Saki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hector Hugh Munro
Lahir(1870-12-18)18 Desember 1870
Akyab, Burma
Meninggal13 November 1916(1916-11-13) (umur 45)
Beaumont-Hamel, Prancis
Nama penaSaki
PekerjaanPengarang, dramawan
Kebangsaanbangsa Britania

Hector Hugh Munro (18 Desember 1870 – 13 November 1916) atau lebih dikenal dengan nama pena Saki dan juga H. H. Munro adalah penulis berkebangsaan Britania. Cerita-cerita jenaka, nakal, dan kadang mengerikan yang ditulisnya menyindir budaya dan masyarakat era Edward. Ia dipandang sebagai spesialis cerpen dan sering dibanding-bandingkan dengan O. Henry dan Dorothy Parker. Karya-karyanya banyak dipengaruhi oleh Oscar Wilde, Lewis Carroll, dan Kipling, dan dirinya menjadi panutan oleh A. A. Milne, Noël Coward, dan P. G. Wodehouse.[1]

Selain menulis cerpen yang diterbitkan di surat kabar (seperti kebiasaan pada waktu itu, lalu dikumpulkan menjadi beberapa volume), Saki juga menulis naskah sandiwara komplet berjudul The Watched Pot, hasil kerja sama dengan Charles Maude; dua sandiwara satu babak; sebuah studi sejarah The Rise of the Russian Empire (satu-satunya buku yang diterbitkan dengan nama aslinya); sebuah novel pendek The Unbearable Bassington; The Westminster Alice (parodi parlementer dari Alice in Wonderland), dan When William Came dengan subjudul A Story of London Under the Hohenzollerns, sebuah cerita fantasi tentang invasi Jerman ke Britania pada masa depan.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Saki dilahirkan di Akyab, Burma (sekarang Myanmar) ketika Burma masih merupakan bagian dari Imperium Britania. Ayahnya bernama Charles Augustus Munro dan ibunya bernama Mary Frances Mercer (1843–72). Oleh kedua orang tuanya, ia diberi nama Hector Hugh Munro. Ibunya adalah anak dari Laksamana Muda Samuel Mercer. Kemenakannya yang bernama Cecil William Mercer menjadi penulis terkenal dengan nama pena Dornford Yates. Ayahnya adalah inspektur jenderal di Kepolisian Burma.

Pada tahun 1872, ketika pulang ke kampung halamannya di Inggris, ibunya diseruduk seekor sapi hingga syok dan keguguran. Ibunya tidak pernah sembuh dan tidak lama kemudian meninggal dunia.[2] Charles Munro mengirimkan anak-anaknya ke Inggris, termasuk Hector yang masih berusia dua tahun. Hector dan saudara kandungnya dibesarkan oleh nenek dan bibinya di rumah tangga puritan yang ketat.

Hector Munro disekolahkan di Pencarwick School, Exmouth, Devon dan di Bedford School. Pada beberapa kesempatan ketika ayahnya sudah pensiun, Hector bersama saudara perempuannya diajak berwisata oleh ayahnya ke resor dan spa terkenal di Eropa. Pada tahun 1893, Hector mengikuti jejak ayahnya masuk Polisi Maharaja India yang kemudian menugaskannya ke Burma (seperti halnya George Orwell satu generasi berikutnya). Dua tahun kemudian, setelah terjangkit malaria, ia mengundurkan diri dan kembali ke Inggris.

Pada awal Perang Dunia I, umur Hector sudah 43 tahun dan secara resmi sudah terlalu tua untuk memulai dinas militer. Ia menolak penugasan yang diberikan kepadanya dan memilih untuk bergabung dengan resimen kavaleri King Edward's Horse II sebagai prajurit biasa. Setelah itu ia ditransfer ke Batalion 22, dan ke resimen infanteri Royal Fusiliers tempatnya naik pangkat sebagai lance sergeant. Ia lebih dari sekali terjun ke medan perang ketika secara resmi ia masih terlalu sakit atau belum sembuh dari luka. Pada Pertempuran Ancre November 1916, ia sedang berlindung di dalam lubang perlindungan dekat Beaumont-Hamel, Prancis, ketika seorang penembak jitu Jerman menembaknya hingga tewas. Kata terakhir darinya, menurut beberapa sumber, adalah "Put that bloody cigarette out!" ("Matikan rokok brengsek itu!")[3] Setelah ia meninggal dunia, Ethel saudara perempuannya, memusnahkan sebagian besar karya-karya Saki, dan menulis cerita tentang masa kecil mereka menurut versinya sendiri.

