Scripps National Spelling Bee 2007

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Scripps National Spelling Bee 2007 adalah edisi ke-80 dari penyelenggaraan Scripps National Spelling Bee. Kompetisi ini diadakan pada tanggal 30 Mei hingga 31 Mei 2007.

Partisipan[sunting | sunting sumber]

Sebanyak 286 peserta dari berbagai negara mengikuti kompetisi ini. Berikut ini adalah negara yang mengikuti kompetisi:

Sistem kompetisi[sunting | sunting sumber]

Sistem kompetisi menganut sistem lama, yaitu adanya tes tulis 25 kata. Pembaca kata membacakan kata beserta keterangannya, kemudian dieja peserta di lembar jawaban yang disediakan. Satu kata bernilai satu poin dan digabungkan dengan poin putaran kedua yang bernilai tiga. Peserta dengan nilai tertinggi akan melaju ke babak perempatfinal.

Putaran kedua pada saat itu merupakan putaran lisan. Mulai babak perempatfinal, peserta yang salah mengeja akan langsung tereliminasi sampai menyisakan satu peserta. Satu peserta yang tersisa itu harus mengeja kata terakhirnya dengan benar.

Alur[sunting | sunting sumber]

Putaran pertama dimulai dengan 286 peserta (139 putra dan 147 putri). Kemudian, di putaran kedua, 286 peserta tetap berkompetisi untuk memperebutkan kurang lebih 90 tempat di babak perempatfinal. Mulai babak perempatfinal, satu demi satu peserta berguguran hingga menyisakan 2 peserta: Evan O'Dorney dari Amerika Serikat dan Nate Gartke dari Kanada. Untuk kedua kalinya, perwakilan Kanada lolos ke babak final kompetisi setelah sebelumnya pada tahun 2006. O'Dorney keluar sebagai juara setelah mengeja serrefine dengan benar. Sementara pada putaran sebelumnya, Gartke salah mengeja coryza menjadi choryza.

Kompetisi tahun ini menyisakan 11 putaran dan merupakan salah satu tahun dengan kompetisi terpendek sepanjang masa, sebelum rekor ini dipecahkan pada tahun 2010.

Fakta menarik[sunting | sunting sumber]

  • Tahun 2007 merupakan tahun dengan jalan kompetisi terpendek sepanjang sejarah Scripps National Spelling Bee dengan 11 putaran.
  • Nate Gartke menjadi peserta kedua asal Kanada yang lolos ke babak final, setelah Finola Hackett pada tahun 2006.
  • Kanada menempatkan wakilnya di babak final dua tahun berturut-turut, dan merupakan negara di luar Amerika Serikat pertama yang mencapai prestasi tersebut.

Publisitas[sunting | sunting sumber]

Babak final kompetisi ini disiarkan oleh ABC mulai pukul 20:00 sampai kurang lebih 22:00 waktu setempat.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]