Sejarah Permias

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

1961 - 1986[1][sunting | sunting sumber]

PERMIAS, atau lebih dikenal dengan nama Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat, didirikan pada tanggal 24 Desember 1961 di Washington, DC., saat diadakannya Kongres PERMIAS I. Terpilih sebagai Ketua Umum PERMIAS yaitu Sdr. Janner Sinaga (almarhum) dari George Washington University. Pada waktu itu juga diputuskan untuk melebur semua organisasi pelajar yang ada di Amerika Serikat menjadi PERMIAS (Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat). Maka bersatulah PERSI (Persatuan Siswa Indonesia) yang berkedudukan di Washington, DC., PERPINDO (Persatuan Pelajar Indonesia) di New York, PERMABA (Persatuan Mahasiswa Pantai Barat) di San Francisco, PMIM (Persatuan Mahasiswa Indonesia di Midwest) di Chicago, PERWILA (Persatuan Warga Indonesia di Los Angeles) dan Indonesian Club di Bloomington, Indiana. Bentuk organisasi saat itu diberi nama BADAN KOORDINASI PUSAT dengan memiliki Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PERMIAS.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada pertengahan tahun 1963, sesuai dengan isi Anggaran Dasar PERMIAS tahun 1961, diadakan Kongres PERMIAS II di Bloomington, Indiana, dan Sdr. Janner Sinaga (almarhum) kembali terpilih sebagai Ketua Umum. Bentuk organisasi meneruskan periode sebelumnya.

Pada Kongres PERMIAS III yang diadakan pada tahun 1966 di San Francisco, terpilih Sdr. Tony Agus Ardie dari Stanford University sebagai Ketua Umum PERMIAS yang baru. Sedangkan sebagai Wakil Ketua Umumnya adalah Sdr. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti.

Setelah itu, dalam Seminar PERMIAS pada musim panas tahun 1968 di San Francisco, dimana seminar tersebut berubah menjadi Kongres PERMIAS, terpilih Sdr. Ramzy Tajuddin dari San Francisco sebagai Ketua Umum PERMIAS masa bakti berikutnya.

Kongres yang menurut kebiasaan diselenggarakan sekali dalam 2 tahun tidak terselenggara. Sementara itu, periode kepengurusan yang harusnya berlaku untuk 2 tahun, karena tidak terselenggaranya Kongres, berlanjut sampai 2 tahun lagi di bawah kepemimpinan Sdr. Ramzy Tajuddin hingga dia meninggalkan Amerika Serikat karena telah menyelesaikan studinya. Jadi periode kepengurusannya adalah dari tahun 1968 hingga tahun 1973.

Selama kurang lebih delapan belas (18) tahun terjadi kevakuman di tingkat nasional, hingga akhirnya, atas usul rekan-rekan dari PERMIAS Hawaii dan PERMIAS New York, maka diadakanlah Kongres PERMIAS V di Washington, DC. Kongres PERMIAS V ini diselenggarakan pada tanggal 13-15 Juni 1986. Bentuk organisasi saat itu diberi nama BADAN KOORDINASI dengan hanya memiliki Anggaran Dasar PERMIAS.

Pada acara yang sama, peserta Kongres PERMIAS V meminta Bapak DR. Janner Sinaga (almarhum), Ketua Umum ALUMNAS (Perhimpunan Alumni dari Amerika Serikat), untuk menciptakan lagu "Mars PERMIAS" yang saat itu disetujui oleh dia, dan pada malam penutupan, lagu tersebut dinyanyikan oleh dia.

Sumber Bacaan untuk periode 1961-1986[sunting | sunting sumber]

  • "Latar Belakang Perkembangan dan Perjuangan Organisasi Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (PERMIAS)" yang disusun oleh Tim Penulis "ALUMNAS" di bawah pimpinan Tony Agus Ardie. Buku ini diterbitkan oleh Percetakan Negara RI, Jakarta, 1989.
  • Makalah Bapak DR. Janner Sinaga yang berjudul "Mengembangkan Potensi Kerjasama Permias-Alumnas Dalam Rangka Pengabdian Bagi Bangsa dan Negara", yang disampaikan pada acara Kongres dan Seminar PERMIAS di Houston, Texas, tahun 1993.
  • Penuturan Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Bapak Prof. Dr. Dorodjatun Kuntjoro-Jakti, di sela-sela acara Seminar Sehari yang diselenggarakan oleh PERMIAS New York City, NY pada tanggal 11 April 1998.
  • Surat Pemberitahuan Kongres dari Panitia Kongres Mahasiswa Indonesia se Amerika Serikat 1986, PERMIAS Washington, DC. No. 03/A/K-P/Pan/1986 tertanggal 21 Februari 1986.

