SMK Muhammadiyah 1 Bantul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

SMK Muhammadiyah 1 Bantul adalah Sekolah Menengah Kejuran yang beralamatkan di Jln. Parangtritis, Km 12, Bantul.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

awalnya sekolah ini bernama STM Muhammadiya Bantul. Pendiran STM Muhammadiyah bantul, diprakarsa Bapak MURSIDI. Pada mulanya Bapak Mursidi dan kawan-kawan merasa canggung untuk mendirikan STM Muhammadiyah bantul ini, mengingat sarana prasarana yang diperlukan belum ada sama sekali.[1]}}

Akhirnya atas persetujuan bersama maka dibentuklah panitia Pendiri STM Muhammadiyah Bantul yang berkedudukan di Bantul. Maka pada bulan November 1969 Panitia menghadap Pimpinan Muhammadiyah Daerah dan Ketua Majelis Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan Daerah Kabupaten Bantul untuk mendapatkan persetujuan dan sarana prasarana yang diperlukan.

Dan akhirnya pada tanggal 01 januari 1970 dinyatakanlah berdirinya STM Muhammadiyah Bantul dengan jurusan yang ada waktu itu: Mesin Kontruksi dan Bangunan Gedung dengan piagam pendirian Nomor: E-45/MPPM/SK/1970 dari Majelis pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan.

Untuk selanjutnya proses pengajuan ditingkatkan hingga akhirnya memperoleh Piagam Pendirian dari Pimpinan Pusat Majelis Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan dengan Nomor: 2985/N.572/DIY.70/77 tanggal 01 September 1977. Sementara kegiatan sekolah sudah berjalan, dan sambil melakukan pembenahan diri maka usaha untuk memperoleh status dari pemerintah juga diusahakan: yang akhirnya sekolah memperoleh status terdaftar dari Kantor Wilayah Departemen P dan K Provinsi DIY, dengan Nomor SK:C.396/Set.III.a/KPPT/75 tanggal: 24 Mei 1975. Sehingga lengkap sudah, STM Muhammadiyah Bantul yang sah berdiri pada tanggal: 01 Januari 1970 sudah terdaftar sebagai sekolah swasta dibawah pengawasan Kantor Wilayah Departemen P dan K Provinsi DIY. Atas kerja sama yang baik sesama staf pengajar juga dari Majelis dan bimbingan-bimbingan yang diberikan oleh Pengawas dari Staf Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan ( PMK ) Kanwil Departemen P dan K Provinsi DIY, maka tahap berikutnya sekoplah memperoleh status: DIAKUI dengan piagam Nomor: 001/C/KEP/I.86 tanggal 06 Januari 1986 dan disusul pula tahun berikutnya memperoleh Nomor Data Sekolah ( NDS ) yakni Nomor: D.01.01 4301 berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah tanggal: 23 Februari 1983 Nomor: 018/C/Kep/I.83. Catatan: Juruasan Bangunan Gedung berakhir pada tahun ajar 1972 ( karena animo sangat kecil )

PENYELENGGARAAN EBTA Sejak tahun 1972 s.d 1975 dalam penyelenggarakan EBTA digabungkan dengan STM Muhammadiyah Purwodiningratan Yogyakarta, dan pada akhir tahun 1976 STM Muhammadiyah Bantul diberi hak untuk menyelenggarakan EBTA sendiri dengan nomor SK: 547/Kanwil PK/A/76 tanggal 28 Septwember 1976. Namun pada akhir tahun 1979/1980 EBTA terpaksa digabung dengan STM Negeri Wates, kemudian pada akhir tahun 1980/1981 diberikan hak untuk menguji sendiri lagi dengan SK. Nomor 009/F/1981 tanggal: 12 Februari 1981. Dan tahun berikutnya hingga sekarang penyelenggaraan EBTA dilaksanakan disekolah sendiri tentu saja berdasar SK penunjukan dari yang berwenang ( Kanwil Depdiknas Provinsi DIY ).

Jurusan[sunting | sunting sumber]

  • Program Keahlian Teknik KendaraanRingan,
  • Program Keahlian Teknik Permesinan,
  • Program Keahlian Teknik Audio Video
  • Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak.

