting sumber]

Setiap mahasiswa diwajibkan melaksanakan praktik pelayanan, yang meliputi :

  • Pelayanan week-end. Mahasiswa semester tiga keatas diwajibkan untuk melaksanakan pelayanan pada hari Sabtu – Minggu di gereja atau lembaga pelayanan lainnya disekitar Palembang dan Kampus.

Praktik Pelayanan dua bulan[sunting | sunting sumber]

Pelayanan ini dilaksanakan oleh mahasiswa semester empat dan enam pada masa libur antar semester (bulan Juni-Juli) setiap tahunnya.

Praktik pelayanan satu tahun[sunting | sunting sumber]

Pelayanan ini diwajibkan bagi mahasiswa semester 8-9. Selama dua semester mahasiswa melayani di gereja atau lembaga yang telah ditentukan dengan beban 6 SKS.

Gereja-gereja Pendukung[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Situs STT Palembang
  2. ^ Didirikan oleh Tiga Anggota Sinode Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]