Mars Permias[sunting | sunting sumber]

Pencipta Lagu dan Syair: Dr. Janner Sinaga

PERMIAS Jaya PERMIAS Maju
PERMIAS Semua Bersatu
Menuntut Ilmu Untuk Berbakti
Bagi Bangsa dan Ibu Pertiwi
Ref: Di Timur Barat dan di Utara
     Di Tengah Selatan Amerika
     Semua PERMIAS Bersatu Padu
     Demi Pengabdian Bersama
PERMIAS Maju PERMIAS Jaya
Mari Kita Terus Bina
Ingatlah Selalu Pada Negara
Indonesia Yang Tercinta

(pertama kali diperkenalkan/dinyanyikan pada Malam Penutupan/Malam Gembira PERMIAS di Marvin Center, George Washington University di Washington, DC., tanggal 15 Juni 1986 oleh pencipta).[2]

1987 - 1995[3][sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1987 di Ames, Iowa, cikal bakal Seminar Nasional PERMIAS lahir. Kelahiran ini dibidani melalui pertemuan pengajian mahasiswa Indonesia se-Midwest.

Pada tahun yang sama, tepatnya bulan Agustus 1987 di Lawrence, Kansas, diadakan acara "Seminar dan Konferensi PERMIAS" yang beragendakan acara presentasi ilmiah hasil penelitian para mahasiswa Indonesia dan juga acara pengajian se-Midwest.

Setahun kemudian, tahun 1988, PERMIAS Madison, Wisconsin, terpilih untuk menyelenggarakan Seminar PERMIAS se-Midwest.

Awal September 1989, Seminar PERMIAS se-Midwest diadakan di Athens, Ohio. (Lihat catatan tambahan I [4])

Setelah empat tahun berlalu, maka Kongres PERMIAS VI kembali diselenggarakan dari tanggal 4-6 Mei 1990 di Los Angeles, California. Terpilih saat itu 7 orang presidium PERMIAS yang terdiri dari:

  1. Andreas M Dewatmoko sebagai wakil dari San Francisco, California.
  2. Mohammad R Hutasuhut sebagai wakil dari Washington, DC.
  3. Nur A Fadhil Lubis sebagai wakil dari Los Angeles, California.
  4. Ujang Sumarwan sebagai wakil dari Chicago, Illinois.
  5. Al-Ghozie Usman sebagai wakil dari New York, New York.
  6. Lutfi Firdaus sebagai wakil dari Panitia Pengarah.

Bentuk organisasi saat itu diberi nama FORUM KOMUNIKASI dengan memiliki Anggaran Dasar PERMIAS dan Pedoman Penyusunan Anggaran Dasar Rumah Tangga PERMIAS.

Pada acara yang sama, Kongres PERMIAS 1990, cikal bakal resmi Jaringan Komunikasi PERMIAS lahir. Jaringan Komunikasi ini didirikan oleh Al-Ghozie Usman dan Boy Hermansyah, yang nantinya, sejak bulan September 1992 dihadiahkan oleh pengurus PERMIAS Syracuse, New York, kepada seluruh perwakilan PERMIAS atau kelompok mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat. Pada perkembangan selanjutnya, jaringan ini sudah bisa dilanggan oleh siapa saja di seluruh dunia untuk bergabung dengan PERMIAS Net.

Juga pada tahun yang sama (1990) diselenggarakan Seminar PERMIAS se-Midwest di Lexington, Kentucky.

Barulah pada tanggal 30 Agustus - 1 September 1991 di Iowa State University, Ames, Iowa, Seminar PERMIAS se-Midwest berubah nama menjadi Seminar PERMIAS se-Amerika Serikat.

Pada tahun 1992, setelah berganti nama, Seminar PERMIAS se-Amerika Serikat diselenggarakan di Pittsburgh, Pennsylvania. (Lihat catatan tambahan II[5])

Untuk pertama kali pada tanggal 27-29 Agustus 1993 di Houston, Texas, diselenggarakan Kongres dan Seminar PERMIAS secara bersamaan. Kongres PERMIAS ini memilih 6 orang anggota FKPN (Forum Komunikasi PERMIAS Nasional) yang terdiri dari:

  1. Dharma Pohan sebagai Koordinator FKPR Houston, Texas.
  2. Pietra Paloh sebagai Koordinator FKPR Los Angeles, California, yang kemudian digantikan oleh Sdr. Achmad Rafiq Kamaluddin, dan akhirnya digantikan lagi oleh Sdr. Chandra Widya Yudha.
  3. Aswin Subroto sebagai Koordinator FKPR San Francisco, California, yang kemudian digantikan oleh Sdr. Bambang Susantono.
  4. Hamid Awaludin sebagai Koordinator FKPR Washington, DC.
  5. Harris Iskandar sebagai Koordinator FKPR New York, New York, yang sampai akhir periodenya belum digantikan secara resmi. (Lihat catatan tambahan III[6])
  6. Wira Putra sebagai Koordinator FKPR Chicago, Illinois, yang sampai akhir periodenya tidak mempunyai pengganti secara resmi.

Bentuk organisasi saat itu terdiri dari:

  • PERMIAS Lokal.
  • Forum Komunikasi PERMIAS Regional (FKPR) yang mengkoordinir PERMIAS Lokal yang berada di wilayah yurisdiksi Perwakilan RI di AS.
  • Forum Komunikasi PERMIAS Nasional (FKPN) yang mengkoordinir FKPR dan PERMIAS Lokal.

Saat itu PERMIAS memiliki Anggaran Dasar PERMIAS[7] dan Anggaran Rumah Tangga Forum Komunikasi PERMIAS[8].

Pada acara yang sama, Kongres dan Seminar PERMIAS 1993, diperkenalkan lagu "Hymne PERMIAS" yang diciptakan oleh salah seorang peserta dari PERMIAS San Diego, California. Secara aklamasi, para peserta Kongres dan Seminar PERMIAS 1993, menyetujui lagu tersebut sebagai "Hymne PERMIAS" mendampingi lagu "Mars PERMIAS".

Pada tanggal 7-9 Oktober 1994, Seminar Nasional PERMIAS diselenggarakan di San Diego, California.

Pada tanggal 20-21 Januari 1995, diselenggarakan "Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Indonesia (LKTIMI) se Amerika Serikat dan Kanada 1995" oleh PERMIAS Massachussetts, MA. Pada perkembangan selanjutnya, kegiatan ini dimasukkan ke dalam Garis Besar Program Kerja PERMIAS periode 1996-1999.

Dan tak lama kemudian, dari tanggal 16-17 September 1995, Seminar Nasional PERMIAS berikutnya diselenggarakan di Cleveland State University, Cleveland, Ohio. Bersamaan dengan acara tersebut, tiga wakil dari PERMIAS se-Bay Area, California, yaitu Bambang Susantono, Billy Muchtar, dan Jimmy Gani, mencalonkan PERMIAS San Francisco, California, untuk menjadi tuan rumah Kongres dan Seminar Nasional PERMIAS 1996. Secara aklamasi, peserta Seminar Nasional PERMIAS 1995 memilih PERMIAS San Francisco.

Sumber bacaan untuk periode 1987-1995[sunting | sunting sumber]

  • Tulisan Wahyu "Wien" Purwinto di PERMIAS Net tanggal 19 Januari 1996.
  • Tulisan Togu Manurung di PERMIAS Net tanggal 19 Januari 1996.
  • Tulisan Abdul Kadir di PERMIAS Net tanggal 5 Oktober 1996.
  • Tulisan Togu Manurung di PERMIAS Net tanggal 19 Januari 1996.
  • Catatan tambahan I diambil dari surat pribadi Wien Purwinto kepada M. Dharma Datubara pada tanggal 27 Februari 1998.
  • Hasil Keputusan Kongres PERMIAS di Los Angeles, California, tahun 1990.
  • Tulisan Wahyu "Wien" Purwinto yang diteruskan oleh Abubakar Alatas di PERMIAS Net tanggal 3 Oktober 1996.
  • Tulisan Togu Manurung di PERMIAS Net tanggal 19 Januari 1996.
  • Tulisan Togu Manurung di PERMIAS Net tanggal 19 Januari 1996.
  • Catatan tambahan II diambil dari surat pribadi Wien Purwinto kepada M. Dharma Datubara pada tanggal 2 Februari 1998.
  • Hasil Keputusan Kongres PERMIAS di Houston tahun 1993.
  • Arsip pribadi M. Dharma Datubara (mengenai pergantian koordinator FKPR).
  • Catatan tambahan III diambil dari surat pribadi R. Urip Purwono kepada M. Dharma Datubara pada tanggal 21 Maret 1998.
  • Arsip pribadi M. Dharma Datubara selama mengikuti Seminar 1993 dan Seminar 1994.
  • "Kerangka Kerja Panitia Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Indonesia (LKTIMI) se-Amerika Serikat dan Kanada 1995" yang dikirimkan oleh koordinator Temu Ilmiah, Joga Dharma Setiawan kepada M. Dharma Datubara.
  • Arsip pribadi M. Dharma Datubara selama mengikuti Seminar 1995.

Hymne Permias[sunting | sunting sumber]

Lyrics by Sally Maitimu (San Diego, 1985-1992) Song by Chris Santoso (San Diego, 1985-1996) Arrange by Titik Hamzah

Tegak berdiri di negri orang. Dibawah naungan lima asas mulia. Berpayung dwi warna merah putih. Menjalin rantai persaudaraan.

Berbusana ciri suatu bangsa. Dibawah panji Indonesia tercinta. Setia berkawan teguh bersatu. Menjalankan tuntutan sejati.

Kita punya tujuan bersama menuntut ilmu. Kita punya harapan membangun ibu pertiwi. Kita punya pegangan Yang Esa Yang Penyayang.

Permias majulah... tetaplah melangkah pasti. Permias majulah... lambang persatuan kita. Permias majulah... Tanah Air menanti.

(Added by Chris Santoso. Contact: csantoso@hotmail.com)

1996 - 1999[9][sunting | sunting sumber]

Kongres dan Seminar Nasional PERMIAS 1996 diselenggarakan dari tanggal 30 Agustus - 2 September 1996 di San Francisco, California. Bentuk organisasi saat ini diberi nama Forum Komunikasi PERMIAS yang terdiri dari komisi-komisi kerja yang dibentuk sesuai dengan Garis Besar Program Kerja yang ditetapkan dalam Kongres. Saat ini PERMIAS memiliki Anggaran Dasar PERMIAS dan penyusunan Anggaran Rumah Tangga PERMIAS diserahkan kepada masing-masing PERMIAS sesuai dengan situasi dan kondisi setempat. Dan untuk pertama kalinya, Laporan Pertanggungjawaban FKPN periode 1993-1996, yang dibacakan oleh Sdr. Dharma Pohan, disampaikan kepada para peserta Kongres PERMIAS 1996 dan setelah mengalami kebuntuan hingga tengah malam, barulah keesokan harinya diterima oleh peserta Kongres PERMIAS 1996.

Pada acara yang sama, Kongres dan Seminar Nasional PERMIAS 1996, untuk pertama kalinya diadakan Job Fair atau Bursa Kerja PERMIAS.

Berdasarkan Keputusan Kongres No. 3/KONGRES PERMIAS/SF/IX/1996 tentang Garis Besar Program Kerja PERMIAS periode 1996-1999 dalam Lampiran butir 5 a, maka pada tanggal 11 Maret 1997 lahirlah Homepage Resmi PERMIAS (www.permias.org - sekarang tidak aktif) sebagai Pusat Informasi PERMIAS yang dikoordinir oleh PERMIAS Washington, DC. (Lihat catatan tambahan IV [10])

Berdasarkan Keputusan Kongres No. 3/KONGRES PERMIAS/SF/IX/1996 tentang Garis Besar Program Kerja PERMIAS periode 1996-1999, PERMIAS Hawaii terpilih dan telah menyatakan kesediaannya menjadi tuan rumah Seminar Nasional PERMIAS 1997. Namun pada tanggal 26 Februari 1997 PERMIAS Hawaii menyatakan tidak dapat melanjutkan mandat Kongres sebagai penyelenggara Seminar Nasional PERMIAS 1997. Maka, pada tanggal 3 April 1997, M Dharma Datubara, wakil dari PERMIAS South Florida, mengeluarkan surat pernyataan di PERMIAS Net, yang menyatakan PERMIAS South Florida bersedia menjadi calon tuan rumah Seminar Nasional PERMIAS 1997. Pada perkembangan selanjutnya, PERMIAS Stillwater, Oklahoma, juga mencalonkan diri, sehingga diadakan pengumpulan pendapat di PERMIAS Net untuk menentukan tuan rumah Seminar Nasional PERMIAS 1997.

Pada tanggal 14-20 Mei 1997 untuk pertama kalinya diadakan pengumpulan pendapat di PERMIAS Net untuk menentukan tuan rumah Seminar Nasional PERMIAS 1997 antara PERMIAS Stillwater, Oklahoma dengan PERMIAS South Florida, Florida. Akhirnya, PERMIAS South Florida, Florida, terpilih secara resmi sebagai tuan rumah Seminar Nasional PERMIAS 1997 dengan suara terbanyak untuk menggantikan PERMIAS Hawaii yang mengundurkan diri.

