Satyamev Jayate (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Satyamev Jayate
GenreTalk show
PembuatAamir Khan
SutradaraSatyajit Bhatkal
PresenterBharti Airtel
PemeranAamir Khan
Lagu pembukaSatyamev Jayate
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. musim3
Jmlh. episode25
Produksi
ProduserAamir Khan
Kiran Rao
SinematografiBaba Azmi (Studio), Shanti Bhushan Roy (Outdoor), Shibu Prusty (Asosiasi DOP)
Pengaturan kameraMulti-camera
Durasi60–90 menit
Rumah produksiAamir Khan Productions
Rilis asli
JaringanSTAR India Network
Rilis06 Mei 2012 (2012-05-06) –
09 November 2014 (2014-11-09)

Satyamev Jayate (Bahasa Indonesia: Kemenangan Hanya Kebenaran) adalah acara bincang-bincang televisi India yang disiarkan di berbagai saluran dalam Star Network bersama dengan DD National milik Doordarshan.[1] Musim pertama dari acara tersebut ditayangkan perdana pada tanggal 6 Mei 2012 dan menandai debut televisi dari aktor dan pembuat film Bollywood populer Aamir Khan.[2] Musim kedua ditayangkan mulai 2 Maret 2014 [3] dan musim ketiga dimulai pada 5 Oktober 2014.

Acara ini berfokus pada isu-isu sosial sensitif yang lazim di India seperti pembunuhan terhadap janin perempuan, pelecehan seksual terhadap anak-anak, pemerkosaan, pembunuhan demi kehormatan, kekerasan dalam rumah tangga, ketidaktersentuhan, diskriminasi, penerimaan seksualitas alternatif, Maskulinitas beracun, alkoholisme, dan kriminalisasi politik. Hal ini bertujuan untuk menghadirkan pencapaian besar dari orang-orang yang sering luput dari perhatian untuk mendorong penonton mencapai tujuan mereka, apa pun yang terjadi di antaranya. Hal ini juga bertujuan untuk memberdayakan warga negara dengan informasi tentang negara mereka, dan mendesak mereka untuk mengambil tindakan. Meskipun bahasa utama acara ini adalah bahasa Hindi, acara ini disiarkan secara bersamaan dalam delapan bahasa seperti Bengali, Malayalam, Marathi, Tamil dan Telugu, dan diberi subtitle dalam bahasa Inggris, untuk memastikan jangkauan maksimal.

Musim pertama Satyamev Jayate mengumpulkan lebih dari satu miliar tayangan digital dari 165 negara,[4] dengan tanggapan dari pemirsa di banyak negara, terutama negara-negara Asia dan Afrika, termasuk India, China, Djibouti, Seychelles, Sierra Leone, Isle of Man, dan Papua Nugini. Sejumlah 22,3 crore (setara dengan 299 crore atau US$42 juta pada tahun 2023) diterima sebagai sumbangan dari LSM yang ditampilkan pada musim ini. Musim kedua ditonton oleh 600 juta orang India. Penyebab yang diangkat di musim kedua didukung oleh lebih 30 juta orang dan musim ini menghasilkan lebih dari satu miliar tayangan online.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Aamir's 'Satyamev Jayate' to be aired on private channels and DD1 simultaneously". CNN-IBN. 14 April 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 April 2012. Diakses tanggal 14 April 2012. 
  2. ^ "I'm excited about my TV show: Aamir Khan". Hindustan Times. 22 October 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 October 2011. Diakses tanggal 2 April 2012. 
  3. ^ "Satyamev Jayate Season 2 to be commence from March 2". IANS. Biharprabha News. Diakses tanggal 26 January 2014. 
  4. ^ Mehta, Nalin (16 May 2015). "The crisis of TV content". Mint. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]