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Dibawah kepemimpinan Widada S.Pd., SMK Muhammadiyah 1 Bantul terus melangkah memperbaiki mutu pendidikan agar mutu tamatan semakin meningkat dan dapat mengikuti tuntutan zaman. SMK Muhammadiyah 1 Bantul didirikan pada tahun 1970 dengan nama STM Muhammadiyah Bantul. Nama tersebut berganti menjadi SMK Muhammadiyah 1 Bantul seiring dengan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan, untuk memudahkan pembedaan antara sekolah menengah kejuruan dengan sekolah menengah umum. Dengan mengusung visi membentuk tamatan yang berakhlak mulia, mandiri dan berdaya saing proses pembelajaran di sekolah ini diampu oleh guru-guru yang kompeten di bidangnya. Total Guru SMK Muhammadiyah 1 Bantul sampai saat ini berjumlah sekitar 90 guru baik PNS, GTY, maupun GTT. Dari jumlah keseluruhan guru yang ada lebih dari 80% berasal dari Kabupaten Bantul dan sisanya berasal dari luar Kabupaten Bantul seperti Sleman dan Kulonprogo sehingga dalam hal pelayanan tidak diragukan lagi pendekatan pada siswa akan lebih tepat sasaran. Guru SMK Muhammadiyah 1 Bantul seluruhnya merupakan para pendidik yang memiliki kompetensi sesuai bidangnya dan merupakan Lulusan Sarjana dari Perguruan Tinggi ternama di Indonesia.

Dalam proses pelayanan pendidikan tak hanya Guru saja yang berperan aktif. Sekolah memberdayakan Karyawan guna mendukung suksesnya program pembelajaran. Karyawan yang dimiliki SMK Muhammadiyah 1 Bantul berjumlah 33 orang. Dari data yang ada, jumlah tersebut terdiri dari berbagai jenis pekerjaan karyawan dan dipimpin oleh satu Kepala Tata Usaha. Ada yang bekerja pada bagian Tata Usaha Administrasi Sekolah, Tata Usaha Keuangan Sekolah, Tool Man atau Juru Bengkel, Penjaga Malam, Caraka atau kebersihan, Penjaga Parkir, Satpam dan Pegawai Perpustakaan. Melalui empat kompetensi keahlian yang dimiliki, SMK Muhammadiyah 1 Bantul terus berupaya meningkatkan kualitas lulusannya dengan memberikan pembelajaran yang kreatif dan mandiri dengan tetap mengacu pada kurikulum. Pembelajaran Pemesinan meliputi pembuatan alat perkakas yang sudah menggunakan computer CNC dan berbagai alat dari baja, besi, dll. Pembelajaran Teknik Kendaraan Ringan memberikan pembelajaran berupa perakitan Mesin Mobil, Motor, Kelistrikan, Operasional Sistem EFI Injeksi dll. Pada proses pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak diajarkan bagaimana pembuatan Program Software, Aplikasi Hardware, Designer, Pemrograman, Jaringan dll. Dan pada Pembelajaran Teknik Audio Video meliputi pembuatan PCB, perakitan perangkat Audio Video, pembuatan Film serta Ekstra Robotika. Dari keseluruhan kompetensi yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Bantul tentunya diharapkan dapat mencetak berbagai karakter lulusan yang berkualitas. Lulusan ini tidak akan berarti apa-apa jika tidak disalurkan ke dunia kerja. Melalui Program Bursa Kerja Khusus BKK Musaba Karya tamatan akan disalurkan untuk bekerja di perusahaan-perusahaan dalam negeri dan luar negeri, serta instansi baik negeri maupun swasta. BKK Musaba Karya adalah sebuah lembaga yang dibentuk SMK MUhammadiyah 1 Bantul sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. SMK Muhammadiyah 1 Bantul sebagai sub sistem pendidikan nasional yang bertanggungjawab dalam penyiapan SDM tingkat menengah yang handal, berorientasi kepada kebutuhan pasar harus mampu mengembangkan inovasi untuk mempengaruhi perubahan kebutuhan pasar sehingga dapat mewujudkan kepuasan pencari kerja. BKK di SMK merupakan salah satu komponen penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan di SMK, karena BKK menjadi lembaga yang berperan mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan sumber informasi untuk pencari kerja. Sampai saat ini SMK Muhammadiyah 1 Bantul melalui BKK Musaba Karya telah menjalin kerjasama dengan beberaoa instansi baik negeri / swasta. Lembaga Pendidikan dan non Kependidikan, Dunia Usaha/Industri, di Kabupaten Bantul maupun di Kota kota lain seperti PT. CHEMKO yang ada di Cikarang, PT. INDOMOBIL SUZUKI yang ada di Bekasi dan berbagai perusahaan besar lain yang ada di kawasan JABODETABEK.

