SMK Airlangga Balikpapan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SMK Airlangga Balikpapan
Informasi
Didirikan 19 Maret 1994
Moto Sekolah Unggulan dengan Character Building
Kepala Sekolah Agung Sakti Pribadi, S.H.,M.H.
Alamat
Lokasi Jl. Letjend. S. Parman No. 14,
Bendera Indonesia Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia
Situs web http://www.smkairlanggabpn.sch.id
Afiliasi Yayasan Airlangga
Moto

SMK Airlangga Balikpapan adalah sebuah sekolah menengah kejuruan yang terletak di bawah Yayasan Airlangga, Balikpapan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMK Airlangga Balikpapan didirikan oleh empat serangkai; Agung Sakti Pribadi, Drs Kuswari MPd, Drs Kusnadi dan Sa’roni Hasyim pada 19 Maret 1994. Dulu bernama SMEA Airlangga sebelum berubah menjadi SMK. Legalisasi sekolah ini tertuang melalui SK Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur Nomor 344/120.2a/Ic/1994.[1] Pada awal pendiriannya, sekolah ini hanya menempati bangunan sewaan di kawasan Gunung Pasir, di seberangnya SMA Negeri 1 Balikpapan atau tepatnya di gedung yang pernah digunakan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Balikpapan. Angkatan pertama berjumlah 120 siswa. Saat itu, SMK Airlangga Balikpapan hanya menyelenggarakan satu program keahlian; Akuntansi. Kepala sekolah pertamanya Drs Kuswari, yang juga salah seorang pendiri sekolah kejuruan ini. Pada angkatan pertama itu, mempekerjakan 14 orang guru dan dua orang tenaga administrasi. Pada perkembangannya, siswanya semakin banyak. Fasilitas sekolah tidak memadai lagi untuk menampung jumlah siswa yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Manajemen SMK Airlangga Balikpapan pun merasa kesulitan melayani animo masyarakat yang begitu tinggi. Dua tahun berselang, tepatnya pada 16 Agustus 1996, keluarga besar SMK Airlangga direlokasi ke tempat yang lebih representatif di Jalan S Parman No 14 Gunung Guntur, hingga saat ini. Kepindahaan itu pun dimeriahkan dengan kegiatan aksi jalan santai beramai-ramai dari gedung lama ke gedung baru. Kebetulan gedung baru yang luasnya mencapai 1.996 m² dan berlantai dua ini milik Yayasan Airlangga, jadi statusnya tidak sewa lagi. Terdapat 8 ruangan kelas, 2 ruang laboratorium, 1 ruang studio multimedia, ruang serbaguna dan mushala. Pada perjalanannya, pihak Yayasan Airlangga menambah satu gedung baru lagi dengan 6 ruang kelas.

Jurusan dan Kurikulum[sunting | sunting sumber]

Bisnis dan Manajemen[sunting | sunting sumber]

Akuntansi[sunting | sunting sumber]

Pada program keahlian akuntansi, kemampuan pelajar terjamin mampu melakukan proses pembukuan secara sistematis baik manual maupun komputerisasi dengan andal. Program kejuruan ini, diselenggarakan dalam menciptakan tenaga kerja terampil dalam bidang akuntansi. Anda akan diajarkan di antaranya:

Administrasi Perkantoran[sunting | sunting sumber]

Program jurusan administrasi perkantoran dihadirkan agar menciptakan tenaga-tenaga terampil pada bidang tertentu yang fokus sebagai berikut:

Teknologi Informasi dan Komunikasi[sunting | sunting sumber]

Multimedia[sunting | sunting sumber]

Program keahlian multimedia dirancang mencetak tenaga-tenaga terampil tingkat menengah yang berkemampuan pada bidang pekerjaan, pengembangan dan pembuatan desain grafis mulai dari website, multimedia, game sederhana dan media simulasi. Selain itu, penyuntingan dan pembuatan video klip, animasi dan media informasi, termasuk pekerjaan pada rumah produksi sinema/film, industri media dan periklanan. Para anak didik, juga diberi pemahaman dan modal untuk mampu berwirausaha di bidang TIK. Jurusan ini mengulas tentang:

Rekayasa Perangkat Lunak[sunting | sunting sumber]

Program keahlian yang dirancang untuk melatih tenaga kerja siap pakai di bidang pengembangan dan perawatan perangkat lunak dalam teknologi informasi. Anda akan belajar seperti:

Teknik Komputer Jaringan[sunting | sunting sumber]

Program TKJ baru dimasukkan dalam kejuruan pada siswa baru tahun ajaran 2012/2013 ini. Penambahan program tersebut atas permintaan pasar dan dunia kerja secara global yang menuntut ilmu tersebut. Di sini, pelajar akan mengenal antara lain :

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Website Resmi". Diakses tanggal 2015-12-01.