Kanada pada Scripps National Spelling Bee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Perwakilan Kanada di Scripps National Spelling Bee terpilih melalui fase regional Canwest Canspell National Spelling Bee, yang diselenggarakan di 22 kota di seluruh Kanada. Mereka ini juga berkompetisi di kompetisi mengeja se-Kanada yang diselenggarakan di Ottawa.

Prestasi dari tahun ke tahun[sunting | sunting sumber]

2005[sunting | sunting sumber]

11 pemenang kompetisi regional mengikuti kompetisi ini. Hanya 2 peserta yang melaju ke babak semifinal, yaitu Finola Hackett dan Sarah Anderson. Prestasi tertinggi diraih Hackett yang tereliminasi di putaran ke-9 saat salah mengeja nisse.

2006[sunting | sunting sumber]

Jumlah perwakilan Kanada dalam kompetisi ini bertambah, dari 11 menjadi 14. Di antara 14 peserta tersebut, 6 di antaranya melaju ke babak final. Mereka yang lolos adalah:

Di antara 6 peserta tersebut, hanya 1 yang berhasil melaju ke babak final, yaitu Finola Hackett. Hackett menjadi juara kedua setelah salah mengeja weltschmerz. Ini adalah prestasi luar biasa, dan membawa negaranya menjadi runner-up pertama dari luar Amerika Serikat, setelah Jody Anne-Maxwell menjadi juara Scripps National Spelling Bee tahun 1998. Hackett juga mencetak namanya sebagai perwakilan pertama Kanada yang melaju ke babak final.

2007[sunting | sunting sumber]

Jumlah perwakilan Kanada kembali bertambah, dari 14 menjadi 20. Di antara 20 peserta tersebut, hanya 8 peserta dapat melaju ke babak semifinal. Mereka yang lolos adalah:

Setelah babak semifinal berakhir, 3 peserta melaju ke babak final. Mereka yang lolos adalah:

Satu dari mereka, Nate Gartke, melaju ke babak "Grand Final" karena hanya ada 2 orang di babak final: Gartke dan Evan O'Dorney. Setelah babak tersebut berjalan ketat, Nate Gartke menjadi juara kedua karena salah mengeja coryza.[1] Dengan begitu, Gartke menjadi partisipan kedua asal Kanada yang mampu mengulangi prestasi tersebut, terakhir diraih pada tahun 2006.

2008[sunting | sunting sumber]

Jumlah perwakilan Kanada kembali bertambah, dari 20 menjadi 22. Di antara 22 peserta tersebut, 13 peserta melaju ke babak semifinal. Mereka yang lolos adalah:

Tidak satupun di antara mereka lolos ke babak final, karena ada beberapa peserta tereliminasi di putaran ketiga, lalu putaran keempat, dan kemudian, semua peserta asal Kanada yang berada di putaran kelima tereliminasi. Ini adalah kali pertama tidak ada satu wakil asal Kanada yang melaju ke babak final setelah 2005.

2009[sunting | sunting sumber]

Jumlah perwakilan Kanada masih tetap, yaitu 22. Di antara 22 peserta tersebut, hanya 3 peserta dapat melaju ke babak semifinal. Ini adalah jumlah terkecil perwakilan Kanada melaju ke babak semifinal, setelah sebelumnya pada 2005. Berikut ini adalah nama-nama yang lolos:

Kesemuanya tereliminasi pada putaran ke-5 atau putaran kedua semifinal (penyisihan berlangsung 2 babak). Ini adalah kali kedua tidak ada satu wakil Kanada yang melaju ke babak final.

2010[sunting | sunting sumber]

Jumlah peserta di Canwest Canspell National Spelling Bee 2010 hanya berjumlah 21 peserta, dikarenakan CHCH News dijual kepada pihak lain dan juara 2 kali Hamilton, Veronica Penny, berkompetisi di luar kota, Toronto. Hanya 1 peserta mewakili Kanada pada tahun ini, dikarenakan alasan finansial, yaitu juara kejuaraan ini Laura Newcombe. Laura melaju ke babak final (pertama kali sejak 2007), dan tereliminasi di putaran ke-7 (putaran pertama final) dengan salah mengeja confiserie.

2011[sunting | sunting sumber]

Jumlah peserta di Postmedia Canspell National Spelling Bee 2011 kemungkinan berjumlah 21 peserta, dan juara pertama, kedua, dan ketiga, dari kejuaraan tingkat nasional, akan berkompetisi di Scripps National Spelling Bee 2011. Laura Newcombe keluar sebagai juara se-Kanada, disusul dengan Veronica Penny dan Graham Abraham yang keluar sebagai juara kedua dan ketiga. Kemudian, Laura Newcombe dan Veronica Penny masing-masing melaju ke babak semifinal dan kedua-duanya masuk ke babak final. Pada akhirnya, Laura Newcombe keluar sebagai juara kedua setelah salah mengeja sorites setelah 20 putaran. Ia merupakan pengeja pertama asal Kanada yang pernah menjadi juara kedua, setelah Finola Hackett (2006) dan Nate Gartke (2007)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-07-23. Diakses tanggal 2011-01-03. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]