SMK Negeri 1 Kotabaru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

SMK Negeri (SMKN) 1 Kotabaru, merupakan salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang ada di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan, Indonesia. Sama dengan SMK pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMKN 1 Kotabaru ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Sejarah Singkat[sunting | sunting sumber]

SMK Negeri 1 Kotabaru yang berdiri tahun 1962 dengan status SMEA Swasta pendirian SMEA ini dilatar belakangi adanya keinginan kuat dari para guru-guru SMEP Negeri yang dipimpin oleh R. Susatyo agar lulusan SMEP Negeri dapat melanjutkan ke SMEA di Kotabaru yang akhirnya beridirilah SMEA tersebut dengan menggunakan gedung SMEP Negeri, dengan kegigihan R. Susatyo dan kawan-kawan ia berusaha kembali agar SMEA tersebut dapat dinegerikan dan akhirnya pada tahun 1964 SMEA tersebut dapat dinegerikan dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3/b-3/Kedj/1964 tanggal 1 Maret 1964 dengan kepala sekolah yang pertama juga R. Susatyo, dengan meletusnya Gerakan PKI pada tanggal 30 September 1965, Sekolah Tiong Hoa yang berada di Kotabaru yang bernama Chong Ha Chong Hi ditutup dan gedungnya diambil alih oleh pemerintah, kemudian diserahkan untuk gedung SMEA Negeri dan SMA Negeri, gedung tersebut berada di Jalan Suryagandamana dekat lapangan waktu itu, yang sekarang menjadi Mesjid Agung Husnul Khatimah.

Pada tahun 1993 SMEA Negeri telah membangun gedung di Jalan Berangas Km. 4 dan sebagian siswanya sudah pindah di gedung tersebut, kebetulan tahun itu di Kotabaru terjadi kebakaran yang hebat, maka SMEA Negeri Kotabaru resmi pindah di Desa Sigam Jalan Berangas Km. 04. Nama SMEA akhirnya berubah menjadi SMK sejak tahun 1997 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 034/O/1997 tanggal 7 Maret 1997, yang sampai saat ini menjadi SMK Negeri 1 Kotabaru.

Jurusan[sunting | sunting sumber]

Jurusan Akuntansi

Jurusan Administrasi Perkantoran

Jurusan Multimedia

Jurusan Pemasaran

Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan