Sejarah Mumbai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Templat:Sejarah Mumbai Sejarah Mumbai meliputi pertumbuhan kum,pulan tujuh pulau di pesisir barat India menjadi ibu kota komersial negara tersebut, dan salah satu kota terpadat di dunia. Meskipun tempat tinggal manusia telah ada sejak Zaman Batu, Kolis, sebuah komunitas perikanan Marathi,[1] merupakan pemukim terawal yang diketahui dari kepulauan tersebut. Kekaisaran Maurya memegang kontrol atas kepulauan tersebut pada abad ke-3 SM, dan menjadikannya pusat budaya dan agama Hindu dan Buddha. Kemudian, antara abad ke-2 SM dan abad ke-9 M, kepulauan tersebut berada di bawah kontrol dinasti-dinasti pribumi secara berturut-turut: Satawahana, Abhira, Wakataka, Kalachuri, Konkan Maurya, Chalukya dan Rashtrakuta, sebelum diperintah oleh Silhara dari 810 sampai 1260.

Raja Bhimdev mendirikan kerajaannya di wilayah tersebut pada akhir abad ke-13, dan mengirimkan beberapa pemukim ke kepulauan tersebut. Para penguasa Muslim Gujarat menaklukan kepulauan tersebut pada 1348, dan kemudian diperintah oleh Kesultanan Gujarat dari 1391 sampai 1534. Traktat Bassein antara viceroy Portugis Nuno da Cunha dan Bahadur Shah dari Kesultanan Gujarat membuat kepulauan tersebut berada di bawah kekuasaan Portugis pada 1534.

Kepulauan tersebut mengalami serangan dari Mughal sampai akhir abad ke-17. Pada pertengahan abad ke-18, kota tersebut menjadi kota dagang penting, dengan kontrak-kontrak dagang dengan Mekkah dan Basra. Perkembangan ekonomi dan pendidikan terlihat di kota tersebut pada abad ke-19 dengan jalur kereta pertama di India yang mulai beroperasi antara Mumbai dan wilayah tetangganya Thane pada 1853. Kota tersebut menjadi basis kuat bagi gerakan kemerdekaan India pada awal abad ke-20 dan menjadi episentrum Rowlatt Satyagraha 1919 dan Munitas Angkatan Laut Kerajaan India 1946.[2] Setelah kemerdekaan India pada 1947, teritorial Kepresidenan Bombay dipegang oleh India dan dijadikan Negara Bagian Bombay. Wilayah Negara Bagian Bombay meningkat, setelah beberapa wilayah kerajaan lainnya yang bergabung dengan uni India dimasukkan dalan Negara Bagian Bombay.

Pada 1960, setelah unjuk rasa dari gerakan Samyukta Maharashtra, kota tersebut dimasukkan dalam dominion Negara Bagian Maharashtra yang baru dibuat dari Negara Bagian Bombay.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Topik Mumbai