Selain Pembelajaran regular SMK Muhammadiyah 1 Bantul juga menyelenggaran kegiatan ekstrakurikuler. Kualitas tamatan sekolah kejuruan dituntut untuk memenuhi standar kompetensi dunia kerja. Salah satunya, selain mampu menguasai materi pelajaran, siswa harus dapat berinteraksi dan aktif dalam hubungan sosial. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu alat pengenalan siswa pada hubungan sosial. Di dalamnya terdapat pendidikan pengenalan diri dan pengembangan kemampuan selain pemahaman materi pelajaran. Berangkat dari pemikiran tersebut, di SMK Muhammadiyah 1 Bantul diselenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Adapun Ekstrakurikuler yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Bantul terbagi kedalam dua kategori, yakni wajib dan ekstra bakat. Ekstrakurikuler wajib terdiri dari Tapak Suci & Hisbul Wathan, sedangkan ekstrakurikuler untuk menggali bakat dan minat siswa untuk berprestasi di antaranya adalah sepak bola, bola voli, bola basket, tenis meja, bulu tangkis, jurnalistik, programing, stir mobil, ekstra las, robotika, broadcasting, dll.

Seiring berkembangnya zaman, SMK Muhammadiyah 1 Bantul terus berbenah terutama dalam hal pelayanan pendidikan, mulai dari mengadakan diklat dan pelatihan bagi guru dan karyawan, pembelian alat penunjang pembelajaran, perbaikan fasilitas pembelajaran serta penerapan SIstem Manajemen ISO. Tak hanya itu saja, pada awal tahun ajaran 2014/2015 ini SMK Muhammadiyah 1 Bantul terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui kerjasama dengan industry-industri besar yang ada di Indonesia salah satunya yakni Astra Daihatsu Motor. Melalui Program Pintar Bersama Daihatsu SMK Muhammadiyah 1 Bantul berupaya menerapkan Program Budaya Industri yang merupakan sebuah program guna melatih seluruh warga sekolah, baik guru karyawan maupun siswanya sendiri untuk terbiasa dengan pola disiplin kerja di Industri. Dengan program tersebut diharapkan seluruh komponen yang ada di sekolah dapat terbiasa dengan disiplin kerja yang ada di industry.

Kepala Sekolah[sunting | sunting sumber]

Sejak berdirinya hingga sekarang STM Muhammadiyah Bantul mengalami pergantian Kepala Sekolah sebagai berikut:

data kepala sekolah dari awal sampai akhir:

  • Tahun 1970 1972 dipimpin oleh Toekijar, BW.B.Sc .
  • Tahun 1972 1977 dipimpin oleh Maryanto, B.Sc .
  • Tahun 1978 – 1979 dipimpin oleh .Sumarlan, B.Sc….
  • Tahun 1980 / 1981 dipimpin oleh Sumarlan, B.Sc…..
  • Tahun 1981 / 1982 dipimpin oleh .Wasir Nuri, BA….
  • Tahun 1982 / 1983 1985 / 1986 dipimpin oleh M. Basjir Dhl, BA
  • Tahun 1986 / 1987 1987 / 1988 dipimpin oleh Rohadi, BA
  • Tahun 1988 / 1989 1997 / 1998 dipimpin oleh Tukijar, B.Sc
  • Tahun 1998 / 1999 – 1999 / 2000 dipimpin oleh H. Saebani Ymt
  • Tahun 2000/2001 .. 2009/2010 dipimpin oleh Drs. Maryoto
  • Tahun 2011 sampai sekarang… dipimpin oleh Widada S.Pd.

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]

Administrasi dan Data Arsip Sekolah