SNTV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

SNTV (singkatan dari Sport News Television) adalah agensi berita untuk televisi yang menyediakan berita-berita seputar olahraga dari seluruh dunia antara lain buletin, hasil-hasil pertandingan olahraga, agenda olahraga, feature, breaking news[pranala nonaktif permanen], yang terus diperbaharui selama 24 jam non stop. Seperti Reuters, SNTV menyediakan gambar yang bersih, tanpa ada logo. Saat ini SNTV telah digunakan oleh lebih dari 100 penyiar.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SNTV mengklaim dirinya sebagai penyedia berita televisi pertama yang mengkhususkan diri di dunia olahraga dengan kualitas gambar terbaik.[1] SNTV adalah kerjasama antara penyedia program olahraga independen terbesar di dunia, IMG Media dengan Associated Press (AP)[2] yang diluncurkan sejak tahun 1996.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Untuk bisa menggunakan SNTV, sebuah stasiun televisi harus berlangganan terlebih dahulu. Gambar video SNTV akan dikirim kepada pelanggannya melalui jaringan satelit AP. Untuk menerima kiriman gambar buletin SNTV dari satelit ini, diperlukan sebuah dekoder yang sudah termasuk dalam paket berlangganan. Sementara skrip berita bisa diakses melalui situs SNTV dengan memasukkan username dan password yang telah diberikan setelah berlangganan.[3]

Di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Seluruh stasiun televisi yang memiliki berita olahraga sepeti antv, Trans7, Metro TV, TV One Diarsipkan 2021-02-24 di Wayback Machine. berlangganan SNTV untuk mendapatkan berita olahraga dari luar negeri. Jika gambar berita olahraga luar negeri yang ditampilkan oleh stasiun televisi bersih, tidak ada logo dari televisi lain, maka stasiun televisi yang bersangkutan berlangganan SNTV atau agensi penyedia berita olahraga lainnnya seperti Reuters.

Namun tidak semua berita olahraga bisa dimuat di SNTV. Apabila sebuah even olahraga sudah dimiliki hak siar televisinya seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Liga Champions, maka gambar cuplikan hasil pertandingan tidak akan muncul.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-04-25. Diakses tanggal 2010-02-20. 
  2. ^ http://www.ap.org/
  3. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-02-19. Diakses tanggal 2010-02-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]