Pada tanggal 10-12 Oktober 1997 diselenggarakan Seminar Nasional PERMIAS 1997 di Fort Lauderdale, Florida. Dalam acara pembukaan diadakan hening cipta sejenak mengenang Bapak DR. Janner Sinaga, Ketua Umum PERMIAS yang pertama, yang baru saja meninggal dunia di tanah air. Bersamaan dengan acara tersebut juga diselenggarakan: a) Bursa Kerja dan b) Pameran Kegiatan Antar PERMIAS. Pameran ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang kegiatan-kegiatan PERMIAS setempa dalam bentuk foto, poster, tayangan tentang kota, objek wisata, dan perusahaan2 di sekitar PERMIAS tersebut., dan tak lupa pula informasi mengenai beasiswa. Pameran ini sama sekali tidak mengeluarkan biaya banyak, kecuali panitia hanya menyediakan bangku, meja dan karton untuk penempelan informasi-informasi tersebut diatas.

Juga dalam acara yang sama, terpilih dua calon tuan rumah Seminar Nasional PERMIAS 1998 yaitu PERMIAS Chicago, Illinois, dan PERMIAS Oklahoma City, Oklahoma. Disamping itu, untuk memenuhi Keputusan Kongres No. 4/KONGRES PERMIAS/SF/IX/1996 mengenai Anggaran Dasar PERMIAS yang tercantum dalam BAB VIII Pasal 18 Anggaran Dasar PERMIAS, terpilih Anggota Komisi Program Kerja PERMIAS yang terdiri dari:

  1. Agus P. Sari (PERMIAS Berkeley, California)
  2. Ahmad Syamil (PERMIAS Toledo, Ohio)
  3. Ari Slamet Budi Rahardjo (PERMIAS Atlanta, Georgia)
  4. Bambang Susantono (PERMIA Berkeley, California)
  5. Firdaus Ali (PERMIAS Wisconsin)
  6. Marianus Dharma Datubara (PERMIAS South Florida, Florida)
  7. Okki Senobroto (PERMIAS Washington, DC sebagai wakil dari webmaster homepage resmi PERMIAS)
  8. Sumedi P. Nugraha (PERMIAS Tallahassee, Florida)

Pada perkembangan selanjutnya, anggota Komisi Program Kerja PERMIAS bertambah dengan kehadiran:

  1. Ibnu Hidayat (PERMIAS Stillwater, Oklahoma)
  2. Pandu Riono (PERMIAS Los Angeles, California)
  3. Syafri Afriansyah (PERMIAS Syracuse, New York, sebagai wakil dari PERMIAS Net) yang kemudian digantikan oleh Agus Nazaruddin (juga wakil dari PERMIAS Net)
  4. Riza Hamzah (PERMIAS Troy, New York)
  5. Vincent Sitindjak (PERMIAS Norman, Oklahoma)

Pada tanggal 29 Oktober-5 Desember 1997 untuk pertama kalinya lewat PERMIAS Net diadakan pengumpulan dana secara virtual atau "Dana Kemanusiaan PERMIAS" untuk membantu saudara-saudaranya yang menderita kelaparan di Pulau Irian Jaya. Kegiatan sosial yang dikoordinir oleh PERMIAS Syracuse dan difasilitator oleh Komisi Program Kerja PERMIAS ini berhasil mengumpulkan dana sebesar $8,200.44 (delapan ribu dua ratus dolar dan empat puluh empat sen) dan Rp. 150,000.00 (seratus lima puluh ribu rupiah). Tepat pada tanggal 16 Januari 1998, PERMIAS, yang diwakili oleh Jimmy Gani (PERMIAS San Francisco, California) dan Riza Hamzah (PERMIAS Troy, New York), menyerahkan bantuan tersebut kepada Bapak Menteri Koordinasi Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) selaku Ketua BAKORNAS (Badan Koordinasi Penanggulangan Bencana Nasional).

Tim Dana Kemanusiaan PERMIAS terdiri dari:

  1. Riza Arfani dari PERMIAS Syracuse, New York, selaku koordinator, dan dibantu dengan rekan2 pengurus dan anggota PERMIAS Syracuse, New York.
  2. Jimmy Gani dari PERMIAS San Francisco, California, selaku koordinator di Indonesia.
  3. M. Dharma Datubara dari PERMIAS South Florida, selaku anggota.
  4. Okki Senobroto dari PERMIAS Washington, DC, selaku anggota.
  5. Riza Hamzah dari PERMIAS TAS, New York, selaku anggota.
  6. Vincent Sitindjak dari PERMIAS Norman, Oklahoma, selaku anggota.

Pada tanggal 3 Desember 1997, Mohamad Haslim, wakil dari PERMIAS Chicago, Illinois, menyatakan kesediaan PERMIAS Chicago untuk menjadi tuan rumah Seminar Nasional PERMIAS 1998. Tak lama kemudian, pada tanggal 4 Desember 1997, Benny, wakil dari PERMIAS Oklahoma City, Oklahoma, menyatakan pengunduran diri PERMIAS Oklahoma City.

