Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
His Highness Sheikh

Sabah IV Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah
صباح الأحمد الجابر الصباح
Emir Kuwait
Petahana
Mulai menjabat
29 Januari 2006
Pendahulu Saad Al-Abdullah Al-Salim Al-Sabah
Perdana Menteri Kuwait
Masa jabatan
13 Juli 2003 – 29 Januari 2006
Penguasa monarki Jaber Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah
Saad Al-Abdullah Al-Salim Al-Sabah
Pendahulu Saad Al-Abdallah Al-Salim Al-Sabah
Pengganti Nasser Al-Mohammed Al-Ahmed Al-Sabah
Informasi pribadi
Lahir 6 Juni 1929 (umur 88)
Agama Sunni Muslim

Sabah IV Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah (bahasa Arab: صباح الأحمد الجابر الصباح Sabāh al-Ahmad al-Jābir as-Sabāh) (lahir 6 Juni 1929; umur 88 tahun) adalah Emir Kuwait saat ini. Ia disumpah pada 29 Januari 2006 setelah mendapat peneguhan oleh Dewan Nasional Kuwait. Ia adalah putera ke-4 Syekh Ahmad Al-Jaber Al-Sabah (Emir Kuwait periode 1921-1950).

Ia mendapatkan pendidikan dasar di Sekolah Al Mubarakya pada 1930-an dan kemudian menyelesaikan pendidikannya di bawah bimbingan para tutor. Ia adalah saudara tiri Amir Jabir al-Ahmad al-Jabir Al Sabah (Emir Kuwait periode 1977-2006). Periode 1954-1955, ia menjadi anggota Panitia Pusat Dewan Kota dan anggota Dewan Pembangunan dan Rekonsiliasi.

Pada 1955, ia menjabat Ketua Otorita Sosial dan Perburuhan. Ia juga sebagai anggota Dewan Tinggi Urusan Negara (1956) dan ketua Otorita Percetakan dan Penerbitan pada 9 September 1956 hingga 17 Januari 1962. Selain menjabat Menteri Penerangan dalam kabinet pertama yang mengambil kekuasaan setelah merdeka pada masa Syekh Saad Al-Abdullah Al-Salim Al-Sabah juga menjabat ketua Panitia Gabungan Menteri-menteri Kabinet pada Prioritas Penerjaan Pemerintah.

Ia diangkat Emir Jaber Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah untuk menjabat perdana menteri pada 13 Juli 2003 untuk menggantikan Putra Mahkota Saad Al-Abdullah Al-Salim Al-Sabah. Praktis, sejak itu, ia menjadi pengusa de facto karena buruknya kesehatan Emir Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah dan Emir Sheikh Saad Al-Abdullah Al-Salim Al-Sabah.

Pada 15 Januari 2006, Syekh Jaber Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah wafat dan menempatkan Saad I Al-Abdullah Al-Salim Al-Sabah yang menjadi Pangeran Mahkota pada kedudukan sebagai Emir. Naiknya Syekh Saad memungkinkannya menjadi Pangeran Mahkota dan mempertahankan kedudukannya sebagai perdana menteri. Namun, setelah pertemuan-pertemuan intensif dalam keluarga pemerintahan, Syekh Saad Al-Abdullah Al-Salim Al-Sabah menerima untuk meninggalkan tahta Emir Kuwait pada 23 Januari 2006 karena sakit. Keluarga pemerintahan kemudian memilih Syekh Sabah Al-Ahmad sebagai Emir Kuwait.

Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah bersama Presiden Amerika Serikat George W. Bush

Parlemen memberikan suara bulat untuk mencopot Sheikh Saad tak lama sebelum menerima surat turun tahta. "Setelah mendengarkan laporan medis, majelis dengan 65 anggota sepakat untuk mencopotnya dari jabatan emir," kata Ketua Parlemen Jassem al-Kharafi. Pada 24 Januari 2006, parlemen memutuskan memberhentikan Emir Saad Al-Abdullah Al-Salim Al-Sabah beberapa saat sebelum surat resmi pengunduran diri diterima. Kabinet Kuwait mencalonkan Syekh Sabah untuk mengambil alih sebagai Emir. Ia mengambil sumpahnya sendiri pada 29 Januari 2006 dengan persetujuan Dewan Nasional dan mengakhiri krisis keemiran.

Didahului oleh:
Saad Al-Abdullah Al-Salim Al-Sabah
Emir Kuwait
2006-
Diteruskan oleh:
masih menjabat

Lihat pula[sunting | sunting sumber]