SMK Tunas Harapan Pati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


SMK Tunas Harapan Pati
Informasi
Didirikan1990
Kepala SekolahIr. Eny Wahyuningsih
Alamat
Lokasi, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Indonesia
Moto

SMK Tunas Harapan Pati adalah sebuah sekolah yang terletak di Kabupaten Pati, provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMK Tunas Harapan Pati didirikan oleh Yayasan Tunas Harapan Pati pada tahun 1990. SMK Tunas Harapan Pati didirikan berdasarkan SK 845/103/90 tanggal 20 Juni 1990, dengan kepala Sekolah Drs. Mu’alim. Pada tahun 1993 kepala Sekolah di ganti oleh Ir. Eny Wahyuningsih dan menjabat sampai sekarang. Secara geografis letak SMK Tunas Harapan Pati sangat strategis karena berada di jalur utama Pati - Jepara. Meskipun keberadaanya di dekat jalan raya namun tidak bising karena berada di pinggir kota. Lingkungan sekolah sangat strategis untuk belajar dan tidak kesulitan masalah transportasi.

Sejak berdiri SMK Tunas Harapan Pati hanya membuka tiga program keahlian, yaitu (1) Teknik Mesin, (2) Teknik Otomotif, (3)Teknik Listrik. Dari tiga program keahlian itu mampu menampung jumlah siswa sebanyak 185. Dalam perjalananya selama tiga tahun dari 185 siswa mengikuti ujian dengan menggabung di dua sekolah negeri. Program keahlian Teknik Otomotif dan Teknik Listik menggabung di STM Negeri Pati yang sekarang SMK N 2 Pati. Sedangkan program keahlian Teknik Mesin ujiannya menggabung di SMK Negeri Rembang. Dari tiga program keahlian tersebut mampu menghasilkan lulusan sebanyak 100%.

Tahun 1993, setelah meluluskan anak pertama, SMK Tunas Harapan Pati mengajukan akriditasi yang pertama kali. Dari hasil akriditasi, status SMK Tunas Harapan menjadi diakui. Sejak itulah SMK Tunas Harapan Pati mulai ujian secara mandiri

Berdasarkan hasil akriditasi tahun 1998, status sekolah meningkat menjadi disamakan. Setelah status disamakan diraih SMK Tunas Harapan Pati, masyarakat mulai meyakini keberadaan SMK Tunas Harapan Pati sebagai sekolah yang mempunyai potensi. Prestasi demi prestasi mulai diraih. Prestasi itu terlihat dari seringnya mendapat kejuaraan setiap mengikuti lomba baik di tingkat provinsi maupun lomba di tingkat nasional.

Berdasarkan prestasi yang di raih oleh SMK Tunas Harapan Pati, baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional, SMK Tunas Harapan Pati mendapat kepercayaan dari Direktorat untuk menyandang status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, dengan SK nomor 0351/C 52Kep/MN/2006. Status sekolah RSBI diterima SMK Tunas Harapan Pati pada tahun 2006, pada waktu itu SMK Tunas Harapan Pati sedang gencar-gencarnya mengimplementasikan Sistem managemen Mutu ISO 9001:2000. Menurut Kepala Sekolah (Ir. Eny Wahyuningsih, M.Pd.) satu-satunya SMK Swasta yang di beri kewenangan menyandang status RSBI.

Dengan gelar itulah SMK Tunas Harapan Pati merasa tertantang untuk meningkatkan kualitas sekolah baik dari sisi sarana prasarana, manajemen, pelayanan kepada masyarakat demi meraih prestasi sekolah yang lebih baik.

Program Keahlian[sunting | sunting sumber]

Teknik Pemesinan

Teknik Pengelasan / Welding

Teknik Otomotif / Kendaraan Ringan

Teknik Otomasi Industri

Teknik Komputer dan Jaringan

Teknik Broadcasting / Penyiaran

Teknik Animasi / Multimedia

Kimia Analisis (Sekarang 3 Tahun)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Website Resmi: http://smktunasharapanpati.sch.id Diarsipkan 2014-05-17 di Wayback Machine.