SMA Santu Petrus Pontianak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

SMA Katolik Santu Petrus Pontianak atau yang dikenal dengan nama Kunzhong (坤甸中学 Kūndiàn zhōngxué) merupakan sebuah sekolah menengah atas Katolik swasta yang didirikan pada tahun 1950 dengan nama Kun Tian Chung Sie. Sekolah ini terletak di Jl. K.S. Tubun No. 3, Pontianak,Kalimantan Barat.[1]Sekolah ini mendapatkan Akreditasi "A" yang berlaku hingga tahun 2017 mendatang.

SMA Santu Petrus
坤甸中学
Logo SMA Santu Petrus Pontianak
Informasi
Didirikan 1950
Jenis Swasta
Kepala Sekolah Rudy Saleh, S.T., CDD
Jumlah kelas 10 kelas setiap tingkat
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelas X IPA, X IPS, XI IPA, XI IPS, XII IPA, XII IPS
Kurikulum Kurikulum 2013
Jumlah siswa Sekitar 1000-an
Status Sekolah Swasta
Alamat
Lokasi Jalan Karel Satsui Tubun No. 3, Pontianak, Kalimantan Barat, Bendera IndonesiaIndonesia
Tel./Faks. 0561-731425 / 0561-743744
Situs web http://smapetrus.net
Moto
Moto Tetap Bersemangat

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah berdirinya SMA Santu Petrus bermula dari kedatangan enam pastor muda Congregatio Discipulorum Domini atau Kongregasi Murid-Murid Tuhan di Pontianak tahun 1949 yang berasal dari Tiongkok. Mereka berenam datang atas undangan Vikaris Apostolik Mgr. Tarcisius van Valenberg, O.F.M. Cap. untuk membantu layanan pastoral bagi masyarakat Tionghoa di Pontianak.

Setelah beberapa bulan berada dan berkarya di tengah-tengah masyarakat Pontianak, hati mereka risau menyaksikan kaum muda Pontianak yang membutuhkan uluran tangan-tangan kasih dari pendidik. Batin mereka terpanggil membantu dan menyelamatkan jiwa-jiwa muda yang rawan bahaya. Mereka lalu berpikir bagaimana caranya membantu kaum muda itu agar mengikuti proses pertumbuhannya menjadi pribadi-pribadi yang utuh, beriman, setia, berwawasan dan terampil dalam hidup.

Melihat layanan pastoral umum parokial belum mencukupi untuk mengatasi masalah ini secara utuh, pikiran mereka fokus pada layanan pastoral kategorial sekolah. Mereka yakin layanan sekolah sanggup membekali seseorang dengan setumpuk kecakapan hidup yang memadai dan utuh. Opsi ini membawa persoalan baru, mereka tidak mempunyai dana untuk membangun sekolah. Itulah cita-cita mulia enam pastor muda CDD ini. Tetapi cita-cita itu menjadi sebuah program nyata. Masyarakat tergerak hatinya dan rela menyisihkan sebagian dari kekayaan untuk disumbangkan demi pembangunan dan operasional sekolah.

Pada 1950, berdiri dan beroperasi sebuah SMP berbahasa Mandarin dengan nama Pontianak Middle School atau Kun Tian Chung Sie, yang disingkat menjadi Kunzhong. Kini Kunzhong mewakili PG-TKK, SD, SMP, SMA, SMK dan RRC Sui Ambawang. Kunzhong perdana ini berdiri di Jalan Cempaka (kini Jalan Juanda), diasuh Pastor Ma, CDD dibantu oleh Panitia Pendidikan Kunzhong yang diketuai Ng Ngiap Liang.

Pada 1964, Yayasan Pendidikan Kalimantan resmi berdiri. Yayasan ini diketuai dr. Bong Muk Siong. SMP/SMA Kalimantan diubah menjadi SMP/SMA Santu Petrus. Tahun 1994, Pastor Lodewyik CDD memegang estafet pertama karya pastoral generasi muda CDD bagi Kunzhong. Kepemimpinan Pastor Lodewyik gencar melaksanakan pembenahan dan pengembangan Kunzhong. Lembaga itu mendirikan SMK Santa Maria, Rumah Retret Costantini, Gedung Sentra Belajar dan Gedung Aula Besar di Jalan KS Tubun serta Gedung PG-TKK-SD di Jalan Juanda.

SMA Santu Petrus Pontianak berada di bawah asuhan Yayasan Pendidikan Kalimantan.

Memasuki tahun yang ke 64 tahun, SMA Santu Petrus telah melahirkan banyak alumni yang telah tersebar di penjuru dunia. SMA Santu Petrus merupakan sekolah yang memiliki kurikulum tersendiri yang bernama "Kurikulum Santu Petrus (KSP)". Selain itu merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum 2013.

SMA Santu Petrus pada tiap jenjang kelasnya terdiri dari 10 kelas. Dengan adanya pepaduan antara KSP dan Kurikulum 2013, maka jenjang kelas pada tahun pertama yang berupa kelas XA-XI berubah menjadi X MIA 1 hingga X MIA 5 dan X IS 1 hingga X IS 5.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Berbagai prestasi gemilang telah diukir siswa/i SMA Santu Petrus. Berbagai kegiatan lokal, nasional maupun Internasional sudah pernah diikuti. SMA Santu Petrus juga selalu menjadi langganan wakil KalBar di Olimpiade Sains, O2SN, dan berbagai kegiatan lainnya baik akademik maupun non-akademik.

Tambahan[sunting | sunting sumber]

SMAK Santu Petrus juga menjadi pelopor UN-CBT Di wilayah Kalimantan Barat. Setelah Sekolah ini melaksanakan UN-CBT baru diikuti oleh sekolah lainnya di wilayah Kalimantan Barat. SMA Santu Petrus juga banyak menjalin kerja sama dengan berbagai Perguruan Tinggi di berbagai wilayah di Indonesia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. "Data Pokok Pendidikan Menengah". Diakses tanggal 10-01-2014. 

Website Sekolah[sunting | sunting sumber]