Sauri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikan sauri
Rentang fosil: Miosen–sekarang
Cololabis saira
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Superfamili:
Famili:
Scomberesocidae

Genus[1]

Sauri adalah sebutan untuk ikan dalam famili Scomberesocidae. Hanya terdapat dua genus ikan sauri, dan masing-masing genusnya juga hanya berisi dua spesies saja. Nama Scomberesocidae berasal dari kata dalam bahasa Yunani yakni skombros ("makerel") dan kata Latin esox ("Pike").[2]

Ikan ini merupakan ikan bentopelagik laut yang hidup di perairan tropis dan sedang. Ikan ini sering melompat saat berenang di dekat permukaan, meluncur di air, mirip seperti Ikan terbang yang sama-sama dari ordo Beloniformes. Rahangnya berbentuk seperti paruh, mulai dari paruh yang panjang dan ramping hingga yang relatif pendek dengan rahang bawah yang hanya sedikit memanjang. Bukaan mulut sauri berukuran kecil dan rahangnya memiliki gigi yang lemah. Ciri yang paling khas dari ikan ini adalah adanya deretan sirip kecil di belakang sirip punggung dan dubur. Ikan ini juga memiliki gelembung renang yang kecil. Sauri dapat tumbuh dengan panjang maksimum sekitar 46 cm, dan yang terkecil yakni Cololabis adocetus yanh hanya berukuran 7,5 cm ketika sudah dewasa.[3]

Beberapa jenisnya dibudidayakan secara komersial sebagai ikan konsumsi, salah satunya yaitu Sauri pasifik yang sering dikonsumsi dalam masakan Jepang dan Korea. Ikan biasanya diolah dengan cara dipanggang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ J. S. Nelson; T. C. Grande; M. V. H. Wilson (2016). Fishes of the World (edisi ke-5th). Wiley. hlm. 369. ISBN 978-1-118-34233-6. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-08. Diakses tanggal 2023-05-11. 
  2. ^ Christopher Scharpf; Kenneth J. Lazara (15 June 2019). "Order BELONIFORMES (Needlefishes)". The ETYFish Project Fish Name Etymology Database. Christopher Scharpf and Kenneth J. Lazara. Diakses tanggal 3 August 2019. 
  3. ^ Collette, B.B.; Parin, N.V. (1998). Paxton, J.R.; Eschmeyer, W.N., ed. Encyclopedia of Fishes. San Diego: Academic Press. hlm. 144. ISBN 0-12-547665-5.