Salib Kepausan Lateran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Salib Lateran
Croce Lateranense

Salib Lateran
Jenis Medali tiga derajat (Emas, Perak, dan Perunggu)[1]
Status Obsolete
Statistik
Ditetapkan pada 18 Februari 1903[2]
Tingkatan
Lebih tinggi Medali Benemerenti
Setara Salib Peziarah Yerusalem
Salib Lauretan

Bilah pita Salib Lateran

Salib Kepausan Lateran (bahasa Italia: Croce Lateranense) adalah medali pengakuan atas prestasi. Medali ini dianugerahkan oleh Kapitel katedral dari Basilika Agung Santo Yohanes Lateran dengan izin dari Takhta Suci.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Salib Lateran ditugaskan oleh Paus Leo XIII, dan dilembagakan pada tanggal 18 Februari 1903. Perbedaan ini dibuat sebagai pengakuan atas jasa, dan dinamai untuk menghormati Basilika St. Yohanes di Lateran di Roma]]. Awalnya, penghargaan ini diberikan atas sumbangan terkait restorasi Basilika Lateran.[2]

Pembagian penghargaan dilanjutkan setelah selesainya proses pemugaran. Paus Paulus VI mengakhiri penganugerahan Salib Lateran pada tahun 1977.[2]

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Dekorasinya terdiri dari salib Yunani yang menampilkan gambar St. Yohanes Penginjil di sebelah kanan, St. Yohanes Pembaptis di sebelah kiri, Santo Petrus di atas, dan Santo Paulus di bagian bawah. Kristus Penebus ditampilkan di tengah salib. Sisi belakang salib diukir dengan nama, dalam Latin, masing-masing santo yang digambarkan (Joanes, Batis, Petrus, Paulus), sebagai serta lambang Kristus (P dan X di dalam lingkaran).

Sebuah tombol yang terletak di atas salib bertuliskan kalimat: Sacrosancta lateranensis ecclesia - omnium urbis et orbis ecclesiarum mater et caput (Gereja Lateran yang sakral dan suci - ibu dan kepala semua gereja di Lateran kota dan dunia).

Medali tersebut dibuat dalam beberapa desain: dengan atau tanpa lingkaran yang berdampingan, serta medali padat dengan relief salib.[2] Pita yang menyertainya berwarna merah dengan garis-garis biru di sepanjang sisinya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Antiques A to Z, HOLY SEE or VATICAN ORDERS - DECORATIONS - MEDALS
  2. ^ a b c d Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama CROCELATERANENSE