Berdasarkan Keputusan Kongres No. 3/KONGRES PERMIAS/SF/IX/1996 tentang Garis Besar Program Kerja PERMIAS periode 1996-1999, PERMIAS Stanford, California, terpilih dan telah menyatakan kesediaannya menjadi tuan rumah Lomba Karya Tulis Mahasiswa Ilmiah II (LKTMI II) 1997. Namun, pada akhirnya, kegiatan ini diselenggarakan oleh PERMIAS Berkeley dan PERMIAS San Francisco pada tanggal 14 Februari 1998 dengan nama Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Indonesia (LKTIMI) 1998.

Pada tanggal 4 Mei 1998 lahir milis resmi para pengurus PERMIAS yang tersebar di seluruh wilayah Amerika Serikat. Kelahiran milis ini dibidani oleh Okki Senobroto (PERMIAS Washington, DC) dan M Dharma Datubara (PERMIAS South Florida, Florida) yang keduanya merupakan anggota Komisi Program Kerja PERMIAS.

Pada tanggal 14 Mei 1998 Forum Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat yang dikoordinir oleh Komisi Program Kerja PERMIAS mengeluarkan Surat Pernyataan Duka Cita (No: 1/FORUM PERMIAS/V/ 1998) atas meninggalnya para korban perjuangan pro-demokrasi dan pengunjuk keprihatinan di Indonesia.

Pada tanggal 16 dan 17 Mei 1998, Komisi Program Kerja PERMIAS mengkoordinir dikeluarkannya "Surat Pernyataan Sikap PERMIAS" (No. 2/FORUM PERMIAS/V/1998) terhadap situasi negara dan bangsa yang sangat memprihatinkan serta mendesak Presiden Suharto untuk mengembalikan mandat kepemimpinan nasional kepada rakyat Indonesia (dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris).

Pada tanggal 20 Mei 1998, secara serentak, PERMIAS di berbagai wilayah Amerika Serikat mengadakan demo unjuk rasa di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington, DC dan di beberapa Konsulat Jenderal Republik Indonesia yang ada di Amerika Serikat untuk membacakan "Surat Pernyataan Sikap PERMIAS".

Pada tanggal 26 Mei 1998, Riza Hamzah - moderator forum@ untuk bulan Mei 1998 - atas nama Forum PERMIAS dan demi kepentingan organisasi menyatakan PERMIAS Chicago mengundurkan diri sebagai calon tuan rumah Seminar Nasional PERMIAS 1998. Hal ini dilakukan mengingat sejak tanggal 3 Desember 1997 - dimana PERMIAS Chicago resmi menyatakan kesediaannya untuk menjadi tuan rumah Seminar Nasional PERMIAS 1998 - tidak pernah memberi kabar tentang kepastian pelaksanaan Seminar Nasional PERMIAS 1998.

Pada tanggal 28 Juni - 5 Juli 1998 untuk kedua kalinya diadakan pengumpulan pendapat di PERMIAS Net untuk menentukan tuan rumah Seminar Nasional PERMIAS 1998 antara PERMIAS Los Angeles, California; PERMIAS New York State, New York ( terdiri dari PERMIAS New York City, PERMIAS Syrasuse dan PERMIAS TAS) dan PERMIAS Norman, Oklahoma. Akhirnya, PERMIAS New York State, New York, terpilih secara resmi sebagai tuan rumah Seminar Nasional PERMIAS 1998 dengan suara terbanyak untuk menggantikan PERMIAS Chicago yang dinyatakan mengundurkan diri.

Namun, pada tanggal 8 Agustus 1998, Gigin Ridza, atas nama PEMIAS New York City, menyatakan pengunduran diri PERMIAS New York City dari kepanitiaan Seminar Nasional PERMIAS 1998. Kemudian, pada tanggal 23 Agustus 1998, Syafri Afriansyah, atas nama PERMIAS Syracuse, juga menyatakan pengunduran diri PERMIAS Syracuse dari kepanitiaan Seminar Nasional PERMIAS 1998. Dan akhirnya, pada tanggal 24 Agustus 1998, Hafif R. Isna, atas nama PERMIAS TAS (Troy - Albany - Schenectady), juga menyatakan pengunduran diri PERMIAS TAS dari kepanitiaan Seminar Nasional PERMIAS 1998. Dengan demikian, Seminar Nasional PERMIAS 1998 secara resmi dibatalkan pelaksanaannya. Pada perkembangan selanjutnya, ada keinginan untuk mengadakan Seminar Virtual Nasional PERMIAS 1998 namun juga tidak jadi dilaksanakan.

