Schlumbergera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Schlumbergera
Schlumbergera Buckleyi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Schlumbergera

Spesies[1][1][2][3]

Schlumbergera merupakan jenis tumbuhan kaktus yang berasal dari perbukitan di sebelah tenggara Brazil.[4] Genus ini memiliki enam spesies lagi di bawahnya. Tidak seperti kaktus yang umum diketahui, Schlumbergera merupakan tumbuhan yang hidup di lingkungan yang lembap dan teduh. Sebagai tumbuhan epifit, ada habitatnya tumbuhan ini dapat ditemukan di dekat pohon-pohon tinggi dan bebatuan.

Schlumbergera memiliki karateristik morfologi yang kecil dan bersegmen. Setiap segmen dari tumbuhan ini ditumbuhi batang hijau selayaknya kaktus. Selain lingkungannya, hal yang membuat Schlumbergera berbeda adalah batangnya yang bergerigi dan tidak ditemukan jarum seperti saudaranya yang tumbuh di daerah kering. Bentuk gerigi Schlumbergera bisa cukup bersudut atau membundar tergantung dari spesiesnya. Tumbuhan ini juga memiliki bunga yang tumbuh pada bagian paling ujung daripada batang. Bunga yang dihasilkan oleh tumbuhan ini terdiri dari beragam warna, yakni: merah, merah muda, oranye, dan banyak ragam warna lainnya. Tumbuhan ini berbunga di berbagai bulan, juga tergantung spesiesnya. Oleh karena bunga dan bentuknya, Schlumbergera cukup terkenal di kalangan pecinta tanaman hias. Nama populer dari tumbuhan ini adalah “holiday cactus”. Jenis Schlumbergera yang paling terkenal adalah Christmas Cactus (Schlumbergera bridgessii) dan Thanksgiving Cactus (Schlumbergera truncata).[5] Tumbuh Schlumbergera yang memanjang (bertambah stem dan batang) membuat tumbuhan ini terlihat seakan tunduk ke bawah ketika batangnya bertambah panjang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Schlumbergera Lem.", Plants of the World Online, Royal Botanic Gardens, Kew, diakses tanggal 2019-06-14 
  2. ^ Hunt, David R.; Taylor, Nigel; Charles, Graham (2006). The New Cactus Lexicon. International Cactaceae Systematics Group. ISBN 0953813444. 
  3. ^ Calvente, Alice; Zappi, Daniela C.; Forest, Félix; Lohmann, Lúcia G. (2011-03-01), "Molecular phylogeny of tribe Rhipsalideae (Cactaceae) and taxonomic implications for Schlumbergera and Hatiora", Molecular Phylogenetics and Evolution, 58 (3): 456–468, doi:10.1016/j.ympev.2011.01.001alt=Dapat diakses gratis, PMID 21236350 
  4. ^ International, Omics (2014). "Schlumbergera". Diakses tanggal 29-11-2019.  [pranala nonaktif permanen]
  5. ^ Vanik, Gail (11-2017). "Unraveling The Mystery of Christmas Cactus". The Journal. Diakses tanggal 29-11-2019.  [pranala nonaktif permanen]