Santa Anzo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Santa Anzo
Lahir1975 (umur 48–49)
Uganda
Tempat tinggalKampala, Uganda
KebangsaanUganda
Warga negaraUganda
AlmamaterProgressive Secondary School
(Diploma Sekolah Tinggi)
Dolphins Fashion College
(Diploma pada Tata Busana)
PekerjaanPerancang busana
Tahun aktif1995 — sekarang
Dikenal atasMode
GelarKepala Tata Busana & Direktur Pengelola Arapapa Fashion House

Santa Anzo (lahir 1975; umur 44–45 tahun) adalah seorang model asal Uganda, fashionista, perancang busana, dan pebisnis. Ia merupakan pendiri, kepala tata busana, dan Direktur Pengelola dari Arapapa Fashion House, berbasis di Kampala, ibu kota Uganda. Ia juga merupakan pendiri dan Presiden dari Uganda International Fashion Week, sebuah pameran mode tahunan.

Latar belakang dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Santa Anzo lahir di Uganda, sekitar tahun 1975. Orang tuanya mengikuti jejak leluhurnya untuk tinggal di Distrik Moyo, di subwilayah Nil Barat Uganda.

Ia belajar di Old Kampala Primary School, sebelum pindah ke Bat Valley Primary School, di mana ia memperoleh Sertifikat Lulus Sekolah Dasar. Untuk studi Level O-nya, Ia masuk ke Madhvani College, di Wairaka, Distrik Jinja. Untuk menyelesaikan studi Level A-nya ia belajar di Porgressive Secondary School, di Bweyogerere, Distrik Wakiso, ia kemudian memperoleh Diploma Sekolah Tinggi. Ia kemudian masuk ke Dolphins Fashion School, di Kampala, di mana ia lulus dengan Diploma pada Tata Busana.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1995, Anzo bekerja sebagai pelayan di Kasino Kampala. Ia juga bekerja sebagai seorang model di tempat yang sama, ia menjadi model ketika tidak bertugas menjadi pelayan. Pada tahun 1999, ia bertemu dengan Sylvia Owori, mereka membentuk Zipers Models, dengan Anzo memanajemen bisnis dan Owori memanajemen talenta peserta. Anzo menjabat sebagai penjual, pelatih model, dan model fesyen. Ia mengelola keuangan, dan melakukan koreografi pada peragaan busana. Ia kemudian keluar dari Ziper Models setelah 16 bulan bekerja disana.

Pada tahun 2001, setelah ia keluar dari Ziper Modelsdan, ia memulai Arapapa. Arapapa berarti kupu-kupu dalam bahasa Madi. 2 tahun kemudian, ia membuat Uganda International Fashion Week.

Ia telah memamerkan desainya di berbagai festival mode, seperti Fashion for Peace, Kenya Fashion Week, Mozambique Fashion Week, Swahili Fashion Week, di Dar-es-Salaam dan Tanzania, Africa Fashion Exchange, di Durban dan Afrika Selatan.

Penghargaan dan kehormatan[sunting | sunting sumber]

  • Posisi kedua pada East African Designer of the Year Award di Swahili Fashion Week, Desember 2012, di Nairobi, Kenya.
  • Pembicara pada Fashionprenuer Summit pertama yang diselenggarakan oleh Abryanz Style & Fashion Awards (ASFAs), Oktober 2018, di Kampala, Uganda.
  • Penghargaan nomor pertama dari Presidential Transformers Appreciation Award