Munro adalah seorang homoseksual ketika aktivitas seksual antarlaki-laki di Inggris masih dianggap kejahatan. Skandal Cleveland Street (1889) dan pemenjaraan Oscar Wilde (1895) membuat "sisi lain dari kehidupannya harus dirahasiakan".[4] Haluan politik Munro adalah Toryisme dan agak reaksioner dalam pandangan-pandangannya.[5]

Karier menulis[sunting | sunting sumber]

Saki sebagai nama pena diambilnya dari pembawa gelas dalam Rubáyyát Umar Kayam, sebuah puisi yang disebut-sebut tokoh Reginald dalam "Reginald on Christmas Presents", dan disinggungnya dalam beberapa cerpen lainnya. Asal usul ini dikemukakan oleh Emlyn Williams pada pengantar yang ditulisnya pada tahun 1978 untuk antologi karya Saki.[6] Meskipun demikian, Saki juga berarti hewan primata monyet saki dari Amerika Selatan, "seekor monyet berekor panjang dari dunia belahan barat" yang menjadi tokoh utama dalam "The Remoulding of Groby Lington".[7]

Di Inggris, Munro memulai kariernya sebagai wartawan, menulis untuk surat kabar seperti Westminster Gazette, Daily Express, Bystander, Morning Post, dan Outlook. Bukunya yang pertama diterbitkan tahun 1900, The Rise of the Russian Empire, sebuah studi historis yang modelnya diambil dari The Decline and Fall of the Roman Empire karya Edward Gibbon.

Dari tahun 1902 hingga 1908, Munro bekerja sebagai koresponden luar negeri untuk The Morning Post di Balkan, Warsawa, Rusia (ia menjadi saksi mata Minggu Berdarah), dan Paris. Ia lalu meminta berhenti dan menetap di London. Sebagian cerita karangannya dari periode ini menampilkan dua lelaki kaya, Reginald dan Clovis yang suka berfoya-foya di kota. Tidak lama sebelum Perang Dunia I ketika genre sastra invasi sedang laris, ia juga menerbitkan novel "perandaian" When William Came dengan subjudul "A Story of London Under the Hohenzollerns" yang mengandaikan kalau saja Wilhelm II dari Jerman menginvasi Britainia.

Sebagai pengakuan atas jasa Munro terhadap sastra Inggris, sebuah plakat biru dipasang di sebuah gedung yang pernah ditinggali Munro di Mortimer Street, Central London.

Buku[sunting | sunting sumber]

  • 1899: "Dogged" (cerita pendek, tampaknya ditulis dengan memakai nama H. H. M. di St. Paul's, 18 Februari)
  • 1900: The Rise of the Russian Empire (sejarah)
  • 1902: "The Woman Who Never Should" (sketsa politik, di Westminster Gazette, 22 Juli)
  • 1902: The Not So Stories (sketsa politik, di Westminster Annual)
  • 1902: The Westminster Alice (sketsa politik, bersamaF. Carruthers Gould)
  • 1904: Reginald (cerpen)
  • 1910: Reginald in Russia (cerpen)
  • 1911: The Chronicles of Clovis (cerpen)
  • 1912: The Unbearable Bassington (novel)
  • 1913: When William Came (novel)
  • 1914: Beasts and Super-Beasts (cerita pendek, termasuk "The Lumber-Room")
  • 1914: "The East Wing" (cerita pendek, di Lucas' Annual / Methuen's Annual)

Terbitan anumerta:

  • 1919: The Toys of Peace (cerpen)
  • 1924: The Square Egg and Other Sketches (cerpen)
  • 1924: "The Watched Pot" (sandiwara, bersama Charles Maude)
  • 1926-1927: The Works of Saki (8 volume)
  • 1930: The Complete Short Stories of Saki
  • 1933: The Complete Novels and Plays of Saki (termasuk The Westminster Alice)
  • 1934: The Miracle-Merchant (dalam One-Act Plays for Stage and Study 8)
  • 1950: The Best of Saki (disunting oleh Graham Greene)
  • 1963: The Bodley Head Saki
  • 1981: Saki (oleh A. J. Langguth, biografi yang berisi enam cerita yang belum dibukukan)
  • 1976: The Complete Saki
  • 1976: Short Stories (disunting oleh John Letts)
  • 1988: Saki: The Complete Saki, Penguin editions ISBN 978-0-14-118078-6
  • 1995: The Secret Sin of Septimus Brope, and Other Stories
  • 2006: A Shot in the Dark (kompilasi 15 cerita yang belum dibukukan)
  • 2010: Improper Stories, Daunt Books (18 cerita pendek)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.oxforddnb.com/view/article/35149
  2. ^ "AJLangguth.com - "Saki: A Life of Hector Hugh Munro, with six short stories never before collected." (Hamish Hamilton, London, 1981)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-17. Diakses tanggal 2013-03-31. 
  3. ^ "The Square Egg," pg. 102
  4. ^ [1] Dominic Hibberd's essay in the Oxford Dictionary of National Biography
  5. ^ [2]
  6. ^ Saki: Short Stories I (1978, ISBN 0-460-01105-7) Williams cites Rothay Reynolds, "his friend".
  7. ^ Nooshin Elahipanah "Saki’s Engagement with Evolution, Naturalism and Determinism", Postgraduate English (Durham University), no.9, 2004

Pranala luar[sunting | sunting sumber]