Pada tanggal 12 Juli 1999, PERMIAS Washington, DC., terpilih secara resmi menjadi tuan rumah Kongres dan Seminar Nasional PERMIAS 1999.

Pada tanggal 3-5 September 1999, diselenggarakan Kongres dan Seminar Nasional PERMIAS 1999 di Washington, DC. Bentuk organisasi meneruskan periode sebelumnya.

Sumber bacaan untuk periode 1996-1999[sunting | sunting sumber]

  • Hasil Keputusan Kongres dan Seminar Nasional PERMIAS di San Francisco tahun 1996.
  • Arsip pribadi M. Dharma Datubara selama mengikuti Seminar 1996
  • Hasil Keputusan Kongres dan Seminar Nasional PERMIAS di San Francisco tahun 1996.
  • Tulisan Okki Senobroto di PERMIAS Net tanggal 11 Maret 1997.
  • Tulisan Okki Senobroto di PERMIAS Net tanggal 8 Desember 1997.
  • Hasil Keputusan Kongres dan Seminar Nasional PERMIAS di San Francisco tahun 1996.
  • Tulisan Wakil Ketua PERMIAS Hawaii di PERMIAS Net tanggal 26 Februari 1997.
  • Tulisan M. Dharma Datubara di PERMIAS Net tanggal 3 April 1997.
  • Hasil Keputusan Tim Mediator Pemilihan Tuan Rumah Seminar Nasional PERMIAS 1997 di PERMIAS Net tanggal 23 Mei 1997.
  • Arsip pribadi M. Dharma Datubara selama mengikuti Seminar 1997
  • Tulisan Mohamad Haslim kepada Komisi Program Kerjber 1997.
  • Tulisan Benny kepada Komisi Program Kerja PERMIAS tanggal 4 Desember 1997 yang disampaikan melalui Ahmad Syamil.
  • Tulisan Bambang Susantono di PERMIAS Net selama mengikuti Seminar 1996
  • Tulisan M. Dharma Datubara di Forum@ tanggal 4 Mei 1998.
  • Tulisan M. Dharma Datubara di PERMIAS Net dan Forum@ tanggal 14 Mei 1998.
  • Tulisan M. Dharma Datubara di PERMIAS Net dan Forum@ tanggal 16 dan 17 Mei 1998.
  • Arsip surat-surat di Forum@ selama Kerusuhan Mei berlangsung.
  • Tulisan Riza Hamzah di Forum@ tanggal 24 dan 26 Mei 1998.
  • Tulisan Firdaus Ali, selaku moderator Pemilihan Tuan Rumah Seminar Nasional PERMIAS 1998, di Forum@ tanggal 5 Juli 1999.
  • Tulisan Gigin Ridza di Forum@ tanggal 12 Agustus 1998.
  • Tulisan Syafri Afriansyah di Forum@ tanggal 23 Agustus 1998.
  • Tulisan Hafif R. Isna di Forum@ tanggal 24 Agustus 1998.
  • Arsip surat-surat di Forum@ mengenai Seminar Virtual Nasional PERMIAS 1998.
  • Tulisan Bambang Susantono, atas nama Komisi Program Kerja PERMIAS, di Forum@ tanggal 12 Juli 1999.
  • Hasil Keputusan Kongres dan Seminar Nasional PERMIAS di Washington, DC tahun 1999.

1999 - saat ini[sunting | sunting sumber]

