Saparan Kwagon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Saparan Kwagon adalah salah satu upacara adat istiadat yang diselenggarakan di Dusun Kwagon, Desa Sidorejo, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.[1][2] Upacara adat ini sesuai namanya dilaksanakan pada bulan Sapar.

Tujuan dari Saparan Kwagon yaitu sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rezeki kepada warga setempat yang berprofesi sebagai pengrajin genteng. Selain itu sebagai wujud karena sudah memberikan keselamatan kepada warga dusun Kwagon dalam penggalian tanah untuk bahan baku genteng sehingga terhindar dari bahaya.[2]

Rangkaian acara[sunting | sunting sumber]

Tari Kolosal Dumadining Kwagon menjadi puncak pada acara ini. Dilanjutkan dengan kirab budaya berjalan menuju Bukit Bendo Bakungan Kwagon dari Halaman Dukuh Kwagon.[3] Gunungan yang diarak seperti gunungan lempung, genteng dan hasil bumi seperti sayur-sayuran serta buah-buahan.[2] Setelah kirab selesai kemudian ada pementasan Jathilan Mudho Wiromo.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "SDM - PDSPK". sdm.data.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2021-08-05. 
  2. ^ a b c Pungky Marhendra Putra Perwira, 13512185 (2018-06-25). "REDESAIN KOMPLEK MASJID BESAR JATINOM DENGAN PENDEKATAN INFILL DESAIN UNTUK FASILITAS PENDUKUNG MASJID" (dalam bahasa Inggris). 
  3. ^ a b Liputan6.com (2017-11-11). "Mengenal Pagelaran Saparan Kwagon dari Sleman". liputan6.com. Diakses tanggal 2021-08-05.