Saktia Ari Seno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Saktia Ari Seno
Berkas:Sakti-salman-al-jugjawy.jpg
Latar belakang
Nama lahir Saktia Ari Seno
Asal Bendera Indonesia Yogyakarta, Indonesia
Tahun aktif 1996 - sekarang
Artis terkait Sheila On 7
Situs web http://www.sheilaon7.com

Saktia Ari Seno atau Salman Al Jugjawy biasa disapa Sakti (lahir di Yogyakarta, 14 Juni 1980; umur 37 tahun) adalah seorang musisi dan merupakan mantan gitaris dari grup musik Sheila on 7, ia bertinggi badan 175 cm. Pria yang beragama Islam ini adalah anak kedua dari 3 bersaudara yang mempunyai hobi kesenian. Ia juga pernah kuliah di jurusan Manajemen, STIE YKPN Yogyakarta.

Mengawali karier musik lewat album debut Sheila On 7 (1999), yang dilanjutkan empat album lainnya yang meledak di pasaran, Kisah Klasik Untuk Masa Depan (2000), Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki (2000) (rilis di Malaysia dan Singapura), 07 Des (2002) dan Ost. 30 Hari Mencari Cinta (2003). Sakti bersama empat orang sahabat karibnya, Eross (gitar), Duta (vokal), Adam (bass) dan Anton (drum), adalah ikon penting musik tanah air waktu itu.

Di setiap sudut negeri, lagu-lagu Sheila seperti Sephia, Jadikan Aku Pacarmu, Tunjuk Satu Bintang, Seberapa Pantas, Dan, Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki, dan masih banyak yang lainnya diperdengarkan dan dinyanyikan oleh siapa saja. Kini pemandangan Sakti yang seperti itu tentulah menghadirkan sebuah kontras karena orang-orang mengetahui ia adalah pemetik gitar yang kalem. Perannya menjadi warna tersendiri di panggung mendampingi permainan gitar Eross yang atraktif di setiap show Sheila On 7.

Setelah hengkang dari Sheila On 7 pada tahun 2006, Sakti telah berganti nama menjadi Salman Al Jugjawy yang arti nya Salman dari Jogja. Pada tahun 2010 Sakti sempat mengeluarkan sebuah album religi bertajuk "Selamatkan" dibawah naungan labelnya sendiri yang bernama Al Jugjawy Records.

Setelah 3 tahun berselang, tepatnya pada tanggal 02 Agustus 2013, masih dengan label miliknya, Sakti kembali meluncurkan sebuah album repackage bertajuk "Islam Itu Indah" dengan hits single-nya "Islam Itu Indah" Feat. Yudan. Video klipnya sendiri dibintangi oleh binaragawan terkenal yakni Ade Rai.

Karier[sunting | sunting sumber]