Santería

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk lagu Sublime, lihat Santeria (lagu).
Untuk album Marracash dan Guè Pequeno, lihat Santeria (album).
Sebuah upacara Santería yang dikenal sebagai "Cajón de Muertos" di Havana, Kuba, 2011.

Santería, yang juga dikenal sebagai Regla de Ochá , La Regla de Ifá,[1][2] atau Lucumi adalah sebuah agama sinkretis asal Caribbean yang berkembang di Kekaisaran Spanyol pada kalangan keturunan Afrika Barat. Santeria juga merupakan sebuah kata Spanyol yang artinya penyembahan orang-orang suci. Santería dipengaruhi dan bersinkretis dengan Katolik Roma. Bahasa liturgi-nya, sebuah dialek dari bahasa Yoruba, juga dikenal sebagai bahasa Lucumí.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Santería adalah sebuah sistem kepercayaan yang menggabungkan aspek mitologi Yoruba yang dibawa ke Dunia Baru oleh kaum budak Yoruba, bersama dengan tradisi Kristen dan Amerika Asli.[2] Orang Yoruba mempraktekkannya dengan berbagai kebiasaan keagamaan, yang meliputi sistem ilahi untuk berkomunikasi dengan para leluhur dan dewa-dewi, hewan sakral, dan penabuhan drum dan tari-tarian.[3][4] Kebutuhan untuk menyajikan tradisi dan sistem kepercayaan mereka dalam lingkungan kebudayaan beragam di antara kaum budak di Kuba, yang dimulai dari awal 1515, menggabungkan kebiasaan mereka dengan aspek-aspek Katolik Roma.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Santería". Religions of the World. Diakses tanggal January 4, 2009. 
  2. ^ a b "Lucumí Religion". New Orleans Mistic. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 28, 2008. Diakses tanggal January 4, 2009. 
  3. ^ Lois Ritter, Nancy Hoffman (April 18, 2011). Multicultural Health. Jones & Bartlett Learning. p. 268. 
  4. ^ a b Abiola Irele, Biodun Jeyifo, ed. (April 27, 2010). The Oxford Encyclopedia of African Thought, Volume 1. Oxford University Press. p. 305. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

 
Search Wikimedia Commons
   Wikimedia Commons memiliki media  yang berhubungan dengan (kategori):

Bahan pustaka di perpustakaan Anda dan perpustakaan lain tentang Santería