Sekretaris Jendral PERMIAS Nasional[sunting | sunting sumber][sunting | sunting sumber]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Marianus Datubara
  2. ^ Marianus Datubara
  3. ^ Marianus Datubara
  4. ^ Catatan tambahan I: "Perbincangan informal tentang internet, e-mail, dan mailing list sudah mulai digelar di Athens, Ohio, saat Seminar PERMIAS tahun 1989. Saya hadir saat itu sebagai pemimpin rombongan delegasi dari PERMIAS Syracuse. Pada saat saya berbincang dengan Bapak Giri Kartono (sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan saat itu), datanglah utusan dari PERMIAS Hawaii bergabung dengan kami. Utusan ini adalah yang paling gigih bercerita dan mempromosikan perlunya kita punya mailing list nasional. Tetapi, utusan tersebut belum banyak menguasai internet, sedangkan kami yang dari Syracuse sedang mempelajari listserv. Maka, pada tahun 1990 lahirlah permias@survm, dan setahun kemudian, tahun 1991, lahirlah pbdlist@suvm, yang pada tahun 1993 diganti menjadi ids@suvm. Jadi, ide Permias-Net di Athens itu masih kasar. Maka dari itu, cikal bakal informal Jaringan Komunikasi PERMIAS itu dimulai di Athens, Ohio, tahun 1989".
  5. ^ Catatan tambahan II: "Jika saya pernah menyebut kota Pittsburgh, ini artinya mengacu kepada saat lahirnya Forum Komunikasi Internet PERMIAS Net secara resmi. Sidang Pleno penutupan Seminar PERMIAS di kota tersebut dipimpin oleh Al-Ghozie Usman. Pada rapat itulah, Ghozie memutuskan (atas nama PERMIAS Syracuse) untuk menghadiahkan permias@suvm sebagai mailing list PERMIAS Nasional. Di rapat pleno itu pula, sebagian besar delegasi memilih PERMIAS Houston, Texas, sebagai lokasi penyelenggara berikutnya. Itu pun juga karena kampanye yang 'low profile' tapi mantap dari Harun Chaler dan Ahmad Syamil (Utusan PERMIAS Houston, Texas). Saingan waktu itu adalah PERMIAS Massachussetts, dan PERMIAS Cleveland, Ohio".
  6. ^ Catatan tambahan III: "Sesungguhnya Bung Harris Iskandar telah berupaya untuk menunjuk penggantinya. Pada waktu itu yang ditunjuk adalah saya dari Umass-Amherst. Akan tetapi, karena prosedur penunjukkan yang hanya melalui surat itu (dilakukan demikian, karena memang keadaan Bung Harris Iskandar, yang sudah didahului oleh keluarganya kembali ke tanah air pada waktu itu, tidak memungkinkan untuk memakai jalan lain) tidak dikenal dalam tata organisasi PERMIAS, maka timbul banyak ketidaksetujuan yang dilemparkan melalui PERMIAS Net. Saya kemukakan ini untuk menekankan bahwa Bung Harris Iskandar telah berupaya melakukan yang terbaik, Agak kurang adil kalau teman-teman yang lima atau sepuluh tahun yang akan datang membaca sejarah itu mendapatkan kesan bahwa Bung Harris Iskandar meninggalkan tanggung jawabnya begitu saja. Sayalah yang pada saat itu tidak mampu meluruskan dan mencarikan jalan yang arif sehingga persoalannya terselesaikan. Seharusnya, pada saat Bung Harris Iskandar menelepon berkali-kali, saya menyatakan ketidaksediaan saya, mengingat pada tahun-tahun pertama begitu pastilah tugas akademik ditambah pekerjaan sebagai asisten tidak akan memungkinkan saya untuk melakukan sesuatu yang berarti. Dan, Bung Harris Iskandar tidak mengetahui keadaan saya pada waktu itu. Bung Harris Iskandar meminta saya semata-mata hanya karena dia mengetahui bahwa saya mengikuti perkembangan PERMIAS sejak saya di Bloomington dan mengetuai PERMIAS Bloomington, Indiana, tahun 1989-1990".
  7. ^ Anggaran Dasar Permias NO. 4/KONGRES PERMIAS/SF/IX/1996
  8. ^ Anggaran Rumah Tangga Permias NO. 2/TAP/FKPN/VIII/1993
  9. ^ Marianus Datubara
  10. ^ Catatan tambahan IV: "Ide homepage PERMIAS muncul di dalam benak saya kira-kira 4 tahun lalu. Waktu itu saya sedang bekerja di CIS department di VCCS (Virginia Community College System). Salah satu pekerjaan saya waktu itu adalah membuat sebuah database yang akan diakses melalui internet/homepage. Kemudian ada permintaan dari Bapak Subekti, yang pada waktu itu adalah Atase Pendidikan dan Kebudayaan kita di Washington (Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington, DC -red). Ia minta untuk dicarikan statistik mahasiswa Indonesia yang sekolah di Amerika Serikat. Saya bilang, informasi ini agak susah didapat, karena mahasiswanya sangat dinamis, banyak yang pulang dan pergi, namun, kalau kita bisa buat sesuatu melalui internet (WWW) untuk dikumpulkan datanya, kemungkinan informasinya bisa didapat, dan bahkan bisa real-time. Sambil iseng-iseng, dan berpangkal dari dana pribadi, saya dengan izin Ketua PERMIAS Washington, DC, waktu itu, Robby Sukardi, mendaftarkan domain permias.org ke InterNIC untuk digunakan sebagai domain dari homepage PERMIAS Washington, DC yang pada waktu itu belum ada. Lama-lama server kita berkembang. Terima kasih untuk sponsor kita, Louis Larry dari WebIndonesia, yang juga anggota PERMIAS Washington, DC dari University of Maryland, College Park".