Sejauh Kumelangkah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Sejauh Kumelangkah (Bahasa Inggris: How Far I'll Go) adalah sebuah film dokumenter pendek Indonesia tahun 2019 yang disutradarai oleh Ucu Agustin. Film ini meraih Piala Citra untuk Film Dokumenter Pendek Terbaik pada Festival Film Indonesia 2019.[1] Pada 18 November 2020, diluncurkan versi Audio Description (Deskripsi Audio) dan Closed Caption (Teks Tertutup) dari film ini sehingga bisa dinikmati penonton tunanetra dan tuli.[2]

Sejauh Kumelangkah
SutradaraUcu Agustin
ProduserUcu Agustin
Perusahaan
produksi
Di Rantau Production

Gambar Bergerak

IF/Then Tribeca Film Institute
Tanggal rilis
6 September 2019
Durasi34 menit
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia, Inggris

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film ini berkisah tentang Andrea dan Salsa, dua remaja tunanetra yang tinggal di dua negara, Amerika Serikat dan Indonesia. Mereka buta sejak lahir. Mereka pertama kali bertemu di taman kanak-kanak yang sama untuk tunanetra. Pada usia lima tahun, keluarga Andrea pindah dari Jakarta ke Virginia, Amerika Serikat, untuk mengejar masa depan yang lebih baik lagi untuk buah hati mereka. Sementara itu, Salsa menetap di Jakarta.

Menjelang masa dewasa, kedua gadis ini mencari kekuatan dalam persahabatan masa kecil mereka untuk berbagi gagasan yang serupa mengenai masa depan, yaitu mencapai kemandirian sehingga dapat mempersiapkan diri untuk kehidupan yang lebih baik.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Liputan6.com (2019-11-12). "Nominasi FFI 2019 Diumumkan, Simak Daftar Lengkapnya". liputan6.com. Diakses tanggal 2021-06-10. 
  2. ^ P., Cheta Nilawaty (2020-11-22). "Film Sejauh Kumelangkah Kini Hadir dengan Format Inklusif". Tempo.co. Diakses tanggal 2021-06-10. 
  3. ^ Indonesia, C. N. N. "Sinopsis Sejauh Kumelangkah, Kisah Sepasang Sahabat Tunanetra". hiburan. Diakses tanggal 2021-06-10. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Trailer resmi